Pages - Menu

Pages - Menu

Kamis, 26 Mei 2016

Babinsa Ramil Geger dan Petani Basmi Wereng di Kombangan Bangkalan



KABARPROGRESIF.COM : (Bangkalan) Babinsa Koramil 15/Geger jajaran Kodim 0829/Bangkalan, Serka Encung dan Kopda Widodo pendampingan petani melakukan kegiatan penyemprotan pembasmian terhadap hama jenis Wereng Batang Cokelat (WBC) di Kelurahan Kombangan, Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan, Kamis 26 Mei 2016

Pembasmian dilakukan de­ngan menyemprotkan racun secara massal diinisiasi langsung Petugas Penyuluh Lapangan (PPL).

Menurut Danramil 15/Geger Kapten Inf H Slamin Joko Darmawan, hama Wereng Batang Cokelat yang meng­ancam masih ber­sifat populatif mulai berkembang dan me­ngancam tapi belum menyerang tanaman padi. Wereng Batang Cokelat termasuk jenis hama mematikan yang bakal merusak secara totalitas tanaman padi sehingga tidak bisa dipanen.

Sifatnya masih berkembang. Hama ini belum sampai menye­rang tanaman padi tapi masih populasi atau berke­mbang. Makanya kita antisipasi supaya tidak berkembang dan menye­rang tanaman padi petani,” terangnya.

Kelompok Tani Tohari mengakui, ancaman “teror” hama Wereng Batang Cokelat cukup mere­sahkan petani dan akan me­ngancam petani mengalami gagal panen bila positif ter­serang. Upaya antisipasi dan kesigapan dengan me­nyemprot hama tersebut sangat positif untuk menyelamatkan tanaman padi yang sudah dekat masa panen.

Memang belum terserang, tapi ada sedikit sekumpul-sekumpul saya lihat tadi yang kena,” ujarnya. (arf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar