Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 19 Mei 2016

Danlanal Denpasar Dampingi Pangarmatim Inspeksi Pasukan Latsar



KABARPROGRESIF.COM : (Denpasar) Komandan Pangkalan TNI AL ( Lanal) Denpasar, Lantamal V, Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto selaku Dansatgas Latihan SAR turut dampingi Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P, saat melaksanakan inspeksi terhadap kesiapan pasukan dalam Gelar Pasukan Latihan Search and Rescue , di Dermaga Umum Pelabuhan Benoa, Bali, Rabu kemarin.

Dalam kegiatan tersebut, kesiapan personel dan peralatan dari beberapa unsur yang terlibat latsar menjadi fokus utama.

Adapun unsur-unsur yang dimaksud antara lain, Unsur Laut yang terdiri dari 1 peleton anggota KRI Teluk Banten-516,  1 peleton anggota KRI Kerapu-812, 1 peleton anggota Lanal Denpasar, 1 peleton anggota Satpaska Koarmatim, 1 peleton Penyelam dari Dislambair Koarmatim, 1 peleton Airud Polda Bali, 1 peleton Polri dari Polsek Benoa, 1 Regu Kantor SAR Denpasar, 1 Regu KPLP,1 Regu Hard Rock, 1 Regu KSOP, 1 Regu dari Disnav Benoa, 1 Regu Benoa Diving.

Kemudian dari Unsur Medis Kesehatan terdiri dari 1 peleton Diskes Koarmatim, 1 Regu Diskes Lantamal V, 1 Regu dari BK Lanal Denpasar, 1 Regu Kesdam IX Udayana, 1 Regu RSUP Sanglah Bali, dan dari Unsur Udara 1 Regu dari Puspenerbal.

Sedangkan peralatan atau alut pendukung yang dipamerkan dan di inspeksi oleh Pangarmatim antara lain, 2 perahu karet dan peralatan selam dari penyelam Dislambair Koarmatim, 1 perahu karet dan kendaraan bawah air dari Satpaska Koarmatim, 2 unit mobil Ambulance dari Diskes Koarmatim, 1 mobil ambulance dari Kesdam IX Udayana, 2 unit mobil Ambulance dari RSUP Sanglah Denpasar Bali dan 1 unit mobil SAR dari kantor SAR Denpasar.

Hadir pada acara tersebut, Danguspurlatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan SH. M.M, Wadirlat Latsar Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, Asintel Pangarmatim,  Irdam IX Udayana, Kakesdam IX Udayana, Kapolsek Benoa, Kasatpol Airud Benoa Asisten I Walikota Denpasar, GM Pelindo III Cabang Benoa dan undangan lainnya.

 Dalam amanatnya Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P,mengatakan, jika Search and Rescue (SAR) pada hakekatnya adalah kegiatan kemanusiaan yang dilakukan secara suka rela dan tanpa pamrih.

           Lebih lanjut menurut Darwanto- sapaan akrab Pangarmatim- SAR juga merupakan kewajiban moral bagi setiap warga negara yang terlatih untuk melakukan pertolongan terhadap korban musibah secara cepat, tepat dan efisien dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, baik sarana dan prasarana maupun manusianya.

Sementara mengenai tujuan dari diadakannya latihan SAR ini, mantan Pangkolinlamil tersebut menerangkan jika dengan adanya latihan yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan, maka diharapkan personel terkait mampu menyelenggarakan bantuan atau operasi SAR dengan cepat, tepat, dan berhasil guna.

            “ Sesuai dengan arti kata SAR yang berarti Search (Pencarian) dan Rescue (Pertolongan/penyelamatan), maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan berupa pengetahuan tentang organisasi, operasi, dan filosofi SAR. Sehingga perlu upaya pemantapan melalui latihan secara berjenjang dan berkelanjutan agar mampu menyelenggarakan bantuan/operasi SAR dengan cepat, tepat dan berhasil guna “, pungkasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar