Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 20 Mei 2016

Danlanal Lanal Tegal Hadiri Upacara Harkitnas ke-108



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tegal, Lantamal V Letkol Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro,SE., menghadiri upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ( Harkitnas ) ke-108, Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) serta Hari Otonomi Daerah ke XX tahun 2016 yang digelar Pemerintah Kota Tegal di halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Balai Kota Tegal Jl. Ki Gede Sebayu, Jumat (20/05).

Wali Kota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno memimpin langsung jalannya upacara yang berada di bawah satu komando Komandan Upacara Kapten Laut (S) Yoseph Maryanto (Pasprogar Lanal Tegal) dan Perwira Upacara, Kapten Laut (P) Subandi (Paspotmar Lanal Tegal).

Peringatan momen bersejarah Tingkat Kota Tegal tersebut mengusung tema "Ayo Kerja Inovatif dan Kompetitif " diikuti sedikitnya 1.200 orang peserta upacara. Kegiatan tersebut diawali dengan pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, Pembacaan Naskah Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, Pembacaan Naskah Teks UUD 1945 oleh Mukhtar, S.Pi (SUPM Negeri Tegal).

Sementara itu peserta upacara terdiri dari Unit Korsik SUPM Negeri Tegal, 1 Ton Kodim 0712/Tegal, 1 Ton Lanal Tegal, 1 Ton Sat Radar 214 Tegal, 1 Ton Polres Tegal Kota, 4 Ton Korpri Kota Tegal, 4 Ton PGRI Kota Tegal, 1 Ton MPC Pemuda Pancasila, 1 Ton Laskar Merah Putih Kota Tegal, 1 Ton Ketua FKPBM Kota Tegal, 1 Ton PD Muhammadiyah Kota Tegal, 1 Ton PC IPNU Kota Tegal, 1 Ton RAPI Wilayah 15 Kota Tegal, 1 Ton Mahasiswa UPS Tegal, 1 Ton Menwa UPS Tegal, 1 Ton Taruna Politeknik  Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal, 1 Ton Akper Tegal, 1 Ton Poltek Harapan Bersama Tegal, 1 Ton SUPM Negeri Tegal, 2 Ton Siswa/Siswi SMA Osis, 2 Ton Siswa/Siswi SMA Pramuka, 2 Ton Siswa/Siswi SLTP Osis, 2 Ton Siswa/Siswi SLTP Pramuka.

Dalam Amanatnya Menkominfo dan Mendikbud yang di bacakan Irup mengatakan, “Pada hakekatnya tiga hari bersejarah yang kita peringati yakni hari pendidikan nasional, hari otonomi daerah dan hari kebangkitan nasional memiliki benang merah yang dapat kita rangkai sebagai kekuatan kita dalam membangun kota Tegal.

Pendidikan merupakan kunci dari kebangkitan dan kemandirian daerah juga menjadi perekat kebangkitan nasional hardiknas yang kita peringati bukan hanya untuk mengenang jasa Ki Hadjar Dewantara sebagai bapak pendidikan Indonesia dan seluruh pejuang pendidikan yang patut kita kenang dan hargai.

Sesungguhnya apa yang kita lakukan dalam pembangunan pendidikan di Kota Tegal ini merefleksikan tentang beragam upaya yang telah sedang dan akan kita lakukan dalam menjalankan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tegal dan akan menjadi saham bagi pendidikan nasional.

Salah satu inspirasi yang bisa kita serap dari berdirinya Boedi Oetomo sebagai sebuah organisasi modern pada tahun 1908 adalah munculnya sumber daya manusia terdidik memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan.

Sajak diproklamirkannya kemerdekaan kita bangsa Indonesia telah berjanji dan berketetapan hati bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam kondisi dan keadaan apapun. NKRI adalah Negara Demokrasi berlandaskan ideologi Pancasila yang menjunjung tinggi nilai-nilai Agama dan adat istiadat yang hidup di tengah masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Walikota Tegal Hj. Siti Mashita Soeparno, Wakil Walikota Tegal H.M Nursoleh, Plt Setda Kota Tegal Dyah Kemala Shinta, Asisten II Kota Tegal, Herlien Tedjo Oetami, Kepala SKPD Kota Tegal, Kepala Kejaksaan Tinggi Kota Tegal RB Hendri Budianto, Ketua DPRD Kota Tegal H. Edy Suripto, SH.MH, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santosa, Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Sirilius Arif Susbintoro,SE.,  Kapolres Tegal Kota AKBP Firman Dharmansyah, Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA Kota Tegal, Camat dan Lurah Sekota Tegal, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan tamu undangan.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembacaan doa kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba Krenova (Kreasi dan Inovatif) Tahun 2016 dan penyerahan penghargaan bagi guru berprestasi oleh Walikota dan Pejabat Forkompinda. Selanjutnya dilaksanakan acara Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Jl. Melati Kel. Kejambon Kec.Tegal Timur Kota Tegal dengan Irup Kapolres  Tegal Kota AKBP Firman Dharmansyah. Diikuti sekitar 700 peserta upacara. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar