Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 17 Mei 2016

Danlanal Tegal Dampingi Ketua Pengurus Cabang YHTS Kunjungi TK Hang Tuah 16 Tegal



KABARPROGRESIF.COM : (Tegal) Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut ( Lanal ) Tegal,Lantamal V Letkol Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro,SE. mendampingi Ketua Pengurus Cabang Yayasan Hang Tuah Surabaya (YHTS) Kolonel (Pur) Seputra mengunjungi TK Hang Tuah 16 Tegal dan Museum Bahari di kawasan Pantai Alam Indah ( PAI ) Kota Tegal, Selasa (17/5).

Tampak hadir dalam kunjungan tersebut Ketua Jalasenastri Cabang 7 sekaligus sebagai anggota pengawas Yayasan Hang Tuah perwakilan Tegal, Ny. Rina Apriani Sirilus, Ketua Yayasan Hang Tuah perwakilan Tegal Ny. Teguh Santoso, dan para guru pembimbing TK Hang Tuah 16  Kota Tegal.

 Dalam kesempatan tersebut, Ketua pengurus YHTS mengatakan bahwa keberadaan Museum Bahari di kawasan Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal ini harus dikembangkan agar memiliki nilai edukasi bagi para pelajar khususnya siswa TK Hang Tuah 16 Tegal.

Menurutnya, Lanal Tegal harus menjalin hubungan baik dengan instansi terkait di Pemerintahan Kota Tegal untuk mengembangkan fasilitas di museum ini. Keberadaan Museum Bahari ini dapat dijadikan sarana untuk mengenalkan sejarah berdirinya Angkatan Laut di Tegal dan memberikan edukasi kemaritiman kepada para pelajar dan masyarakat luas.

 “Pengenalan secara dini tentang dunia kemaritiman kepada anak dapat membagun kesadaran dan karakter sebagai bangsa maritim, bahkan Kepala Staf TNI Angkatan Laut ( Kasal ) saat ini telah mendirikan Bahari Cinema seperti bioskop, untuk memutar film-film documenter yang dapat disaksikan para pelajar, nah dengan demikian Lanal Tegal juga bisa berkontribusi aktif untuk menyukseskan program tersebut,” terangnya.

Sementara Danlanal Tegal menjelaskan bahwa keberadaan Museum Bahari di Kota Tegal saat ini sudah banyak digunakan untuk kunjungan lapangan para siswa TK, SD, dan SMP yang ingin mengenal lebih jauh tentang TNI AL khususnya Lanal Tegal.

“Kita ajak mereka kesana, salah satunya untuk mengetahui dunia kemaritiman, bahkan masyarakat harus bangga dengan Kota Tegal ini yang menjadi kota bersejarah lahirnya Sekolah Angkatan Laut (SAL) pertama pada tahun 1946 sebagai tonggak bersejarah terbentuknya lembaga pendidikan TNI AL,” terangnya.

Selain itu Ia juga mengaku bahwa Lanal Tegal sedang menggarap film dokumenter berbagai kegiatan kemiliteran dan sosial yang telah dilaksanakan. Sementara untuk profil dan sejarah Lanal Tegal akan segera disusun untuk mendukung Program Bahari Cinema.

“Apalagi bangunan Mako Lanal Tegal merupakan salah satu bagunan cagar budaya sekaligus saksi sejarah berdirinya Corp Armada IV ( CA.IV ) terutama KKO-AL atau sekarang dikenal dengan Marinir. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar