Pages - Menu

Pages - Menu

Jumat, 13 Mei 2016

HUT ke-70 JALASENASTRI GELAR LOMBA BALITA SEHAT DAN CERAMAH KESEHATAN



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-70, persatuan istri prajurit TNI Angkatan Laut, Jalasenastri menyelenggarakan Lomba Balita Sehat keluarga besar TNI AL wilayah Surabaya, pada hari Jumat (13/5) di gedung Maspardi Kampus Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro, Surabaya.

Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi dalam sambutannya antara lain mengatakan, dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang kesehatan dan rangkaian kegiatan HUT ke-70 Jalasenastri tahun 2016 diselenggarakan lomba balita sehat  yang berada dibawah pembinaan kepengurusan Cabang BS Jalasenastri AAL dan PG Kobangdikal. Pada kesempatan ini hadir sejumlah Pengurus Pusat Jalasenastri, Pengurus Daerah, Pengurus Gabungan, dan Pengurus Cabang yang tergabung dalam Bakor Jalasenastri Jakarta serta Pengurus Daerah, Pengurus Gabungan, dan Pengurus Cabang yang tergabung dalam Bakor Jalasenastri Surabaya.

Menurut Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi bahwa kegiatan lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuhkembangkan balita secara optimal. Dengan demikian, diharapkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran kepada ibu balita tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita. Pemberdayaan keluarga terutama pemberdayaan dalam bidang gizi sangat penting, dimana grafisnya diharapkan terus meningkat.
Lomba balita sehat ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada orang tua yang terus menerus memantau dan menjaga pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita secara rutin. “Usia 0 bulan sampai 24 bulan merupakan masa emas atau golden period” untuk perkembangan otak anak. Jadi sangat diperlukan kepedulian orang tua untuk memberikan gizi yang baik pada anak balitanya. Penambahan berat badan bayi dan balita akan ditentukan dari cara memberikan makan oleh orang tua dalam kondisi sehat maupun sakit,” ujarnya.

Lomba balita sehat ini dibagi dalam dua kategori yaitu Kelompok A (usia 6 s.d. 35 bulan) dan Kelompok B (usia 36 s.d. 60 bulan). Sesuai dengan kriteria lomba, maka pemenang “Lomba Balita Sehat Kelompok A juara I a.n. Deco putra dari Kopda Bek Hariyanto/Ny. Siti Nikmatul dari AAL, juara II a.n. Gina putri Lettu Ganosha/Ny. Rina P dari Koarmatim, dan juara II a.n. Bilqis putri Kopda Marinir Rivan Diyanto/Ny.Vige dan Pasmar 1 Marinir. Sementara itu, kategori Kelompok B juara I a.n. Aisyah Bella putri Koptu Marinir Daris Anwar/Ny. Rahmawati dari Pasmar 1 Marinir, juara II a.n. M. Zafatun putra Kopda Didik Harianto/Ny. Rahmawati dari AAL, dan juara III a.n. Kayla putri Bapak Jafar/Ny. Riri dari Wonosari.
Pada hari yang sama, Jalasenastri juga menyelenggarakan ceramah kesehatan tentang Penyakit Menular Seksual (PMS) dan LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) di auditorium gedung Mandalika kawah cadradimuka AAL Bumimoro kepada segenap Taruna AAL, Siswa Pendidikan Pertama Bintara Wanita (Dikmaba Wan) Kobangdikal, siswa siswi SMK KAL 1 dan 2, serta SMA Hang Tuah Surabaya.
Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi mengatakan bahwa ceramah kesehatan tentang PMS dan LGBT ini diselenggarakan sebagai salah satu wujud kepedulian Jalasenastri terhadap pembinaan anak-anak Taruna AAL, Siswa/Siswi Dikmaba Wan Kobangdikal serta Siswa/Siswi SMA Hang Tuah sebagai generasi penerus bangsa.

Ceramah kesehatan tentang Penyakit Menular Seksual disampaikan oleh Dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD., Pall Med (ECU) dengan tema “Bersykur, Hidup Sehat dan Sukses Terhindar dari Penyakit Menular Seksual. Sementara ceramah tentang LGBT disampaikan oleh Psikolog Ny. Astrid Wiranata. (arf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar