Pages - Menu

Pages - Menu

Kamis, 26 Mei 2016

Jam Komandan, Disminpers Lantmal V Paparkan Bintal Fungsi Komando



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Terjalinnya komuikasi yang baik antara atasan bawahan dalam suatu organisasi, diyakini dapat meningkatkan kinerja organisasi mencapai kesuksesan, dikalangan militer ada yang dinamakan “Jam Komandan” yang merupakan salah satu forum komuniasi antara atasan bawahan, hal seperti ini dilakukan pula di Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) untuk menyampaikan suatu informasi, kritik dan saran melalui forum ini.

 “Jam Komandan” yang menyuguhkan materi Pembinaan Mental Fungsi Komando dan dihadiri ratusan prajurit dan PNS Mako Lantamal kali ini, dibuka Aspers Komandan Lantamal V Kolonel Laut (KH) Drs. Agus Suharsono di Gedung Serba Guna  (GSG) Mako Lantamal V Jl. M.Natsir no.56 Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (26/5).

Pada Jam Komandan kali in, Dinas Personel Lantamal V (Disminpers) mendapatkan giliran untuk mengisi acara dengan mengusung materi tentang Pembinaan Mental (Bintal) Fungsi  Komando yang disampaikan Kadisminpers Lantamal V Letkol Laut (KH) Drs. I Made Suweca dan Mayor Laut (P) Heru Wiratama, S.H.,M.H.

Menurut Aspers Danlantamal V, materi tentang Bintal Fungsi Komando ini bertujuan agar diperoleh kesamaan persepsi dan pemahaman seluruh prajurit  tentang Bintal Fungsi Komando dan pelaksanaannya, sehingga Bintal Fungsi Komando dapat terlaksana secara berdaya guna dan berhasil guna dengan dilandasi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 11 Azas Kepemimpinan TNI.

Sementara itu Heru –sapaan akrab pemapar yang berdinas di Dispotmar Lantamal V ini- mengatakan bahwa mental adalah kondisi jiwa yang terpantul dalam sikap dan perilaku seseorang terhadap berbagai situasi yang dihadapi. Bintal Fungsi Komando adalah fungsi organik militer yang berkaitan dengan pembinaan mental prajurit dan penyelenggaraannya menjadi kewajiban dan tanggungjawab komandan.

Pembinaan mental disatuan lanjutnya, terdiri dari komandan, perwira staf umum, perwira bintal/paroh, perwira staf khusus/ahli, sedangkan sasaran pembinaan mental ini adalah prajurit, keluarga dan masyarakat disekitar lingkungan.

Menurutnya, Bintal Fungsi Komando ini terbagi empat, yaitu Bintal Rohani, Bintal Idiologi, Bintal Tradisi Kejuangan dan Bintal Psikologi. Pembinaan Mental Rohani adalah segala usaha, pekerjaan dan kegiatan pembinaan rohani prajurit dan PNS TNI AL untuk memelihara dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak/moral yang baik sesuai agama yang diyakini.

Pembinaan Mental Ideologi adalah pembinaan kesadaran mental ideologi bagi prajurit dan PNS TNI AL sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang terkandung dalam Pancasila guna mewujudkan prajurit Sapta Marga dan PNS yang setia kepada NKRI.

Pembinaan Mental Kejuangan, merupakan pembinaan kesadaran mental kejuangan dalam rangka menumbuhkan, memelihara dan memantapkan kondisi jiwa anggota TNI AL dan keluarganya sehingga terwujud militansi yang mencerminkan sikap rela berkorban, tahan menderita, tidak mudah putus asa, pantang menyerah, memegang teguh jiwa kepatriotan serta mendahulukan kepentingan bangsa dan negara. (arf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar