Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 24 Mei 2016

PELANTIKAN BANTARA SMAN I BARAT TAHUN 2016



KABARPROGRESIF.COM : (Magetan) Pada  Hari Minggu samapai dengan Selasa tanggal 22 hingga 24 Mei 2016, SMAN I Barat melaksanakan kegiatan pelantikan Bantara dan motivasi pada siswa calon Bantara. Sebagai Peserta adalah siswa/siswi  kelas XI sedangkan sebagai panitianya adalah Pembina Pramuka SMAN I Barat  Andika dan Sang Heru.  Sebagai Pembina Sakawira Kartika dari Koramil 0804/08 Barat Serma Suroto dan Serda Moch.Ra’i dibantu Dewan Ambalan kelas XII. Selasa(24/5/16)

Dalam sambutannya Komandan Koramil 0804/08 Barat sebelum pemberangkatan pasukan  mengatakan”bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini bukan untuk bertamasya atau hura-hura tetapi bertujuan pembinaan mental bagi pemuda/pemudi guna mewujudkan generasi yang berkwalitas,berdisiplin dan Berjiwa Patriot yaitu cinta tanah air dan bangsa dan Komandan Koramil 0804/08 Barat mengingatkan agar siswa/siswi menjaga keamanan  personel dan materiil baik dalam perjalanan maupun sampai di tujuan tempat perkemahan.

Peserta datang pukul 08.00 wib,dilanjutkan dengan mendirikan tenda   melaksanakan apel pembukaan, kemudian mengikuti materi dari Pembina Dewan Ambalan dengan materi lomba ketangkasan dan pengetahuan tentang kepramukaan. Kegiatan dipending dengan Istirahat sholat. Ma’grib berjama’ah dan dilanjutkan Sholat Isya’ dan dilanjutkan  kegiatan makan malam bersama.

Sesi Materi kedua, peserta mendapat motivasi dari Pembina Sakawira Kartika dari Koramil 0804/08 Barat yang disampaikan oleh Serda Moch.Ra’i.  Pembina menyampaikan cara meraih cita-cita dan harapan yaitu dengan cara  tetap rajin belajar dan pantang menyerah, hadapi segala cobaan dengan tabah dan tak putus asa,dan yang lebih penting lagi tugas pemuda/pemudi yaitu mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positip dan jangan mudah terpengaruh dengan pergaulan bebas contoh minum-minuman keras,narkoba,fre sex dan perjudian serta jangan lupakan sejarah dan hargai jasa pahlawan.

Setelah sesi materi, peserta melaksanakan  istirahat malam dan  tidur pada pukul 04.00 wib peserta bangun untuk melaksanakan Sholat Subuh berjama’ah dan dilanjutkan senam pagi dipimpin oleh pembina dari Sakawira Kartika Koramil 0804/08 Barat Serma Suroto dilanjutkan acara pembersihan.Pada Pukul 09.00 Wib peserta melaksanakan persiapan untuk melaksanakan kegiatan Outbond dan penjelajahan sebelum acara dimulai pembina dari Sakawira Kartika Koramil 0804/08 Barat memberi pengarahan mengenai tujuan dilaksanakan kegiatan out bond dan penjelajahan yaitu untuk membentuk jiwa disiplin,mandiri ,tabah dan pantang menyerah terhadap segala rintangan dan cobaan.Sebagai penutup pembina mengingatkan agar dalam melaksanakan kegiatan tetap menjaga keamanan baik keamanan Personel maupun materiil.
Pada malam harinya setelah melaksanakan sholat Isya’ berjama’ah para peserta melaksanakan acara Jurid malam dibawah kendali para pembina baik dari para guru ,pembina Sakawira Kartika dan pembina Dewan Ambalan,dilanjutkan dengan kegiatan Api Unggun yang menandakan bahwa sebentar lagi kegiatan akan selesai dan segera akan dilantik untuk menjadi Pramuka Penegak Bantara.

Pada Hari Selasa, tanggal 24 Mei 2016 pukul  07.30 Wib pelantikan Pramuka Bantara SMAN I Barat dilaksanakan dengan ditandai penyiraman air yang dilakukan oleh pembina Pramuka SMAN I Barat Bapak Sang Heru , Bapak Andika dan pembina dari Sakawira  Kartika Koramil 0804/08 Barat serta Dewan Ambalan SMAN I Barat.
 
Sebelum pulang, siswa bersih-bersih terlebih dahulu, agar tidak meninggalkan sampah di tempat kegiatan,dengan bangga dan senang hati para peserta melaksanakan foto bersama sebelum meninggalkan tempat latihan Selanjutnya mereka naik jenjang menjadi Pramuka Penegak Bantara. Pada pukul 08.00 Wib para peserta dan pembina kembali ke Home base SMAN I Barat dalam keadaan tertib,aman dan lancar. (arrf)

0 komentar:

Posting Komentar