Pages - Menu

Pages - Menu

Jumat, 20 Mei 2016

Sosialisasi Koperasi dan UMKM Sasaran Non Fisik Dalam TMMD Ke-96 Ta. 2016 Kab. Mojokerto



KABARPROGRESIF.COM : (Mojokerto) Dalam Sasaran Non Fisik TMMD Ke-96 TA. 2016 di Ds. Mojorejo Kec. Jetis Kab. Mojokerto, telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Koperasi dan UMKM oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mojokerto, bertempat di Balai Desa Mojorejo Kec.Jetis, pada Rabu malam (18/5) pukul 19.00 WIB.

Diawal acara, Danramil 0815/07 Jetis, Kapten Inf Hari Subiyanto, berkesempatan memberikan kata pembuka, intinya mengatakan bahwa dalam kegiatan TMMD sasaran non fisik malam ini tentang penyuluhan bidang kesejahteraan rakyat berupa Sosialisasi Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) dengan Pemateri dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mojokerto, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga Desa Mojorejo.

Bapak Pujo Nurcahyo selaku Pemateri dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mojokerto menyampaikan materi, yang intinya membahas tentang Perkoperasian.  Pemateri juga juga menyampaikan bahwa pendirian koperasi harus melalui akta otentik (berbadan hukum), adanya setoran pokok dan modal sebagai modal awal serta selisih hasil usaha.  Untuk itu semua pengurus koperasi harus mahir dalam administrasi, karena dalam tata kelola keuangan, administrasi adalah soko guru (tiang utama).

Dijelaskan pula tentang ketentuan mengenai Koperasi Simpan Pinjam (KSP) mencakup pengelolaan maupun penjaminannya. KSP ke depan hanya dapat menghimpun simpanan dan menyalurkan pinjaman kepada anggota, karena memang keberadaan koperasi harus mampu mensejahterakan anggotanya, contoh sederhana aturan  simpan pinjam antara lain “bunga berapa %, besaran angsuran, lama/waktu angsuran dan keuntungannya (laba) bagaimana ?”.  

Lebih lanjut, pemateri menyampaikan bahwa saat ini banyak bantuan dari Pemerintah yang disalurkan ke masyarakat guna menggerakkan atau menghidupkan perekonomian di Desa seperti “Hibah, Gardu Taskin (Gerakan Pengentasan Kemiskinan), Simpan Pinjam dari PNPM (SPP) dan Koperasi Wanita (Kopwan),” bila hal itu dikelola dengan baik melalui koperasi maka akan terwujud kesejahteraan bagi anggota koperasi dan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut antara lain Staf Bappeda Kab. Mojokerto (Ibu Retno), Kades Mojorejo (Ibu Sri Indahyani), Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Mojorejo, Perwakilan Pengurus Simpan Pinjam Desa Mojorejo.   Pukul 21.00 WIB kegiatan selesai dengan tertib, lancar dan aman.(arf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar