Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 25 Mei 2016

Wadan Lantamal V Menghadiri Sidang Wanbangopstik-LXVIII TA 2016



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Wadan Lantamal V) Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto,S.E.,M.M. mewakili Komandan Lantamal V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.A.P menghadiri pembukaan sidang Dewan Pengembangan Operasi Dan Taktik (Wanbangopstik) LXVIII tahun 2016 di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang), Koarmatim, Ujung, Surabaya, (25/5).

Wanbangopstik LXVIII TA 2016 yang dibuka Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur, Laksda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P ini, dihadiri Kasarmatim, Wadan Kobangdikal, Wagub AAL, Wadan Seskoal, Danguspurlatim, Danpasmar-1, Karumkital Dr. Ramelan Surabaya, Dan STTAL, Kadispsial, Danpuspenerbal dan perwira undangan lainnya.

Menurut Asisten Operasi Kasal, Laksda TNI I.N.G.N. Ary Armaja, S.E,. dalam sambutannya yang dibacakan Pangarmatim megatakan bahwa sidang Wanbangopstik merupakan forum yang strategis, khususnya bagi perwira pengawak organisasi baik dalam tataran tehnis, taktis, operasi dan strategi suntuk terlibat secara aktif dalam diskusi akademis, yang akan mewarnai kemajuan dan pencapaian kinerja Angkatan Laut dalam tataran  tehnis, taktis, operasi dan strategis.

Isu tentang keamanan maritim merupakan isu yang tidak akan perna berhenti mengingat laut telah menjadi bagian strategis dalam semua aspek tata hubungan internasional, baik secara ekonomi, politik dan militer. Dengan pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang begitu cepat dan berkaitan dengan keamanan maritim maka, tugas dan peran TNI AL akan semakin komplek.

Dengan mengambil tema “Melalui sidang Wanbangopstik-LXVIII TA 2016 kita sempurnakan piranti lunak TNI AL guna meningkatkan kesiapsiagaan operasional / kesatuan dan profesionalisme prajurit dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AL”, kata Ary –sapaan Asops Kasal ini- Wanbangopstik ini akan terlaksana pemutahiran produk piranti lunak yang akan mampu menjawab tuntutan dan tantangan tugas TNI AL kedepan demi terwujudnya World Class Navy.

Sesuai dengan mekanisme Top Down Bottom Up yang telah dilaksanakan di Mabes TNI AL lanjutnya, pada sidang Wanbangopstik ini akan di bahas penyelamatan kapal selam, pertahanan pangkalan TNI AL, latihan peknubika TNI AL, operasi pengamanan wilayah perbatasan laut, pengerahan Batalyon POM Marinir dalam operasi militer dan keselamatan penerbangan.

Ia menekankan seluruh peserta sidang untuk menumbuhkan kesadaran dalam diri masing-masing, untuk turut membangun masa depan Angkatan Laut melalui pemikiran yang jernih dan mendalam guna terwujudnya visi TNI AL, dengan keterbatasan waktu yang ada jangan menjadi batasan dalam melahirkan ide dan gagasan untuk membenahi performa TNI AL. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar