Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 09 Juni 2016

Masuki Tahap Garjas, 279 dari 3.009 Calon Prajurit TNI AL Route III Surabaya Masih Bertahan



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dalam suasana menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1437 H ini, 279 dari 3009 orang Calon Taruna/taruni dan Calon Bintara TNI AL masih bertahan dan berpeluang lolos tes daerah calon prajurit TNI AL tahun 2016 dari Route III Surabaya, kini mereka memasuki tahap tes Kesegaran Jasmani (Garjas) yang digelar di Lapangan Pasiran, Pangkalan Utama TNI AL V, Ujung, Surabaya, Kamis (9/6),-

Sebelum sampai pada tes Garjar, mereka telah menjalani rangkaian tes administrasi, kesehatan 1 dan kesehatan 2. Pada tes-tes sebelumnya, telah banyak calon yang dinyatakan gugur atau tidak memenuhi syarat, sehingga pada tes Garjas kali ini tersisa 279 peserta tes lagi. Dari jumlah 279 tersebut, 64 orang diantaranya calon Taruna, 3 orang calon Taruni Akademi Angkatan Laut, 200 calon bintara pria dan 12 orang calon bintara wanita.




Ketua Tim Seleksi Taruna/Taruni, Caba dan Cabawan TNI AL Route III Surabaya Kolonel Laut (P) Bagus Handoko menyampaikan bahwa tes berlangsung gugur langsung disetiap tahapan tes, peserta yang dinyatakan lolos, akan berlanjut pada tahapan tes berikutnya dan tes dilaksanakan secara transparan.

“Pada tahapan tes kesegaran jasmani, calon Taruna/Taruni dan calon bintara akan melaksanakan tes bateray “A” yaitu lari selama 12 menit dan Bateray “B” terdiri dari Push-Up, Pull-Up, Sit-Up, Suttle Run atau lari angka 8 dan tes kemampuan renang,” terangnya.

Hari ini lanjut Agus –sapaan akrab katim Route III Surabaya- para calon Taruna sebanyak 64 orang melaksanakan tes kesegaran jasmani, hasil dari tes tersebut akan ditulis dipapan pengumuman. Panitia akan melaksanakan tes ini secara transparan, tidak ada yang akan ditutup-tutupi, semua bisa melihat hasilnya.

“Misalkan si “A” larinya dapat sekian meter, fullupnya, push-upnya dapat berapa, semua itu akan ditulis langsung dipapan pengumuman, sehingga semua orang dapat melihatnya,” tegasnya.

Sementara itu Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.A.P mengucapkan terimakasih kepada panitia yg telah bekerja keras untuk semuanya, dan selamat menjalankan seleksi kepada seluruh peserta tes, semoga kegiatan lancar, aman dan sesuai yang diharapkan," tetang Danlantamal V.

Memengingat jumlah pendaftaran yang mencapai ribuan lanjut Rudy –sapaan akrab Danlantamal V ini- sudah dapat dipastikan proses seleksi akan berjalan ketat, untuk itu ia berharap kepada seluruh peserta tes memanfaatkan waktu yang pendek tersebut untuk menyiapkan fisik dan mental. "Jaga kondisi kesehatan dan mental bajamu, karena itu modal utama untuk bisa mebyekesaikan rangkaian tes ini," pintanya.

Selain itu Orang nomor satu dijajaran Lantamal V ini pun menegaskan komitmen pimpinan TNI AL yang akan menjalankan proses rekrutmen prajurit secara profesional, objektif dan transparan dengan memegang teguh aturan seleksi yang ketat untuk mendapatkan calon Taruna/Taruni, Bintara pria/wanita terbaik sesuai dengan persyaratkan yang ditentukan.

“Panitia seleksi sudah menyiapkan segalanya, mulai dari tahap pendaftaran, tahapan seleksi uji pemeriksaan administrasi (Rikmin), kesehatan 1, kesehatan 2, kesehatan jiwa, uji jasmani, mental idiologi, psikologi, hingga sidang parade dan pantukhir daerah,” terangnya.

Selain itu, Rudy juga tetap mengigatkan para peserta dan orang tua peserta test, untuk waspada dan mengabaikan bila ada pihak-pihak tertentu yang menawarkan jasa atau bantuan bisa meloloskan peserta dalam saringan masuk menjadi Taruna/Taruni dan Bintara TNI AL dengan meminta sejumlah uang atau barang tertentu itu adalah penipuan,  dan segera laporkan hal tersebut ke pihak panitia atau pihak berwenang untuk ditindak tegas. (arf)


0 komentar:

Posting Komentar