Pages - Menu

Pages - Menu

Kamis, 02 Juni 2016

Palaksa Lanal Batuporon Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila



KABARPROGRESIF.COM : (Madura) Perwira Pelaksana (Palaksa) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batuporon, Lantamal V Mayor Laut (E) Kangiadi memimpin upacara dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila yang diikuti seluruh prajurit Militer dan PNS di Lapangan apel Mako Lanal Batuporon, Rabu kemarin.

Hadir pada upacara tersebut, Pasops, Dandenpomal, Pasminlog, Pasproga, Pasintel dan Paspotmar serta seluruh perwira  Lanal Batuporon lainnya.

             Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Palaksa Lanal Batuporon mengatakan, bahwa Pancasila yang kita pahami saat ini sebelum lahirnya telah melalui proses perumusan dari kurun waktu 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945.

Dimana tiga tokoh nasional seperti Muhamad Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno yang tergabung dalam Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mencoba mengusulkan masukan-masukan tentang dasar Negara apa bila bangsa Indonesia telah merdeka lepas dari penjajahan.     

               Gagasan Bung Karno tentang Dasar Negara yang disampaikan di depan sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 1 Juni 1945, yang akhirnya dinamai Pancasila ini, menjadi titik awal bahwa Pancasila diakui sebagai dasar dan Ideologi Negara, sehingga tanggal 1Juni ditetapkan sebagai hari kelahiran Pancasila          

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI juga menyampaikan bahwa tidak berapa lama lagi, kita memasuki Bulan Suci Ramadhan. Untuk itu mantan Pangdam V/Brawijaya ini, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1437 H kepada segenap Prajurit dan PNS TNI yang melaksanakannya. “ Semoga keikhlasan dan keteguhan dalam beribadah di bulan suci Romadhon semakin menjiwai pengabdian kita kepada bangsa dan Negara,” pungkas orag nomor sati dijajaran TNI ini..(arf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar