Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 02 Juni 2016

Pangarmatim Berikan Materi di Saresehan Bintal Fungsi Komando



KABARPROGRESIF.COM : (Malang) Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Malang, Lantamal V Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono, S.H., menyambut kedatangan Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P. dalam rangka memberikan materi Disiplin dan Soliditas Prajurit TNI dalam acara Sarasehan Bintal Fungsi Komando, di Ballroom Hotel Gajahmada Graha Jl. Dr. Cipto No. 17 Malang, Rabu (1/6).

Saresehan yang mengusung tema “kita tingkatkan peran komando satuan dalam membangun mental prajurit yang tangguh” ini diikuti 100 peserta dari ketiga matra (AD, AL dan AU) yang berdinas di Wilayah Jawa Timur. Dalam acara tersebut Pangarmatim sebagai hadir sebagai narasumber dan di moderatori oleh Kolonel Caj Nurhamdani.

Dalam kesempatan tersebut, Pangarmatim mengatakan, dimasa Reformasi ini sudah terlihat kurangnya rasa nasionalis bangsa, sehingga makin maraknya ideologi lain selain Pancasila muncul dan berkembang luas, oleh karena itu, disiplin sebgai nafasnya prajurit TNI yang harus terus dipegang teguh guna menjadikan TNI lebih kuat dan solid sebgai garda terdepan menjaga keutuhan NKRI.

Menurutnya, sebagai calon pemimpin masa depan, disiplin merupakan ketaatan bagi seluruh prajurit, disiplin merupakan modal bagi prajurit dan nafas prajurit, budaya malu perlu dipegang bagi masing-masing Komandan Satuan. “Ada tiga prajurit yang saya ketahui, yaitu prajurit yg mengabdi dengan tulus ihklas, prajurit yg mencari pekerjaan dan prajurit yg kebetulan jadi prajurit, dari ketiganya yang paling bahaya adalah prajurit yang terakhir,” terangnya.

Calon Komandan Satuan lanjutnya, harus disiplin, taat, patuh dan loyal agar terbentuk dan jadi figur idola bagi prajuritya. Kerelaan dalam menjalankan tugas serta soliditas merupakan kekuatan bagi seluruh prajurit sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, cara mewujudkan soliditas antara lain saling kenal, saling memelihara, saling terbuka, saling perhatian, adanya kondisi mental prajurit yang buruk dengan beberapa pelanggaran yang banyak dilakukan oleh prajurit khususnya penyalah gunaan narkoba oleh prajurit TNI.

Lebih lanjut Pangarmatim menekankan bahwa peran bintal bagi seluruh prajurit sangat penting, tugas dan tanggung jawab Dansat antara lain menanamkan disiplin, memelihara soliditas dan mantabkan satuan prajurit rasa cinta NKRI serta tugas dan tanggung jawab prajurit saat ini sangat berat sehingga perlu adanya disiplin dan mental yang tangguh agar tugas yang diemban dapat berhasil dengan baik.

Hadir dalam kegiatan Kasdam V/Bwj mewakili Pangdam V/Bwj, Danlanud Abd. Saleh mewakili Pangkopsau II, Kapusbintal TNI, Asintel Pangarmatim Kolonel Laut (E) Yanuar Adi Legowo S.H., M.A.P., Aspers Pangarmatim Kolonel Laut (P) Joko Heriyanto, Dandim 0833 Letkol Arm Aprianto Suseno beserta pejabat jajaran AD di Malang, Palaksa Lanal Letkol Laut (P) Eko Hariyanto beserta Staf, serta seluruh peserta dari ketiga matra TNI. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar