Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 08 Juni 2016

PPL Pertanian Dan Babinsa Mojoayu ,Tilik Padi Antisipasi Hama



KABARPROGRESIF.COM : (Kediri) Lahan pertanian yang berada di Desa Mojoayu Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, diidentifikasi sebagian, terkena serangan hama padi jenis Hama putih palsu. Dari keterangan Yulianto, PPL Pertanian Mojoayu, kemungkinan hama padi tersebut hanya berkutat disekitar lahan pertanian yang sebelumnya diindikasikan terkena hama. Hampir setahun yang lalu, dilakukan penyemprotan massal di Desa Mojoayu,  oleh Koramil 18/Plemahan bersama Poktan “Urip Tentrem”, dengan sebab musabab yang berbeda, karena waktu itu sebagian lahan pertanian diserang hama pengerek padi, selasa (07/06/2016).

Babinsa Desa Mejoyo ,Serma Musonipin bersama Mantri Pertanian Kecamatan Plemahan, Suritno, melakukan pengecekan di lahan pertanian di Desa Mojoayu. Hama putih palsu menyerang bagian daun tanaman padi, larva akan memakan jaringan hijau daun dari dalam lipatan daun meninggalkan permukaan bawah daun yang berwarna putih.

Menurut Suritno, tanda pertama adanya infestasi adalah kehadiran ngengat di sawah, dan ngengat berwarna kuning coklat, pada bagian sayap depan ada tanda pita hitam sebanyak tiga buah yang garisnya lengkap atau terputus. Pada saat beristirahat, ngengat berbentuk segitiga, sedangkan pengendalian yang bisa dilakukan dengan pengeringan sawah selama 3 hari, atau penggunaan insektisida regent, buldok, decis dan virtako.

Dari keterangan Yulianto, akan dilakukan penyemprotan 2 hari kedepan, diatas lahan pertanian milik Suyekti dengan luas 1,4 hektar, Purnomo dengan luas 0,7 hektar, Wargiman dengan luas 0,7 hektar dan Junaedi dengan luas 0,35 hektar. Untuk mempercepat penyemprotan, nantinya 4 orang anggota Koramil Plemahan, akan turut membantu para petani setempat. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar