Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 02 Juni 2016

Prajurit Lantamal V Ikuti Apel Gabungan TNI-Polri Se-wilayah Kogartap III/Surabaya



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Sebanyak satu satuan setingkat batalyon (SSY) prajurit Pangkalan Utama TNI AL ( Lantamal ) V , yang tergabung dalam satu brigade prajurit TNI AL, mengikuti apel gabungan TNI-Polri Se-wilayah Kogartap III/Surabaya yang digelar di Lapangan Apel Kodam V Brawijaya, hari ini Kamis (2/6).

Apel gabungan yang dipimpin langsung oleh Komandan Gartap III/Sby, Mayjen TNI Sumardi ini, melibatkan ratusan prajurit TNI –Polri yang terbagi dalam beberapa satuan kompi maupun brigade pasukan, antara lain 1 kompi gabungan pamen TNI/Polri, 1 kompi gabungan pama TNI/Polri, kemudian 1 kompi gabungan wanita TNI ( Kowad, Kowal, Wara ), 1 kompi gabungan Polisi militer TNI, 1 kompi pasukan TNI AU Lanud Abd. Rahman Saleh, 1 kompi Polri Polda Jatim, 1 kompi gabungan PNS TNI/Polri, serta 1 brigade TNI AD.

Beberapa pejabat dilingkungan TNI-Polri wilayah Surabaya juga terlihat hadir, diantaranya Kapolda Jatim  Irjen Pol Anton Setijadi, Kasgartap III/Sby Brigjen TNI (Mar) Amirudin Harun, Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Rahmat Pribadi, Danpasmar 1 Surabaya Brigjen TNI (Mar) Lukman Hakim, Kasarmatim Laksma TNI Mintoro Yulianto, Aspers Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Drs. Agus Suharsono, Danpomal Lantamal V Kolonel Laut (PM) Hari Murti dan pejabat militer lainnya.

Sesaat sebelum apel dilaksanakan, seluruh pasukan mendapatkan pengarahan dari Kasgartap III/Sby Brigjen TNI (Mar) Amirudin Harun, dan juga Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Rahmat Pribadi.

Dalam arahan singkatnya, Kasgartap III/Sby mengingatkan tentang kesiapan pasukan dalam menghadapi bulan ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Kesiapan yang dimaksud Harun-sapaan akrab Kepala Staf Gartap III/Sby disini adalah kesiap sediaan pasukan untuk menjaga keamanan serta kelancaran dari pelaksanaan kedua event tersebut, dengan persiapan yang dadakan maupun telah terencana.

Sementara Kasdam V/Brw Brigjen TNI Rahmat Pribadi, dalam arahannya lebih menekankan tentang pengawasan melekat terhadap anggota sesuai petunjuk dari Panglima TNI. Pengawasan dilakukan untuk menghindari pelibatan personel TNI dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat negatif dan melanggar hukum.

Lebih lanjut dalam pelaksanaan apel gabungan yang mengusung tema “Kebersamaan Prajurit TNI –Polri adalah Wujud Soliditas dan Menciptakan Stabilitas Keamanan Wilayah Jawa Timur” ini, seluruh pasukan yang berada di bawah komando Letkol Laut (P) Nurul Mukhlis sebagai Komandan Apel mendapat pengarahan dari Dangartap III/Sby Mayjen TNI Sumardi sebagai penerima apel.

Dalam amanatnya Mayjen TNI Sumardi, yang merupakan Pangdam V/Brawijaya ini mengatakan tentang berbagai kejadian yang terjadi dilingkungan TNI-Polri belakangan ini, baik yang bersifat positif maupun negatif terhadap lembaga, tetap harus dipandang secara positif agar tidak terulang lagi kedepannya.

“Karenanya dibutuhkan pemahaman yang baik akan pentingnya ilmu kepemimpinan lapangan, untuk mencegah terjadinya pelanggaran oleh anggota. Selain itu laksanakan pola pembinaan yang baik, agar dapat menyentuh kepada seluruh bawahan disatuannya “, tegas mantan Gubernur Akademi Militer ini.

Sumardi juga menekankan kepada seluruh prajurit untuk menjaga soliditas dan solidaritas antara TNI dengan Polri dan juga Pemda Jawa Timur , dengan mengembangkan jiwa korsa, dan tetap selalu menjaga keamanan serta kerukunan umat beragama. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar