Pages - Menu

Pages - Menu

Kamis, 02 Juni 2016

Sosialisasi Peduli Lingkungan Dan Pelatihan Pembuatan Kompos Di Kediri



KABARPROGRESIF.COM : (Kediri) Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri dan Jasa Tirta Kota Kediri, bekerjasama Fakultas Teknik Universitas Kadiri dan Kodim 0809/Kediri (diwakilkan Danramil Mojoroto) ,dan mengadakan sosialisasi peduli lingkungan dan pelatihan pembuatan kompos siang ini, kamis (02/06/2016).

Kasi Pengangkutan dan Pengelolaan Sampah, DKP kota Kediri, Siswanto menjelaskan, ada dua cara memanfaatkan sampah dalam pelatihan ini, yakni cara memanfaatkan sampah organik dengan dilakukan pengomposan dan yang kedua, cara memanfaatkan sampah organik untuk dijadikan kerajinan tangan (daur ulang) sehingga memiliki sampah-sampah kembali memiliki nilai ekonomi.

Danramil Mojoroto, kapten Inf Arifin Effendi menambahkan, peran TNI untuk turut menjaga kebersihan lingkungan, bisa dibuktikan dengan berbagai kegiatan karya bakti yang ada di sekitar masyarakat, seperti pembersihan saluran air (got) yang ada di kampung-kampung maupun penguburan sampah di tiap-tiap kecamatan. Disamping itu, karya bakti TNI, juga melakukan pengumpulan sampah-sampah organik ,yang menganggu kenyamanan masyarakat, seperti beberapa waktu yang lalu dilakukan Kodim Kediri di kawasan TPA Klotok.

 “Kegiatan ini sudah berjalan sejak tiga tahun yang lalu, tujuannya untuk memberikan gambaran masyarakat bahwa sampah itu sebenarnya merupakan berkah, karena bisa dijadikan kompos,” tutur Nugroho Setyo Adi, dari Universitas Kadiri.

 “Memang pengelolaan sampah ini sudah diatur dengan jelas dengan Perda 3/2015, dan sampah yang biasanya dibuang saja ini akan dijadikan kompos, dengan hal ini bisa dipastikan akan mengurangi volume sampah yang ada di tempat pemrosesan akhir (TPA),” sambung Nugroho Setyo Adi. (arf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar