Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 13 Juli 2016

Anggota Kodim 0501/Jakarta Pusat Bantu Pemda Tertibkan Ratusan Gubuk Liar



KABARPROGRESIF.COM : (Jakarta Pusat) Sebanyak dua puluh anggota Kodim 0501/Jakarta Pusat dipimpin Wadanramil 05/Tanah Abang Kapten Arm Nasution diterjunkan untuk membantu Pemkot Jakarta Pusat dan tergabung bersama anggota Satpol PP,  PPSU, dan P3S dalam menertibkan ratusan gubuk liar di Jalan Inspeksi Kanal Banjir Barat (KBB), Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (13/7/16).

Apel pengecakan personel dilakukan di kantor Kecamatan Tanah Abang dipimpin Walikota Jakarta Pusat Mangare Pardede.

Ratusan gubuk tersebut akan ditertibkan lantaran gubuk liar tersebut berdiri di bahu jalan dan mengganggu ketertiban umum dan kerap digunakan sebagai lokasi prostitusi cafe, dan rumah tinggal gelandangan.

Sehari sebelumnya, Camat Tanah Abang, Hidayatullah berharap, penertiban berlangsung kondusif tanpa ada perlawanan dari pemilik tempat.

"Sekitar 300 gubuk yang akan ditertibkan. Kita sudah sosialisasi terlebih dahulu sebelum ditertibkan. Lagi pula lahan yang mereka jadikan tempat tinggal merupakan Jalan Inspeksi dari Jakarta Barat menuju Jakarta Pusat," ucap Hidayatullah.

Sementara, Kepala Seksi Operasional Satpol PP Jakarta Pusat, Santoso mengatakan, pihaknya sengaja mengerahkan ratusan personil untuk mengantisipasi adanya perlawanan dari pemilik tempat.

"Nanti jika gubuk sudah ditertibkan, jalan inspeksi akan difungsikan. Kita harap mereka tidak lakukan perlawanan karena mereka harus menyadari itu lahan Fasum-Fasos," katanya.

Pagi tadi, warga pemilik bangunan pasrah ketika  ratusan personil gabungan terpadu melakukan pembongkaran satu persatu gubuk liar tersebut dengan menggunakan alat manual dan mengangkut puing ke atas truk.

"Ada 275 gubuk liar yang kami tertibkan," ujar Mangara Pardede, Wali Kota Jakarta Pusat, saat memimpin proses pembongkaran, Rabu (13/7).

Dalam penertiban tersebut, pihaknya mengerahkan 425 personel gabungan yang juga dibantu oleh aparat Polisi dan TNI. Penertiban berjalan aman dan lancar, sebagian pemilik gubuk juga membongkar sendiri gubuknya.

"Kami juga meminta Satpol PP untuk rutin melakukan patroli dan penjagaan," tandasnya. (andre)

0 komentar:

Posting Komentar