Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 24 Juli 2016

Koramil 0814/15 Mojowarno Jalin Persaudaraan Melalui Halal Bihalal



KABARPROGRESIF.COM : (Jombang) Sudah menjadi tradisi di Indonesia, setelah Hari Raya Idul Fitri, mengiringi di belakangnya acara yang disebut Halal Bihalal. Halal Bihalal diartikan sebagai hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan, biasanya diadakan di sebuah tempat oleh sekelompok orang.

Bagi masyarakat Indonesia, Idul Fitri dan Halal Bihalal bagaikan dua sisi mata uang yang tak bisa terpisahkan saling terkait mempercantik nuansa masing-masing. Hari Raya Idul Fitri merupakan perayaan tahunan yang sifatnya syar'i, dalam artian bahwa eksistensinya memang ditetapkan oleh syariat. Lain halnya dengan Halal Bihalal yang status syar'i-nya masih debatable di kalangan ulama, karena ia merupakan produk asli Indonesia baik sisi penamaannya maupun cara pelaksanaannya.

Seperti yang terlihat di halaman Koramil 0814/15 Mojowarno, suasana kekeluargaan jelas terasa dalam pelaksanaan Halal Bihalal yang digelar oleh Koramil 0814/15 Mojowarno bersama muspika, mantan personil Koramil Mojowarno dan puluhan tokoh masyarakat setempat, karena berbagai kegiatan yang padat acara Halal Biahalal baru bisa dilaksanakan pada hari Rabu 20 Juli 2016 petang kemarin. Danramil 0814/15 Mojowarno Kapten Inf Chusnul mengatakan Halal Bihalal dilaksanakan dalam rangka melestarikan tradisi saling memaafkan antar muspika setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H/2016 M.

" Perjalanan hidup manusia senantiasa tidak bisa luput dari dosa oleh karena itu, perlu upaya mengembalikan kembali pada kondisi sebagaimana asalnya, selain sebagai sarana memupuk, memelihara, dan mempererat tali silaturahim antara muspika baik anggota TNI dan masyarakat setempat," jelasnya.

Selain dihadiri jajaran Koramil 0814/15 Mojowarno, hadir pula Muspika Kecamatan Mojowarno, Mantan Anggota Koramil 15 Mojowarno, Persit Koramil 0814/15 para tokoh agama, adat, hingga tokoh pemuda dan perwakilan masyarakat lainnya. " Harapan kita melalui acara Halal Bihalal ini bisa menjadi hubungan silahturahmi yang berkelanjutan serta acara ini termasuk reuni dan sarana personil Koramil untuk menjalin persaudaraan dengan mantan personil Koramil yang sudah Purnawirawan " ujarnya.(andre)

0 komentar:

Posting Komentar