Pages - Menu

Pages - Menu

Sabtu, 02 Juli 2016

Wagub : Mudik Bareng Gratis Mampu Tekan Angka Kecelakaan



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Wakil Gubernur Jawa Timur, H Saifullah Yusuf menyatakan salah satu gagasan pemerintah yang bisa menekan angka kecelakaan di jalan raya adalah mudik bareng gratis. Terlebih, menjelang lebaran transportasi darat  semakin padat.

“Program ini adalah hasil dari kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan PT KAI dan beberapa pihak swasta. Harapannya agar masyarakat dapat mudik secara mudah dan aman sekaligus mengurangi angka kecelakaan,” kata Wagub yang akrab disapa Gus Ipul saat meninjau pemberangkatan Mudik Bareng Gratis Kereta Api (KA) di Stasiun Gubeng Surabaya, Jumat (1/7) pagi.

Manfaat Mudik Bareng Gratis lainnya, tambah Gus Ipul, adalah dapat mengurangi volume kendaraan yang seringkali menjadi penyebab utama kemacetan. Antrian di stasiun dan terminal juga dapat dipastikan akan berkurang. “Kita berusaha mencari solusi supaya masyarakat dapat terlayani dengan baik,” terangnya didampingi Kadishub LLAJ, Wahid Wahyudi.

Di Jawa Timur, Ia mengungkapkan tidak kurang dari 9 juta orang hilir mudik dalam rangka hari raya Idul Fitri. Angka tersebut cukup signifikan mengingat berlangsung pada waktu yang relatif bersamaan. Sementara yang tertampung dalam program Mudik Bareng Gratis tahun ini sebanyak 113.080 orang, jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yakni 89.000 orang.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan sesuai jadwal Angkutan KA mudik gratis berlangsung mulai pada 1 hingga 5 Juli 2016, sementara perjalanan balik gratis dimulai 8 Juli hingga sampai 12 Juli  2016. Program ini tersebut merupakan hasil kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan LLAJ  dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi 8 (Daop 8) Surabaya.

Ia mengungkapkan khusus untuk KA Probowangi  relasi Surabaya  Gubeng-Banyuwangi  dan  KA Tawang   Alun relasi Malang – Banyuwangi  mudik gratis berlaku mulai tanggal 3 - 5 Juli. Pada arus balik untuk KA Probowangi mulai tanggal 8 – 10 Juli,  sedang KA Tawang Alun untuk arus balik hanya tanggal 8 dan 9 Juli 2016 mendatang.

Program mudik dan balik gratis tahun 2016, sambungnya, disiapkan sebanyak 14 perjalanan KA dengan tujuan berbagai kota di Jawa Timur daftar KA dan tujuan  dengan jumlah tiket  11.785 per hari atau total 113.080 tiket selama pelaksanaan mudik dan balik gratis tahun 2016.

Suprapto menjelaskan bagi masyarakat yang ikut mudik gratis dengan KA pada pemesan tiket mudik gratis wajib menyertakan foto kopi KTP atau Kartu Keluarga (KK)  atau KTM dan Kartu Pelajar bagi pelajar atau mahasiswa. Satu pemesan dibatasi hanya maksimal 4 tiket untuk empat orang.

Tiket yang sudah didapat oleh pemudik/balik gratis tidak bisa dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain. Sementara begasi barang bawaan penumpang yang melebihi dari ketentuan yang berlaku akan dikenakan biaya sesuai dengan  peraturan. “Pemesanan tiket mudik dan balik gratis hanya dapat dilayani di stasiun – stasiun yang di lewati KA mudik dan balik gratis tahun 2016. Perlu diwaspadai PT KAI Daop 8 Surabaya akan memberi tiket khusus bagi penumpang mudik gratis,” tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar