Pages - Menu

Pages - Menu

Minggu, 11 September 2016

Babinsa 05/Kwanyar Bersama Petani Panen Kacang Tanah



KABARPROGRESIF.COM : (Bangkalan) Anggota Koramil 05/Kwanyar, Babinsa Duwek Buter Kopda Lukman melaksanakan panen tanaman kacang tanah mulik Ibu Sona Kelompok Tani Desa Duwek Buter Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Minggu (11/9).

Danramil 05/Kwanyar  Kapten Inf Mediyono mengatakan “areal tanaman kacang tanah seluas kurang lebih 1 hektar, kegiatan ini dikerjakan mulai dari penyiapan lahan, penanaman sampai dengan panen kurang lebih 3 bulan, berarti dalam 1 tahun bisa panen 3 kali”, ujarnya.

Teknis penanaman kacang tanah ini, lanjutnya hanya sekali memerlukan air, pada saat awal penanaman sampai menunggu masa panen. Sehabis itu hanya penyemprotan daun agar terhindar dari serangan hama.

‎Setelah berumur tiga bulan, lanjutnya, kacang hijau siap dipanen, setelah dipanen, kacang hijau lalu di jemur beberapa jam, sudah kering dengan cara manual petani memukul kulit kacang hijau yang masih berkulit hingga kacang terlepas dari kulit.

“Kalau sudah terlepas dari kulitnya, kacang sudah siap untuk di jual dipasaran. Kalau sekarang harganya lumayan tinggi, petani dapat untung lumayan,” ujarnya. (andre)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar