Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 17 September 2016

Babinsa Bersama PPL Kecamatan Geger Bangkalan, Sosialisasikan Penanaman Kedelai



KABARPROGRESIF.COM : (Bangkalan) Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Geger jajaran Kodim 0829/Bangkalan Sertu Syaifudin dan Serda Pujiono bersama PPL dan Kelompok Tani Jaya Mulya melaksanakan sosialisasi cara penanaman kedelai unggulan, bertempat di rumah Bapak Sonhaji Desa Lerpak Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan. Jum’at (16/09/2016)

Terkait dengan sosialisasi kedelai, kerja sama yang erat antara Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian dan Babinsa diharapkan bisa memenuhi target produksi kedelai di Bangkalan.

Demikian disampaikan Kapten Inf S. Joko Darmawan, Komandan Koramil 15/Geger saat ditemui media ini di sela-sela kegiatan Sosialisasi cara penanaman kedelai unggulan, Jum’at (16/09). Dikatakan Kapten Inf S. Joko Darmawan, Babinsa sudah lebih siap,  sebab dengan semakin banyaknya pembekalan, tentunya kemampuan juga semakin meningkat.

“Apalagi kegiatan ini sudah berjalan setahun lebih, tentunya hubungan akan semakin erat antara Babinsa dan PPL. Kami harapkan tujuan swasembada pangan tahun 2017 bisa tercapai khususnya di kabupaten Bangkalan,” tegasnya.

Tantangan terberat yang dihadapi petugas di lapangan kata Kapten Inf S. Joko Darmawan, adalah cuaca karena lahan pertanian kita masih bergantung terhadap hujan. Saat sudah menanam tapi hujan tak kunjung turun, sehingga otomatis tanaman akan terjadi puso.Selain itu masalah distribusi pupuk juga sambungnya, tidak sesuai penyerapan dimana produsennya tidak mampu memenuhi kebutuhan di kabupaten Bangkalan.

Kuotanya memang tidak ada masalah, namun lanjut Kapten Inf S. Joko Darmawan persoalan distribusi yang kadang menjadi masalah. Dari produsen sanggup,tapi tahun kemarin saat sudah berjalan pertengahan tahun ada pergantian produsen sehingga bermasalah.

“Tahun ini sejak awal sudah dipastikan tidak akan pergantian produsen lagi sehingga tidak terjadi keterlambatan distribusi pupuk sehingga diharapkan tahun ini hasil produksi bisa meningkat,” ungkapnya.

Terkait sosialisasi penanaman kedelai dilakukan untuk mempersiapkan dan menyamakan persepsi antara petugas PPL Pertanian dan Babinsa terkait areal tanam, luas lahan dan target produksi yang akan dicapai. (andre)

0 komentar:

Posting Komentar