Pages - Menu

Pages - Menu

Sabtu, 10 September 2016

Babinsa Koramil 04/Burneh Olah Lahan Persiapan Tanam Jagung



KABARPROGRESIF.COM : (Bangkalan) Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Burneh jajaran Kodim 0829/Bangkalan Sertu Tutur, melaksanakan pendampingan pertanian di wilayah desa binaan, mendampingi petani mengolah lahan sebelum masa tanam jagung. Pengolahan lahan jagung seluas 1 hektare tersebut merupakan milik Romli (48), warga Desa Binoh Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan.Sabtu, (10/09/2016)

Menurutnya, Cuaca kali ini diperkirakan sudah memasuki musim kemarau, jadi kami harus gerak cepat persiapkan pengolahan lahan untuk ditanami jagung. “Alhamdullah kami merasa terbantu dengan kehadiran Babinsa Sertu Tutur yang selalu pro aktif membantu mendampingi pertanian di desa kami,” kata Romli.

Menurut Komandan Rayon Militer (Danramil) 04/Burneh Kapten Cpl Subandi, menyampaikan,  kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa  itu sangatlah penting, selain untuk memberikan motivasi para petani juga bertujuan untuk  mendukung tercapainya program swasembada pangan nasional, khususnya di wilayah Kabupaten Bangkalan.

Kapten Cpl Subandi menambahkan, guna mencapai tujuan tersebut, diperlukan kerjasama seluruh elemen masyarakat mulai dari para petani, kelompok tani, petugas PPL dan Babinsa. "Dikaitkan dengan permasalahan saat ini dengan keterbatasan petugas di lapangan, Babinsa ikut berperan aktif dalam melaksanakan pendampingan program upsus pertanian guna mencapai program swasembada pangan," tutur Kapten Cpl Subandi.

"Seiring datangnya pergantian musim para petani diharapkan bergerak cepat untuk menanam jagung. Penyiapan lahan menjadi awal pekerjaan petani, dengan pengolahan lahan yang benar diharapkan nantinya tanaman jagung akan tumbuh subur tentunya juga harus dibarengi dengan pemupukan dan pemberantasan hama atau OPT yang tepat pula," pungkas Kapten Cpl Subandi. (andre)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar