Pages - Menu

Pages - Menu

Senin, 05 September 2016

Dishub dan LLAJ Jatim Bekali Pengemudi Angkutan Dengan Tertib Lalu Lintas



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Kepala UPT Dinas Perhubungan Jawa dan LLAJ Jawa Timur Suparno menerangkan banyak pengemudi angkutan umum yang sering melakukan pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas. Dan hal ini dilakukan adanya target yang diterapkan oleh perusahan menjadikan faktor utama pengemudi angkutan umum sering mengabaikan keselamatan penumpang

Menanngapi hal tersebut, Dinas Perhubungan tiada hentinya untuk   melakukan pembinaan tertib berlalu lintas sesuai dengan Standard Operasional Prosedur ( PSO ) terhadap para pengemudi angkutan umum.

Suparno menjelaskan, bukan hanya sopir bus, sopir angkutan umum, hingga sopir taksi yang diberi pembekalan baik. itu tentang Pengetahuan Teknis dan Layak Jalan kendaraan Bermotor, ataupun Pelayanan angkutan umum.

"Kita harap ada perubahan perilaku, karena pengemudi itu kan ujung tombak transportasi. Bagimana sopir itu dapat taat pada peraturan lalu lintas, cara mengemudinya bagaimana. Memang ada PO bus yang memberlakukan sistem protesentase, target, itu bisa pemicu sopir ugal-ugalan," kata Suparno  saat ditemui usai acara pada Jum'at (2/9/2016).

Pembekalan ini tidak hanya pengemudi yang dinilai kompeten,namun, masih kata Suparno.pihaknya yang akan memberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti pemilihan Abdi Yasa Teladan tingkat Nasional yang direncanakan digelar pada 13-17 September 2016.

"Kita akan berangkatkan 2 tim ke Jakarta mereka yang terbaik. Kalau sekala Jatim terdapat 5 besar nah yang terbaik 1 dan 2 kita berangkatkan ke ajang nasional," terang Suparno

Dalam pembekalan yang dilakukan terdapat 58 peserta yang merupakan perwakilan terbaik dari Kabupaten, Kota dan Perusahaan Angkutan. Adanya pemilihan Abdi Yasa Teladan sebagai upaya merubah sikap pengemudi supaya tertib dan ikut bertanggung jawab agar lalu lintas lancar.

Sekembalinya dari kegiatan ini para sopir diharapkan dapat menerapkan didaerah masing-masing. Sopir yang mempunyai integritas dan tertib dipercaya dapat menjadi panutan teman-teman seprofesinya. (Dji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar