Pages - Menu

Pages - Menu

Selasa, 11 Oktober 2016

Risma Bakal Ubah Gedung Baru SMKN Jadi SMPN



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN)  baru yang dibangun Pemkot Surabaya, akan di ubah menjadi SMPN. Langkah itu ditempuh karena SMK tersebut tidak lagi di kelola Pemkot Surabaya, karena pada  tahun 2017 pengelolaan SMK dan SMA diambilalih Pemprov Jatim.

Wali Kota Tri Rismaharini mengatakan SMP di Surabaya sendiri dirasakan  masih kurang.

“Mungkin nanti SMK yang baru jadi SMP,” katanya Risma, sapaan wali kota.

Dengan rencana tersebut, maka SMKN baru ini tidak diserahkan ke Pemprop Jatim.

”Bisa jadi tak diserahkan (ke pemprov, red),” katanya.

Berdasarkan data Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Kota (CKTR) Surabaya, tahun 2016 ini Pemkot membangun SMKN Tanah Kalikedinding  Kelurahan  Tambakwedi Kecamatan Semampir dan SMKN di  Dukuh Lempung, Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep. Sedangkan SMKN di Tengger Kandangan sudah tuntas tahun 2015.

Risma juga menegaskan Pemkot Surabaya tidak mengalokasikan anggaran pendidikan untuk SMK dan SMA pada tahun 2017. Sebab, pihaknya tidak mau akan jadi masalah di kemudian hari.

“Pemkot memang tidak menganggatkan tahun 2017 nanti.  Kalau dianggarkan apakah ada jaminan nanti sekolah mereka tak bayar,” tegasnya.

Ia menambahkan jika pihaknya memberikan uang kepada Pempov Jatim,  adalah kesulitan untuk mengontrolnya. Padahal mencari uang itu juga sulit.

“Jadi yang menjadi pikiran saya adalah nanti banyak siswa yang putus sekolah gara-gara tidak bisa membayar SPP,” tegasnya.

Sementara itu proses gugatan yang dilakukan beberapa wali murid di Surabaya terhadap UU pemerintahan daerah  hingga kini belum ada keputusan dari MK. Dalam gugatan tersebut, mereka meminta pengelolaan SMK dan SMA tetap dikelola Pemkot Surabaya. (arf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar