Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 05 Februari 2018

Komandan Kodiklatal Terima Tim Wasrik BPK RI


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Seiring dengan proses reformasi birokrasi dalam tubuh TNI dalam mewujudkan terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dan pemerintahan yang bersih dan berwibawa (Clean Government) Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P menerima kunjungan Tim Pengawas dan Pemeriksa (Wasrik) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia di Loby Gedung Ki Hadjar Dewantara Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Senin, (5/2).

Dalam menerima Kunjungan tersebut Komandan Kodiklatal didampingi Pejabat Utama Kodiklatal diantaranya para Direktur, Komandan Kodik, Komandan Pusdik.  Sementara itu pejabat BPK RI yang hadir antara lain  Mustamin, S.E sebagai Kepala Tim, Evy Citawaty, S.H. selaku Kasubtim dan Dody Iskandar M. S.E, Sigit Wira Pratama, S.E serta Imam Santoso, S.E selaku anggota.

Dalam sambutannya Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H, M.A.P menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim dari BPK RI dengan harapan penyambutan yang sederhana ini berkenan di hati dan tidak mengurangi kenyamanan dalam melaksanakan tugas di kodiklatal.

Menurutnya proses reformasi birokrasi dalam tubuh TNI dalam mewujudkan terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dan pemerintahan yang bersih dan berwibawa (Clean Government) yang berpedoman pada prinsip-prinsip profesionalitas, akun-tabilitas, efisiensi dan efektivitas, serta supremasi hukum, berpengaruh terhadap pengelolaan organisasi.

Sebagai bagian integral dari unsur pemerintah yang menggunakan anggaran negara untuk pemenuhan kebutuhannya lanjutnya,  organisasi TNI AL dalam penyelenggaraan  kegiatan perlu adanya pengawasan dan pemeriksaan yang bertujuan untuk lebih memper-tajam pencapaian sasaran pelaksanaan tugas dan menekan sekecil mungkin potensi terjadinya penyimpangan, kesalahan prosedur maupun pemborosan sehingga pelaksanaan tugas dapat tercapai secara berdaya guna dan berhasil guna.

Sehubungan dengan hal tersebut, pemeriksaan tim Wasrik BPK RI adalah dalam rangka mengemban salah satu fungsi manajemen, yaitu melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan sekaligus mengukur sejauh mana program kerja yang telah dilaksanakan, serta untuk mengetahui apakah sudah mencapai sasaran yang ditetapkan.

Oleh karena itu, Komandan Kodiklatal berharap kepada para pejabat Kodiklatal sebagai objek pemeriksaan agar dapat memberikan informasi data yang akurat kepada tim pemeriksa BPK RI, sehingga apabila ada laporan keuangan yang kurang sesuai dengan prosedur dan peraturan perundangan yang berlaku, dapat diupayakan solusi pemecahannya secara cepat, sehingga ke depan kinerja Kodiklatal lebih optimal dan berdayaguna. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar