Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 21 November 2021

Dankodiklatal Buka Dikmapa PK TNI AL ke-28 Khusus Tenaga Kesehatan TA 2021


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat secara resmi membuka Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-28 Khusus Tenaga Kesehatan TA 2021 yang dilaksanakan di gedung Betelguese Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis, (18/11/2021).

Pembukaan pendidikan tersebut diikuti 40 siswa Dikmapa yang sebelumnya telah menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan di Akmil Magelang Jawa Tengah. Dari 40 Perwira Siswa tersebut dengan rincian 24 orang dokter umum, 3 orang dokter gigi, 2 orang Sarjana Gizi, 7 orang Apoteker, 3 orang Sarjana Keperawatan dan 1 orang sarjana elektro medis.

Para siswa Dikmapa PK ini sebelumnya melaksanakan pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan selama lima bulan di Akmil Magelang yang mampu mengubah pribadi yang berasal dari masyarakat umum menjadi perwira TNI Angkatan Laut, memiliki sikap mental dan kepribadian, pengetahuan dan keterampilan serta kesamaptaan jasmani sebagai seorang perwira yang andal dan cakap.

Pasis Dikmapa PK TNI AL angkatan ke-28 TA 2021 ini akan menempuh pendidikan di Kodiklatal selama 5,5 bulan, terbagi dalam dua tahap. Pertama, para perwira siswa akan mengikuti pendidikan tahap lanjutan gabungan (kematraan) di sekolah fungsi Pusdiklapa selama 1,5 bulan. Setelah itu, dilanjutkan tahap dasar golongan lanjutan profesi di Pusdikkes selama 4 bulan.

Adapun tujuan dari pendidikan pertama perwira adalah mendidik perwira siswa agar menjadi perwira TNI AL yang memiliki kemampuan profesi, kepemimpinan dan kesamaptaan jasmani prajurit matra laut yang mampu berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntutan fungsi teknis yang diarahkan pada spektrum pekerjaan dalam penugasan awal di kapal maupun organisasi TNI AL lainnya, serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI AL masa depan guna mendukung terwujudnya organisasi yang profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.

Sebagai lulusan yang berasal dari perguruan tinggi diyakini bahwa para Perwira Siswa akan mampu menjadi prajurit TNI AL yang dapat diandalkan dalam mengemban setiap tugas negara, memiliki kemauan untuk berkembang dengan berupaya meningkatkan kemampuan pribadi melalui pendidikan umum dan militer serta melaksanakan penugasan melalui tour of duty dan tour of area.

Hadir dalam pembukaan tersebut para Pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik Kodiklatal, para Direktur dan Komandan Kodik dijajaran Kodiklatal. (PenKodiklatal)

0 komentar:

Posting Komentar