Pages - Menu

Pages - Menu

Kamis, 04 November 2021

Masih Dari Fase Pangkalan, Diskusi Tentang Hukum Laut Warnai Latma CARAT 2021


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Hari ke-2 Latma CARAT 2021 pada  Fase Pangkalan (Shore Phase), para peserta dari delegasi TNI AL dan US Navy terlibat dalam forum Subject Matter Expert Exchange (SMEE) atau saling bertukar keahlian dan kemampuan di bidang hukum khususnya tentang Hukum Laut. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Diskomlek Koarmada II, Selasa (2/11).

Dalam forum Legal SMEE, peserta dari delegasi TNI AL diwakilkan oleh personel dari Diskum Koarmada II, Diskum Lantamal V, dan perwira Satkor. Sementara materi dipaparkan oleh pembicara secara virtual melalui vicon.

Pembicara pertama yakni dari TNI AL , Mayor Laut (KH) Junior Hecta Sukma Wardana , S.H.M.H. dari Diskum Koarmada I dengan topik Penegakkan Hukum Di Laut berdasarkan Unclos 1982.

Sedangkan dari US Navy, hadir personel Judge Advocate General’s (JAG) Corps  yakni LCDR Neil D’arco dan LT Jason Kim yang memaparkan tentang Sistem Kapal Tanpa Awak. 

Selain Legal SMEE, di tempat yang sama pada siang hari dilaksanakan  Seminar Maritime Domain Awareness (MDA ) Carat 2021. Hadir sebagai narasumber dari TNI AL yakni Komandan KRI Tombak 629 Letkol Laut (P) Moch Reza Achwandi, dan diikuti oleh perwakilan perwira pertama dari unsur Satkor dan Satkat Koarmada II.

Sedangkan dari US Navy melalui vicon menghadirkan LTJG Sean Kesluk  (MDA iniative overview), Mr.Alvin Yu ( Sea Vision Program Updates Dan Training), dan  Alexandru Chiric ( Iris Project Dan Fuether Development).

Di tempat berbeda yakni Puslatkaprang Kolat Koarmada II, EOD Team USN masih melanjutkan kegiatan pengenalan materi latihan dan peralatan latihan bersama peserta dari Satkopaska dan Satran Koarmada II.

Jika kemarin mengenai baju pengaman dari bahaya kimia, kali ini mereka mengenalkan tentang UUV (Unmanned Underwater Vehicle) dan ROV (Remotely Operated Vehicle), dan peralatan REMUS M-18 MOD 1 DAN 2, Rov Defender.

Materi dibawakan dengan gamblang oleh tiga anggota USN EOD Team yakni EOD 2 Walker, EOD 1 Kresge,dan EOD 2 Sims. Sedangkan Instruktur dari Satran dan Satkopaska yakni Kapten Laut (E) Edo, Lettu Laut (P) Christopher, dan Lettu Laut (P) Isyack.

Fase pangkalan dijadwalkan akan  berlangsung hingga tanggal 5 November 2021, dan selanjutnya akan memasuki Fase Laut dari tanggal 6 hingga 10 Nopember 2021.

Terpisah, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) mengimbau kepada peserta Latma CARAT 2021agar melaksanakan dan mengikuti setiap sesi latihan dengan serius dan profesional.

“ Sebab melalui latihan ini, para prajurit TNI AL diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan sharing pengetahuan operasi, juga mampu mewujudkan persahabatan dengan personal US Navy melalui interaksi selama latihan berlangsung. Selain itu dapat meningkatkan hubungan kerjasama dan interoperabilitas antara angkatan laut kedua negara yang selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M.” ujar Pangkoarmada II. (Dispen Koarmada II)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar