Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 02 November 2021

Masuki Tahap Sea Phase, Dansatgas New Horizon 2021 Tekankan Keselamatan Personel


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Latihan bersama bilateral TNI Angkatan Laut dengan Royal Australian Navy (RAN), telah memasuki tahap Sea Phase atau manuver lapangan di perairan Laut Jawa dan Bali, pada tanggal 31 Oktober - 3 November 2021, yang berupa latihan Photoex, RAS Approach, SURFEX dan GUNEX, dan  MIOEX.

Untuk kesuksesan puncak latihan tersebut, Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 selaku Komandan Satgas Latma New Horizon 2021, Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji menekankan kepada seluruh personel satgas untuk mengutamakan keselamatan mereka selama latihan berlangsung.

"Keselamatan personel selama latihan adalah hal utama, begitu juga keamanan terhadap bahaya navigasi. Sebab keduanya menjadi kesuksesan dan kelancaran latihan," tegas Kolonel Sumarji,  saat memberikan briefing dalam Pre Sail Brief yang dilaksanakan Sabtu sore (30/10/2021) di Ruang TFG Puslatkaprang Komando Latihan (Kolat) Koarmada II.

Kegiatan ini ikut dihadiri oleh Dansatkor Koarmada II Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo sebagai Exercise Director / EXDIR, kemudian Dankolat Koarmada II Kolonel Laut (P) Mulyadi,Komandan KRI Malahayati-362 , dan CO HMAS Anzac CDR David McPherson, (sebagai Deputy Commander CTG 21.1), serta para perwira kapal perang yang terlibat latma. 

Sementara itu RAN Naval Attache, Capt Rodney J.Griffith yang ikut hadir menambahkan, bahwa Latma ini bermanfaat untuk meningkatkan hubungan pertemanan antar perwiraTNI AL - RAN hingga di masa yng akan datang.

Sebelumnya para perwira yang tergabung dalam Tim Departemen Operasi dari KRI GNR-332 & KRI MLH-362, juga HMAS Anzac F-150 serta Pilot dan Copilot Heli Panther HS-4209 melaksanakan Exercise Briefing di tempat yang sama.

Kegiatan yang berlangsung virtual tersebut dimanfaatkan untuk saling menyamakan persepsi terkait konsep serial latihan saat manuver, antara TNI AL Koarmada II dengan RAN.

Saling menyamakan persepsi konsep latihan menurut Komandan Satgas, adalah hal penting guna kesuksesan dan kelancaran latihan bilateral yang telah berlangsung selama bertahun-tahun tersebut. 

Ditempat terpisah,  Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto,  S.H.,M.A.P.,M. Tr. (Han) mengungkapkan jika Latma New Horizon adalah kesempatan baik untuk mempererat komunikasi dan bertukar pikiran. Selain itu juga upaya meningkatkan hubungan kerjasama, interoperability  dan pemahaman antara personel TNI AL dan RAN yang selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar