Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 18 November 2021

Resmi Dilantik, Presiden Jokowi Serahkan Tongkat Komando Panglima TNI ke Jenderal Andika Perkasa


KABARPROGRESIF.COM: (Jakarta) Jenderal TNI Andika Perkasa resmi menjadi Panglima TNI usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu (17/11/2021). 

Dalam kesempatan tersebut, Andika menerima tongkat komando Panglima TNI yang diserahkan Jokowi.

Pengangkatan Andika sebagai Panglima TNI berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 106 TNI Tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI.

Dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Jokowi memberhentikan dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto dari jabatannya sebagai panglima TNI. 

Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasa Hadi yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara RI selama memangku jabatan tersebut.

Kemudian, Jokowi mengangkat Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

"Kedua, mengangkat jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI RI," ucap Tonny seperti yang dikutip melalui siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/11/2021).

Keputusan tersebut berlaku sejak pelantikan dilaksanakan. Setelah itu, Andika mengucap sumpah jabatan dengan mengulangi apa yang disampaikan Jokowi.

"Apakah saudara bersedia diambil sumpah jabatan?," tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab Andika.

Usai mengucap sumpah jabatan, keduanya menandatangani berita acara yang disaksikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Proses pelantikan ditutup dengan pemasangan lambang pangkat yang dilakukan Jokowi kepada Andika. Selain itu, Jokowi juga menyerahkan tongkat komando Panglima TNI untuk Andika.

0 komentar:

Posting Komentar