Pages - Menu

Pages - Menu

Selasa, 08 Maret 2022

Dampingi Aspers Kasal, Kaskoarmada II Pantau Tes Garjas Pama Lulusan AAL Di Wilayah Surabaya


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Mendampingi Asisten Personel (Aspers) Kasal, Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi, Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi  ikut memantau  pelaksanaan  tes Kesegaran Jasmani atau Garjas bagi  para Perwira Pertama Lulusan AAL wilayah Surabaya, yang berlangsung di Lapangan Jala Krida Mandala, AAL Surabaya. Senin (07/03).

Tes Garjas rutin digelar dua kali dalam setahun, periode pertama digelar antara bulan Januari hingga Juli dan periode kedua antara bulan Juli hingga Desember 2022. Sebanyak 329 personil Pama (Perwira Pertama) mengikuti  tes tersebut, yang terdiri dari 319 Personil dari Koarmada II dan 10 Personil dari Akademi Angkatan Laut (AAL).

Guna mengantisipasi timbulnya kejadian yang tidak diharapkan, sebelum melaksanakan tes Garjas seluruh peserta melaksanakan pemeriksaan kesehatan lanjut pemanasan.  

Adapun materi garjas terdiri dari Batterai A Lari 12 menit, Baterai B meliputi Pull up ,Sit up dan Shuttle Run dilanjutkan dengan baterai C meliputi tes renang sejauh 50 meter.

Menurut Aspers Kasal, tes kesegaran jasmani bagi perwira pertama TNI AL ini merupakan program kerja bidang Personil dalam membentuk sikap kesamaptaan prajurit matra laut khususnya pada level Pama.

“Tes garjas ini sangat penting karena dapat menjadi motor penggerak organisasi pada level teknis, sebagaimana bagi pengembangan para perwira pertama yang masih panjang menjalani berbagai pendidikan pengembangan seperti Dikspespa, Diklapa dan Sesko TNI AL yang nantinya akan dilalui dengan proses seleksi yang sangat ketat dimana salah satu syarat melalui tes kesamaptaan jasmani," terang Aspers Kasal.

Sementara itu Kaskoarmada II menyampaikan jika Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, mendukung penuh pembinaan fisik para perwira Koarmada II utamanya di level Pama dan lulusan AAL. 

Sebab hal ini selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yakni terkait pembinaan SDM TNI AL yang unggul dan profesional. (Dispen Koarmada II)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar