Pages - Menu

Pages - Menu

Senin, 21 Maret 2022

KRI Ajak-653 Dukung Ekspedisi Rupiah Berdaulat, Kas Keliling Kepulauan 3T


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) KRI Ajak-653 dibawah unsur Satuan Kapal Cepat Koarmada II, dengan komandan Letkot Laut (P) Saifudin Zukhri turut serta mendukung program ekspedisi Rupiah Berdaulat “Kas Keliling Kepulauan 3T” dengan mengunjungi lima Pulau Terdepan, Terluar, dan Terpencil di Indonesia, pada Senin (21/03).

Adapun pulau-pulau yang dituju oleh KRI Ajak yang saat ini tengah melaksanakan operasi gabungan Alur Samodra-22 di Bawah Kendali Operasi Danguskamla Koarmada II, yaitu Pulau Halura, Pulau Raijua, Pulau Sawu, Pulau Ndoo dan Pulau Rote Nusa Tenggara Timur (NTT). Program Kas Keliling Kepulauan 3T ini bertujuan untuk menunjang program kerja Bank Indonesia.

Tim ekspedisi Rupiah Berdaulat sendiri bertujuan menyediakan uang rupiah layak edar dalam jumlah nominal yang cukup, pecahan yang sesuai dan tepat waktu. 

Sebelum melaksanakan ekspedisi, terlebih dahulu dilaksanakan Upacara Pelepasan Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat yang dipimpin langsung oleh Ibu Eva Aderia Simanjuntak, sebagai Direktur Departemen Pengelolaan Uang, dan hadir pula Waasops Kasal Laksma TNI Wasis Priyono S.T M.Tr.(Han), Danlantamal VII Kupang Laksma TNI Heribertus Yudho Warsono, yang turut melepas keberangkatan Tim ekspedisi di Dermaga Lantamal VII Kupang, NTT.

Terpisah Komandan Guskamla Koarmada II, Laksamana Pertama TNI I G. P. Alit Jaya, menyampaikan bahwa kegiatan Kas Keliling 3T merupakan kerjasama Bank Indonesia dengan TNI Angkatan Laut dalam konteks pendistribusian uang rupiah, dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI melalui penggunaan rupiah sebagai alat pembayaran yang sah.

Sementara disisi lain menurut Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, Kegiatan Kas Keliling ini perlu dilaksanakan mengingat masyarakat maritim yang tinggal di wilayah tersebut merupakan Warga Negara Indonesia yang perlu untuk dilayani, khususnya terkait dengan kebutuhan uang rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup untuk mendukung perputaran uang di wilayah Kepulauan 3T di NTT.

Laksda Iwan menambahkan bila ekspedisi ini juga selaras dengan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. (Dispen Koarmada II)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar