Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 21 Maret 2022

Pasukan Respons Cepat on Hand Brimob Polda Lampung Spesialis Konflik Sosial


KABARPROGRESIF.COM: (Lampung) Pasukan Respon Cepat Power On Hand dari Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Polda Lampung resmi dikukuhkan Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno di Mapolda Lampung, Senin (21/3) pagi.

Hendro menyatakan, pasukan atau kompi ini merupakan spesialis dalam menanggulangi masalah yang ada di Provinsi Lampung. 

Selain itu, sebanyak tiga kompi disiapkan dengan jumlah sebanyak 135 personel.

"Pembentukan Kompi Reaksi Cepat Power On Hand Kapolda ini untuk menanggulangi kejahatan atau konflik sosial yang perlu penanganan cepat oleh personel Brimob Polda Lampung," ungkapnya.

Pasukan ini pun dilatih memiliki kemampuan seperti antianarkis, penanggulangan terorisme, dan penjinakan bom, serta pertempuran baik di hutan maupun di kota.

"Pasukan ini pun tak hanya menanggulangi permasalahan yang ada di Lampung, tetapi juga memberikan rasa aman terhadap pendatang seperti yang akan berwisata, berinvestasi, dan lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Lampung, Kombes Pol Wahyu Widiarso Suprapto, menuturkan beberapa tugas dari Pasukan Reaksi Cepat Power On Satbrimob Polda Lampung.

"Pasukan ini bersiap untuk menghadapi konflik sosial/rusuh massa pada tataran aksi kekerasan kolektif dan yang sudah bukan lagi pada tahap unjuk rasa damai," kata Wahyu.

Lanjutnya, juga turut jika adanya gangguan keamanan oleh kelompok bersenjata, penyelamatan pejabat negara selain presiden dan wakil presiden, serta pencarian dan penyelamatan pada situasi kontinjensi yang berdampak masif.

"Yakni, yang bisa mengakibatkan korban besar dan daerah terdampak cukup luas," pungkasnya. (*)

0 komentar:

Posting Komentar