Pages - Menu

Pages - Menu

Rabu, 13 April 2022

Inilah Yang Dilakukan Prajurit Satkopaska Koarmada II Agar Tidak Diketahui Musuh Saat Operasi Khusus


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Sebagai upaya memelihara dan meningkatkan kemampuan, serta keterampilan teknis maupun taktis dalam operasi khusus yang bersifat infiltrasi melalui bawah permukaan air dengan senyap tanpa diketahui oleh lawan maka Prajurit  Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II, melaksanakan Latihan Selam Tempur.

Infiltrasi tidak mengenal waktu, karenanya Latihan Selam Tempur dilakukan para Prajurit di malam dan siang hari di Kolam Kombasin Koarmada II, Senin (11/04/22).

Komandan Satkopaska Koarmada II, Kolonel Laut (P) Agus Yudho K., mengatakan bahwa Selam Tempur merupakan salah satu materi yang dilatihkan dalam Latihan Mingguan secara bertahap dan bertingkat oleh Kopaska Koarmada II. 

" Tujuannya untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit Kopaska, guna melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai pasukan Katak TNI AL, " kata Kolonel Agus Yudho.

Lebih lanjut Ia menyampaikan bila latihan yang dilaksanakan kali ini meliputi Orientasi Bawah Air, Selam Malam dan Selam Tempur. 

Selaku Penanggung Jawab Latihan, Agus Yudho menegaskan bahwa selam tempur malam hari merupakan salah satu teknik infiltrasi untuk masuk melalui bawah permukaan ke wilayah yang dikuasai oleh musuh.

"Selam tempur dilakukan melalui bawah permukaan yang harus dikuasai oleh prajurit Kopaska sebagai pasukan khusus TNI AL. Hal itu guna menunjang dalam melaksanakan tugas-tugas dan Operasi Khusus, " tegasnya.

Menurutnya berbeda dengan penyelaman menggunakan alat selam open circuit, penyelaman menggunakan close circuit pada Selam Tempur memiliki tingkat kerahasiaan yang tinggi dan lebih beresiko.

"Sehingga memerlukan kemampuan fisik yang prima dan penguasaan materi. Diharapkan kepada seluruh prajurit  Kopaska sebagai torpedo berjiwa (selam tempur), agar betul-betul serius dan memanfaatkan waktu latihan mingguan ini dengan sebaik-baiknya, supaya siap menjalani tugas-tugas operasi di masa mendatang, ” terang Kolonel  Agus Yudho.

Dansatkopaska Koarmada II menambahkan, bila Latihan Mingguan Satkopaska Koarmada II merupakan implementasi dari program prioritas Kasal, Laksamana TNI  Yudo Margono terkait penyelarasan doktrin, Ops-Lat dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi terkini, sebagaimana yang selalu  menjadi penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto kepada Prajurit. (Dispen Koarmada II)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar