Pages - Menu

Pages - Menu

Rabu, 13 April 2022

Presiden Jokowi Setujui Komandan Brimob Dijabat Bintang Tiga, Polri Siapkan Perpol


KABARPROGRESIF.COM: (Jakarta) Komandan Brimob (Dankorbrimob) Polri bakal diisi perwira tinggi dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) atau Bintang Tiga.

Hal itu sesuai Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 54 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara RI.

Menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Polri bakal segera menyusun Peraturan Kepolisian (Perpol) untuk mengimplementasikan perubahan ketentuan tersebut.

Dijelaskan Irjen Dedi Prasetyo, setelah perpres tersebut diteken Presiden Joko Widodo, diberikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Baru setelah itu dikirimkan ke Polri untuk ditindaklanjuti dengan melalui peraturan polisi (perpol).

"Dari Menpan baru dikirim ke Polri. Polri belum selesai di situ, masih harus membuat Perpol dalam rangka untuk mengubah Perpol yang lama," katanya, Rabu (13/4/2022).

Menurut Irjen Dedi Prasetyo, isi perpres baru bisa diimplementasikan di lapangan setelah Polri mengubah perpol terkait kepangkatan Dankorbrimob.

Irjen Dedi Prasetyo belum dapat menjelaskan rincian teknis perubahan lainnya dalam perpol terkait aturan baru itu.

"Kepangkatan-kepangkatan di Brimob berarti nanti Brimob bintang 3, Wadanbrimob bintang 2, kemudian danpas (Komandan Pasukan) bintang satu di bawahnya," ujarnya.

Di situs jdih.setneg.go.id, bagian lampiran perpres tersebut menuliskan jabatan Dankorbrimob diisi oleh pangkat Komjen.

Di lampiran yang sama dituliskan jabatan Dankorbrimob setara dengan eselon IA.

Pasal 22 Perpres 54/2022 itu menjelaskan Korps Brigade Mobil yang disingkat Korbrimob merupakan unsur pelaksana tugas pokok di bidang brigade mobil yang berada di bawah Kapolri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya menyatakan Kepala Korps Brigade Mobil (Brimob) bakal diisi jenderal bintang tiga.

Ini dalam rangka restrukturisasi di tubuh Brimob demi mengantisipasi peningkatan tantangan keamanan masyarakat yang semakin kompleks.

"Saat ini sedang berproses tentunya. Korbrimob dengan pengembangan ini akan kita tingkatkan, kita dorong untuk tambahan beberapa bintang dan juga Dankorbrimob sendiri kita tingkatkan untuk menjadi bintang tiga karena tugas dan tanggung jawabnya semakin berat," kata kapolri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar