Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 12 April 2022

Rahmat Bagja Dipilih Jadi Ketua Bawaslu Periode 2022-2027


KABARPROGRESIF.COM: (Jakarta) Rahmat Bagja dipilih sebagai Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Periode 2022-2027. 

Dia dipilih berdasarkan kesepakatan kelima anggota Bawaslu yang diambil melalui rapat pleno di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (12/4).

"Bapak Rahmat Bagja diberi amanah untuk memastikan proses kolektif kolegial kepemimpinan Bawaslu RI dapat berjalan sebaik-baiknya sebagai langkah memastikan pengawasan kualitas demokrasi kita akan mengalami kemajuan," kata anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat konferensi pers dan perkenalan pimpinan Bawaslu RI di Media Center Bawaslu, Jl MH Thamrin 14, Selasa (12/4).

Dalam kesempatan itu, Lolly juga memperkenalkan seluruh pimpinan Bawaslu periode 2022-2027. 

Mereka adalah Rahmat Bagja, Puadi, Totok Haryono, Herwyn Jefler H Malonda, dan Lolly Suhenty.

Sementara, Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan, dalam penetuan ketua Bawaslu, seluruh anggota sepakat secara bulat menunjuk Rahmat Bagja sebagai ketua Bawaslu RI periode 2022-2027.

"Pada saat mentukan proses pleno tidak ada perdebatan dalam menentukan ketua Bawaslu RI," kata Puadi.

"Kami ucapkan selamat kepada pak Rahmat Bagja dan itu pemilihannya sangat cair sekali," tandasnya.

Jokowi melantik tujuh komisioner Komisi Pemilihan Umum dan lima anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4). Pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pelantikan itu sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 33 P Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Pemilihan Umum. 

Kemudian Keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum. 

Setelah pembacaan surat keputusan yang dibacakan, Meril Oktiantri, Jokowi langsung memandu pembacaan sumpah.

"Demi Allah saya bersumpah, Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum, sebagai anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan perundangan dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945," kata Jokowi diikuti para anggota KPU dan Bawaslu.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh sunggunh jujur adil dan cermat demi suksesnya pemilihan umum DPR, DPD, dan DPRD, Presiden dan Wakil Presiden, serta dewan perwakilan rakyat daerah tegaknya demokrasi dan keadilan serta, serta mengutamakan kepentingan negara RI daripada kepentingan pribadi atau golongan," tandasnya.

Tujuh calon anggota KPU RI yang terpilih secara berurutan adalah:

1. Betty Epsilon Idroos

2. Hasyim Asy'ari

3. Mochamad Afifudin

4. Parsadaan Harahap

5. Yulianto Sudrajat

6. Idham Holik

7. August Melasz

Lima calon anggota Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027 yang ditetapkan adalah:

1. Lolly Suhenty

2. Puadi

3. Rahmat Bagja

4. Totok Hariyono

5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda

0 komentar:

Posting Komentar