Pages - Menu

Pages - Menu

Selasa, 05 April 2022

Saat KRI Sultan Iskandar Muda-367 Dipenuhi Bintang Sewaktu Patroli Di Awal Ramadhan 2022


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Bertepatan dengan awal bulan Ramadhan 1443H/2022, KRI Sultan Iskandar Muda-367 terpilih menjadi tuan rumah para pejabat tinggi UNIFIL dalam melaksanakan pertemuan/diskusi operasi. 

Para petinggi UNIFIL berpangkat bintang tersebut antara lain; UNIFIL Chief of Staff (COS) Brigadier General Hubert Gomart (Perancis), Maritime Task Force (MTF) Commander Rear Admiral Andreas Markus Mugge (Jerman), Commander Sector West Brigadier General Massimiliano Stecca (Italia), dan Commander Sector East Brigadier General Ramon Armada Vazque (Spanyol), Laut Mediterania (04/04/2022).

​Pertemuan para pemimpin UNIFIL ini selalu dilaksanakan secara teratur. Diskusi yang digelar berupa diskusi operasi seputar pekerjaan sesuai dengan sektor/bagian tugas dan tanggung jawab masing-masing di UNIFIL. 

Pada pertemuan kali ini, KRI SIM-367 yang sedang berlayar di Laut Mediterania sengaja dipilih sebagai tempat diskusi karena memiliki penilaian tersendiri, baik secara dedikasi, profesionalitas maupun loyalitas dalam setiap pelaksanaan tugas operasi dan latihan.

Disela-sela pertemuan tersebut, para pejabat juga  berkesempatan ikut langsung memantau Area of Maritime Operation (AMO) menggunakan helikopter AS 565 MBE Panther yang onboard di KRI SIM. Juga menerima short brief, melaksanakan tour ship dan menerima penghormatan dari Kapal Perang Negara Yunani HS Nikiforos Fokas pada serial latihan Miscex 805 (Mailbag Transfer) serta turut menyaksikan penampilan Tari Perang dari Papua yang ditampilkan oleh prajurit KRI SIM sendiri.

Tema Wise Kids at Sea pun dipilih mereka untuk menunjukkan semangat dari para pimpinan UNIFIL yang sedang berlayar di laut. 

“Kita memiliki ikatan yang kuat sebagai saudara dan meskipun sudah tidak muda lagi, namun dalam hati kita masih tetap muda, ” Kata MTF Commander Rear Admiral Andreas Markus Mugge kepada para rekan Jenderalnya. 

“Dan kita akan menghabiskan beberapa waktu berlayar di laut diatas kapal ini, ”tambahnya.

Sementara UNIFIL Chief of Staff (COS) Brigadier General Hubert Gomart, menyampaikan apresiasi atas profesionalisme dan semangat juang yang tinggi dari seluruh prajurit KRI SIM. 

Ia sangat antusias melihat aktifitas prajurit yang sedang bergiat di Pusat Informasi Tempur (PIT), Machinery Control Room (MCR), dan Anjungan saat tour ship. Kekaguman MTF Commander juga disampaikan kepada para “Wise Kids” atas kinerja prajurit KRI SIM dalam menjaga kondisi kapal, 

“This ship thirteen years old, but looks brand new (kapal ini berumur tiga belas tahun namun terlihat seperti kapal baru), ”ucapnya dengan kagum.

Menurut  Komandan KRI SIM-367 selaku Komandan Satgas (Dansatgas) MTF 28-M/UNIFIL ,Letkol Laut (P) Abdul Haris, Ramadhan tahun ini merupakan Ramadhan kedua bagi seluruh prajurit KRI SIM berada di daerah misi Lebanon. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat kerja seluruh prajurit dalam melaksanakan setiap tugas yang diperintahkan.

"Seperti halnya saat ini, meskipun sudah mulai berpuasa, para prajurit tetap bersemangat dalam memberikan kinerja terbaiknya didepan para Jenderal pimpinan UNIFIL. Hal ini sejalan dengan kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono untuk selalu menjalin hubungan baik dengan negara sahabat dalam rangka implementasi Diplomacy role TNI Angkatan Laut dimata dunia Internasional, ” pungkas Haris, sapaan karibnya. (Dispen Koarmada II)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar