Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 24 Agustus 2023

Dislambair Koarmada II Menggelar Latihan Ship Husbandry


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Guna meningkatkan kinerja dan professionalisme prajurit Koarmada II. Dinas Penyelamatan dan Penyelaman Bawah Air (Dislambair) Koarmada II sebagai satuan pelaksana dibawah Pangkoarmada II. 

Dengan Tugas pokok menyiapkan sistim penyelamatan dan penyelaman untuk mendukung tugas pokok Koarmada II. Pada Kamis (24/8). 

Melaksanakan latihan mingguan khusus Ship Husbandry dan tes peralatan Underwater Thickness Measurement yang dimiliki oleh Dislambair Koarmada II. 

Latihan tersebut bertempat di KRI Lambung Mangkurat- 374.

Adapun Objek latihan kali ini adalah KRI Lambung Mangkurat- 374 dengan materi latihan adalah pembersihan, pemeriksaan badan kapal bawah garis air, propeller, kemudi dan lain-lain dengan menggunakan underwater hull cleaner dan didokumentasikan secara live menggunakan underwater camera dan dilanjutkan dengan pengukuran tebal plat bawah garis air dengan peralatan Underwater Thickness Measurement.

Kepala Dinas penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada II Kolonel Laut (T) Yudha Pia R., M.Tr.Hanla., mengatakan bahwa Latihan tersebut dilaksanakan sesuai dengan perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., agar selama Latihan berlangsung untuk tetap selalu mengutamakan keselamatan personel (Safety Is Paramount) dan nihil kerugian meteriel dan tugas pokok ataupun tujuan latihan dapat tercapai dengan baik.

Lebih lanjut Kadislambair Koarmada II mengatakan bahwa tujuan dari latihan ini adalah sebagai persiapan dalam melaksanakan Binopslat Organisasi Penyelaman yang akan dilaksanakan. 

Kedua latihan ini juga bertujuan menyiapkan personel dan material yang akan digunakan seperti underwater hull cleaner, underwater camera, underwater thickness measurement dan lain-lain.

“Dengan adanya latihan ini membuat biaya pemeriksaan, perawatan dan pemeliharaan bawah garis kapal dapat menjadi sangat murah karena bisa dilaksanakan tanpa perlu melaksanakan docking dan deteksi dini terhadap kebocoran kapal dapat lebih dulu diketahui.” Tegasnya.

0 komentar:

Posting Komentar