Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 23 Februari 2024

Hari Ketiga Harbour Phase, KRI SIM-367 Ikuti Serangkaian Kegiatan


India - KABARPROGRESIF.COM Memasuki Harbour Phase hari ketiga, panitia Latma Multilateral Naval Exercise (MNE) Milan 2024 menyelenggarakan International Maritime Seminar (IMS) dengan tema Partners Across Ocean, Collaboration, Synergy, and Growth di gedung Samudrika, Eastern Naval Command, Visakhapatnam, India. Seminar dibuka oleh Admiral Karambir Singh, PVSM, AVSM, IN (Retd), Chairman the National Maritime Foundation, dan dihadiri oleh Head of Delegation (HoD) serta Komandan kapal perang dari masing-masing negara peserta latihan.

Di bidang perencanaan latihan, Tim Depops dari tiap-tiap kapal perang melaksanakan Pre-sail Discussion lanjutan dari hari sebelumnya, dengan agenda penyusunan schedule of event (SOE) dan rencana serial latihan selama Sea Phase. 

Sementara itu, para perwira muda yang tergabung dalam kegiatan Milan of Young Officer berkesempatan menggunakan fasilitas Ship Handling Simulator yang berlokasi di Maritime Warfare Center, Eastern Naval Command, Visakhapatnam, India.

Di hari yang sama, Danguspurla Koarmada II, Laksamana Pertama TNI Amrin Rosihan Hendrotomo, S.E., selaku HoD Indonesia melaksanakan Bilateral Meeting dengan HoD Rusia, Admiral Vladimir Lvovich Kasatonov, Deputy Commander in Chief of the Navy. Keduanya melaksanakan perbincangan dan diskusi singkat terkait kerjasama antara Angkatan Laut Indonesia dan Rusia khususnya di bidang latihan dan Pendidikan.

Kemudian sebagai puncak kegiatan harbour phase Latma Milan 2024, dilaksanakan International City Parade di Rama Krishna Beach, dimana tiap peserta melaksanakan kirab parade menggunakan berbagai jenis pakaian dan kostum masing-masing negara. Satu peleton prajurit KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang dipimpin oleh Letda Laut (S) Sandy Abdani Muiz, melangkah dengan tegap pada saat melewati podium VIP dan dengan penuh kebanggaan menggunakan pakaian PDU, PDL TNI AL, pakaian tradisional Papua, Saman, Jaranan, dan Rama-Krishna, menunjukkan bahwa prajurit TNI AL merupakan prajurit militer yang professional dengan tidak meninggalkan tradisi dan budaya Indonesia serta berhasil menjadi representasi wajah Indonesia di mata dunia.

Sebagai penutup hari ketiga harbour phase, beberapa kapal peserta Latma Milan 2024 mengadakan National Reception dan mengundang negara-negara peserta untuk turut hadir dalam kegiatan tersebut, termasuk Indonesia turut hadir dalam reception di kapal perang dari negara Amerika, Bangladesh, Myanmar, Malaysia, Rusia, dan Sri Lanka.

Keterlibatan TNI AL dalam Latma Milan 2024 ini, sejalan dengan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit matra laut dan juga sebagai wujud peran diplomasi TNI AL dalam menjaga stabilitas keamanan laut dunia.

0 komentar:

Posting Komentar