Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 01 Maret 2024

Produk Unggulan Pemkab Bojonegoro Diminati Pembeli Dari Asean


Bojonegoro - KABARPROGRESIF.COM  Peminat produk unggulan lokal Bojonegoro berasal dari berbagai negara ASEAN, khususnya pembeli asal Negeri Jiran, Malaysia. 

Dan omzet penjualan di stand Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bojonegoro pada Pameran The 24ʳᵈ Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) pada hari kedua, Kamis (29/2/2024) sekitar Rp13 juta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Budiyanto menjelaskan, pemerintah selalu mendorong, membangkitkan, dan memotivasi agar perajin yang tergabung baik di UKM maupun IKM yang dibina dalam wadah Dekranasda ini selalu berkarya serta bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian serta Dinas Perdagangan dan Koperasi UM. 

Karya para perajin selalu diberi ruang promosi serta pemasaran melalui event seperti ini. 

Lebih lanjut disampaikan, memang belum semua perajin turut serta tapi ada perwakilan fashion dan Batik Painting. Karya lain juga dibawa dan masuk di e-katalog. 

Semua data ada di e-katalog sehingga para peminat bisa langsung memesan dari para perajin melalui e-katalog.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, lanjut Budiyanto, selalu mendukung dan memberikan ruang berkarya, sarana promosi dan pemasaran. 

Sehingga para perajin semangat berkarya dan akhirnya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Bojonegoro. 

Perwakilan UKM Kabupaten Bojonegoro, Hidayah menyampaikan kegembiraannya karena bisa hadir dan berkontribusi mewakili teman-teman UKM di Bojonegoro. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang sudah memberikan kesempatan UKM Bojonegoro untuk bisa promosi di Inacraft yang luar biasa ini dan kita tunggu setiap tahunnya,” tuturnya. 

Lebih lanjut, Hidayah menuturkan, Bojonegoro memiliki banyak kekayaan, diantaranya kayu jati. 

Dan itu tercermin dalam produk unggulan yang dibawa ke Jakarta, diantaranya souvenir kayu jati seperti tumbler, piring, maupun gelas dan tempat sabun cair. 

Selain itu juga ada produk kerajinan batik khas Bojonegoro, salah satunya fashion dan batik painting menjadi busana.

Dekranasda Kabupaten Bojonegoro menggandeng para UKM pada Pameran The 24ʳᵈ Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) yang digelar di Jakarta. 

Dalam pameran ini, Bojonegoro menyajikan berbagai produk khas daerah. 

Di antaranya kain batik motif khas seperti Thengul ataupun Daun Jati, fashion dan batik painting Zahida, serta kerajinan kayu jati khas Margomulyo. 

Adapun stand Pameran Inacraft Dekranasda Kabupaten Bojonegoro terletak di Hall B Nomer 67. 

Pameran bergengsi ini berlangsung selama lima (5) hari mulai Rabu 28 Februari hingga 3 Maret 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).

0 komentar:

Posting Komentar