Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 06 Juni 2024

DPRD Surabaya Minta Pemkot dan Pemprov Jatim Sinkronisasi Garis Pantai


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM DPRD Kota Surabaya meminta pemerintah kota (pemkot) berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur kembali melakukan pemotretan udara untuk sinkronisasi data garis pantai.

Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya Baktiono, di Surabaya, Kamis, menyatakan bahwa perbedaan garis pantai antara pemkot dan Pemprov Jawa Timur bisa berdampak pada penentuan kewenangan.  

"Hasil foto udara Badan Informasi Geospasial sama-sama dibenarkan, tetapi ada perbedaan. Solusinya foto ulang," kata Baktiono, Kamis (6/6).

Sinkronisasi garis pantai ini juga bertujuan untuk mempercepat pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Sebab, terdapat selisih 67,5 hektare.

Menurut dia, proses pelaksanaan foto udara harus dilakukan di waktu yang sama dan menyesuaikan dengan setiap kondisi di wilayah pesisir.

Sebab penentuannya juga berdampak pada penghitungan luasan wilayah di kawasan pesisir, seperti Bulak dan Kenjeran yang diproyeksikan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Foto malam, siang, pagi, dan sore itu beda karena terkait pasang surut air laut. Kalau waktunya berbeda maka hasilnya juga beda," ujarnya.

Baktiono menyebut bahwa sinkronisasi garis pantai agar Kota Surabaya bisa mendapatkan hasil dari pelaksanaan pembangunan.

"Surabaya harus mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sini," kata dia.

Selain itu, Baktiono menyebut kesamaan data soal garis pantai untuk melindungi keberadaan kawasan konservasi mangrove.

"Mana yang boleh dan tidak boleh harus diperhatikan, kalau tak dilakukan bisa menimbulkan abrasi di pantai. Di sana juga ada vegetasi dan biota laut, jangan sampai punah," kata Baktiono.

Mengingat garis pantai menjadi suatu hal yang penting maka DPRD bersama Pemkot Surabaya secara langsung berkoordinasi ke Pemprov Jawa Timur agar sinkronisasi bisa secepatnya dilakukan.

"Ini harus selesai, kami dan pemkot akan ke provinsi," pungkasnya

0 komentar:

Posting Komentar