Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 17 Juli 2024

Gelora 10 Nopember, Stadion Legendaris Penuh Kenangan


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan Stadion Gelora 10 Nopember sudah siap untuk gelaran Piala AFF U-19 yang digelar 17-29 Juli 2024. 

Bersama Stadion Gelora Bung Tomo, Gelora 10 Nopember menjadi tuan rumah dalam ajang yang diikuti 12 negara tersebut.

Saat melakukan inpeksi mendadak (Sidak) di Gelora 10 Nopember, Rabu (17/7), Wali Kota Eri mengecek kamar mandi, ruang ganti pemain, rumput, serta kebersihan tribun. Ia memastikan semua sarana dan prasarana sudah siap 100 persen. 

"Alhamdulilah Gelora 10 November siap 100 persen. Saya juga pastikan lagi terkait ruang ganti dan kamar mandi sudah puas betul dan bersih," ungkap Wali Kota Eri.

Wali Kota Eri juga memastikan uji coba penerangan atau lampu oleh PSSI dan perwakilan AFF sudah berhasil. 

“Kemarin lampunya sudah dilakukan uji coba dan pengecekan. Sudah siap semuanya," ungkapnya.

Wali Kota Eri lantas menyinggung Gelora 10 Nopember sebagai stadion legendaris penuh kenangan bagi para pencinta bola. 

Dari Gelora 10 Nopember, kata Eri, Surabaya membangun perjalanan bersejarah di kancah sepak bola. 

Tidak hanya untuk kebanggaan Surabaya dan Jawa Timur, tapi juga Indonesia. 

“Stadion ini pernah menjadi homebase tiga klub Surabaya yang bermain di level tertinggi, mulai Persebaya, Niac Mitra, dan Assyabaab. Jadi benar-benar penuh kenangan,” ujarnya.

Di stadion yang terletak di Tambaksari itu juga digelar berbagai laga timnas dan pertandingan legendaris yang melibatkan klub-klub dunia. 

“Dulu Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, bahkan AC Milan pernah main di sini. Nang kene juga akhire Persebaya juara Liga Indonesia 2004 setelah menang lawan Persija,” jelasnya.

Namun ada pula momen sedih di Gelora 10 Nopember pada 2002. 

Kemenangan Persebaya 2-1 atas PSIS Semarang pada 28 April 2002 ternyata tidak bisa menyelematkan Persebaya dari degradasi ke Divisi I Liga Indonesia.

“Seiring perjalanan waktu, pertandingan-pertandingan sepak bola dipindahkan ke Gelora Bung Tomo. Tinggal nostalgia yang tersisa di Gelora 10 Nopember. Namun dengan penyelenggaraan Piala AFF U19 di Surabaya, kini pencinta bola bisa kembali bernostalgia nonton di Gelora 10 Nopember,” ujarnya.

Makanya ia mengajak semua masyarakat untuk meramaikan gelaran AFF U-19 2024 ini. Dukungan masyarakat akan sangat berarti bagi Timnas Indonesia.

"Ayo seluruh warga Surabaya nonton bareng Timnas Indonesia yang akan bertanding di GBT malam ini. Doakan dan sambut meriah Timnas di Kota Surabaya," ajaknya.

Diketahui, pertandingan malam ini antara Indonesia melawan Filipina berlangsung di GBT. Sedangkan Gelora 10 Nopember baru digunakan untuk laga pada Kamis (18/7).

Wali Kota Eri memastikan, sarana-prasarana GBT maupun Gelora 10 Nopember telah siap. 

"Kami sekarang konsentrasi membuat tim dan semua suporter merasa aman dan nyaman," paparnya.

Disamping itu, Wali Kota Eri iseng menebak skor laga Indonesia melawan Filipina. “Semoga Indonesia bisa menang 2-0 malam ini,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar