Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 14 Juli 2024

Hadiri HUT PORPI DPC Surabaya, Wali Kota Eri Silahkan Gunakan Balai Kota Untuk Olahraga


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengahadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) DPC Kota Surabaya ke-37 tahun, yang digelar di Halaman Taman Surya pada Minggu (14/7).

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Eri bersama Ketua Pengerak TP PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani melakukan senam refleksi bersama ratusan anggota PORPI Kota Surabaya.

Tidak hanya Wali Kota Eri dan Ketua Pengerak TP PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani, pada acara ini juga turut hadir Wakil Wali Kota Surabaya Armuji serta jajaran pengurus PORPI Indonesia.

Wali Kota Eri menyambut baik banyaknya persatuan atau komunitas olahraga yang ada di Kota Surabaya. 

Baginya kesehatan jasmani dan rohani pada masyarakat akan berpengaruh baik pada pembangunan Kota Pahlawan kedepannya.

Dukungan kepada PORPI juga dilakukan Wali Kota Eri dengan memberikan tempat di Taman Surya untuk berlatih senam.

"Balai Kota atau Taman Surya ini boleh digunakan untuk PORPI. Silahkan ditentukan harinya, apakah mau hari Sabtu atau Minggu untuk jadwal senamnya. Saya juga akan umumkan kepada masyarakat kalau mau ikut senam bisa datang ke Balai Kota," kata Wali Kota Eri.

Sebelumnya, di Balai Kota Surabaya juga sudah ada jadwal senam Taichi yang bisa diikuti masyarakat.

Menurut Wali Kota Eri dengan banyaknya kegiatan olahraga di Taman Surya, juga sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk meningkatkan Usia Harapan Hidup (UHH) para lansia. 

Pemkot Surabaya menargetkan UHH menjadi 85 tahun di tahun 2045 mendatang, saat ini diketahui UHH mencapai 74,75 tahun.

"Salah satu upaya peningkatan UHH dengan kondisi yang sehat, sehingga apapun kegiatan olahraga akan kita dukung. Seperti teman-teman kalau ingin menggunakan Taman Surya kita persilahkan, dengan olahraga tubuh akan sehat jasmani dan rohani sehingga dapat meningkatkan angka harapan hidup warga Surabaya," terang Eri.

Ditemui ditempat yang sama, Ketua Ketua PORPI DPC Surabaya Hartantro mengatakan, senam pernafasan Oks yang dilakukan oleh PORPI terdiri dari perengangan, pendinginan dan pernafasan. Tujuannya agar tubuh sehat tanpa obat dan bugar tanpa alat.

"Meskipun gerakannya sederhana tapi manfaatnya untuk tubuh luar biasa. Gerakan yang dilakukan bisa membuat nadi aktif kembali, sehingga aliran darah bisa lancar," paparnya.

Saat ini, ujar Hartantro anggota PORPI di Surabaya sudah mencapai 750 orang. Di HUT yang ke-37 ini, pihaknya terus berupaya untuk mengajak masyarakat, khususnya Surabaya mau bergerak dan berolahraga agar tubuh tetap sehat di usia lanjut.

"Saya berterima kasih atas dukungan dari Pemkot Surabaya. Acara hari ini juga sebagai tanda bahwa PORPI Surabaya siap untuk Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) VIII pada tahun 2025, yang akan digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB)," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar