Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 19 Juli 2024

Pemkot Surabaya Terima Bantuan Dermaga Perahu dari PLBI untuk Wisata Adventure Land Romokalisari


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima bantuan pembangunan dermaga perahu wisata dari Perkumpulan Lestari Bumi Indonesia (PLBI). 

Bantuan tersebut, diberikan secara langsung oleh Ketua PLBI Agus Purnomo kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Adventure Land Romokalisari, Kamis (18/7).

Wali Kota Eri Cahyadi bersyukur atas bantuan pembangunan dermaga dari PLBI yang diberikan kepada pemkot melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya hari ini. 

Bantuan pembangunan dermaga senilai Rp700 juta ini, lanjut dia, diharapkan bisa memudahkan nelayan dan membuat nyaman pengunjung Adventure Land Romokalisari. 

“Alhamdulillah diberikan bantuan, ini nilainya sekitar Rp700 juta, karena ini fondasinya beton yang masuk ke dalam (tanah), kayunya juga adalah kayu besi yang kuat. Sehingga di sini dermaganya semakin nyaman,” ucap Wali Kota Eri.

Selain bahan pembuatannya yang kokoh, desain dermaga perahu wisata ini juga canggih. 

Seperti pada bagian tangganya yang bisa menyesuaikan secara otomatis ketika air laut sedang pasang atau surut. 

“Kalau dia (air laut) pasang itu (tangga) bisa naik, nah kalau surut itu bisa turun. Ini lah yang akhirnya bisa berjalan dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan-wisatawan yang di Romokalisari ini,” kata Wali Kota Eri. 

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Ketua PLBI Agus Purnomo karena telah membantu pembangunan Kota Surabaya. 

Bangunan seluas 75,76 meter persegi ini diharapkan dapat membantu warga nelayan di Adventure Land Romokalisari ke depannya. 

Ia berharap, aset pemkot yang saat ini gunakan untuk Adventure Land Romokalisari dapat memberikan manfaat dan kemakmuran masyarakat Surabaya. 

Dirinya menegaskan, pembangunan tempat wisata ini bukan semata untuk kepentingan Pendapatan Asli Daerah (PAD), akan tetapi aset ini adalah untuk kemakmuran masyarakat Kota Surabaya. 

“Contohnya, ketika ada edu park maka yang bekerja adalah warga di sekitar Romokalisari, setelah itu ada perahu, ada ATV itu juga (dikelola) warga sendiri. Sehingga pendapatannya bisa dikumpulkan, masuk ke dalam warga itulah yang dilakukan untuk mengurangi warga miskin di Kota Surabaya,” harapnya. 

Di samping itu, Ketua PLBI Agus Purnomo mengatakan, bantuan dermaga ini adalah bentuk kontribusi PLBI terhadap pembangunan Kota Surabaya. 

Adanya bantuan tersebut, diharapkan wisata Adventure Land Romokalisari menjadi semakin menarik dan menarik lebih banyak lagi wisatawan. 

Dengan begitu, maka angka kemiskinan dan pengangguran semakin berkurang, serta perekonomian akan semakin meningkat di Kota Surabaya. 

“Karena kami ini arek Suroboyo semua, apa yang bisa kami lakukan, akan kami lakukan (untuk Surabaya). Jadi kami mohon setelah ini akan mengupgrade mangrove,” kata Agus. 

Ia menambahkan, strategi Wali Kota Eri Cahyadi mengedepankan pertumbuhan perekonomian, hingga pengurangan kemiskinan di Surabaya dengan memanfaatkan aset ini sudah sangat tepat. 

“Dengan mengedepankan pertumbuhan ekonomi, secara tidak langsung multiplayer efeknya akan pasti ada. Nggak usah pakai PAD akan timbul sendiri PAD-nya,” imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala DKPP Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan, bantuan dari PLBI tidak hanya berupa pembangunan dermaga saja. Akan tetapi, juga akan ada bantuan bibit mangrove. 

“Sebelumnya sudah ada bantuan 5000 bibit mangrove, habis itu ada lagi juga 3000 bibit tambahan, kemungkinan sekitar 8000 yang sudah ditanam di Romokalisari dan Kebun Raya Mangrove,” pungkas Antiek. 

0 komentar:

Posting Komentar