Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 23 Juli 2024

Surabaya Semarakkan Hari Anak Nasional 2024 dengan Kegiatan Kreatif dan Inspiratif


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kota Surabaya 2024 dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan positif dan kreatif yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. 

Mengusung tema "Anak Terlindungi Indonesia Maju" dengan sub-tema "Suara Anak Membangun Bangsa," peringatan HAN menjadi momen penting untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045.

Kepala Dinas Pemberdayaan, Perempuan, dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-PPKB) Kota Surabaya, Ida Widayanti menuturkan, peringatan HAN merupakan momentum bagi semua pihak untuk memperjuangkan hak dan pendidikan anak sebagai generasi penerus bangsa.

"Inspirasi untuk kreasi kegiatan-kegiatan peringatan HAN 2024 di Kota Surabaya juga berawal dari pandangan anak-anak," ujar Ida Widayanti, Selasa (23/7).

Berbagai kegiatan diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam rangka memperingati HAN 2024. 

Diantaranya, kegiatan Capacity Building Public Speaking, Bahaya NAPZA, Kenakalan Remaja, dan Pencegahan Perkawinan Anak pada Kamis, 11 Juli 2024.

"Kegiatan ini melibatkan perwakilan organisasi pemuda se-Kota Surabaya, termasuk SNL (Surabaya Next Leader), FAS (Forum Anak Surabaya), Genre (Generasi Berencana) dan Karang Taruna," jelasnya.

Selanjutnya, pada Jumat, 12 Juli 2024, Pemkot Surabaya mengadakan Training of Trainer (ToT) Pencegahan Perkawinan Anak untuk Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Surabaya. 

"Peserta kegiatan ini adalah Ketua PKK Kecamatan dan Kelurahan serta Kader PKK Kelurahan," terang Ida.

Kemudian pada Selasa, 23 Juli 2024, Ida menjelaskan bahwa Pemkot Surabaya mengadakan sosialisasi Perwali Nomor 32 Tahun 2024 dan pemenuhan kewajiban suami pasca perceraian. 

Kegiatan ini diikuti Kasi Kesra kecamatan dan kelurahan, Satgas PPA dan PKBM se-Kota Surabaya. 

"Kegiatan sosialisasi ini bertempat di Graha Sawunggaling, Kantor Pemkot Surabaya," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Ida memaparkan, bahwa peringatan HAN 2024 di Surabaya juga disemarakkan dengan kegiatan tanam pohon mangrove di Kebun Raya Mangrove (KRM) Gunung Anyar pada Jumat 26 Juli 2024.

"Kegiatan ini melibatkan 223 orang dari berbagai unsur organisasi anak. Termasuk FAS, Genre, dan Organisasi Pelajar Surabaya (Orpes)," paparnya.

Selain penanaman pohon, pada Sabtu, 27 Juli 2024, Pemkot Surabaya juga mengadakan Gebyar Kreativitas PAUD berupa kegiatan menghias bekal ibu dan anak serta mewarnai. 

"Kegiatan ini diikuti oleh 372 orang di Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar," tambahnya.

Sementara puncak peringatan HAN 2024 di Kota Surabaya, akan dilaksanakan pada Kamis, 15 Agustus 2024 dengan acara Gebyar HAN 2024 di Atlantis Land, Kenjeran Park.

Ida menambahkan bahwa Gebyar HAN 2024 dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara. Di antaranya, Kongres Anak bertema "Menyerap Keberagaman, Mendengar Ragam Gagasan". 

Lalu, lomba public speaking, debat Bahasa Inggris, dan fotografi yang diselenggarakan oleh FAS.

"Gebyar HAN 2024 juga disemarakkan dengan penampilan kreativitas anak, termasuk anak disabilitas," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar