Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 21 Agustus 2024

Peringatan Hari Juang Polri Digelar di Surabaya, Ada Upacara Hingga Drama Kolosal


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara Hari Juang Polri di depan Monumen Perjuangan Polri Jalan Raya Darmo, Kota Surabaya, Rabu (21/8/2024) pagi.

Upacara dimulai pukul 09.00 WIB dengan ratusan anggota Polri sebagai pasukan upacara memasuki venue upacara dari Jalan M Jasin Polisi Istimewa, belakang tenda upacara.

Kapolri selaku Inspektur Upacara memasuki lapangan upacara sekitar pukul 09.10 WIB. Setelah menerima laporan upacara, Kapolri kemudian berdiri di podium tenda tengah.

Kemudian, Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) Polri Brigjen Pol Hari Nugroho membacakan sejarah singkatt Hari Juang Polri.

Setelah itu, Kapolri membacakan teks Proklamasi Polisi yang dulu dibacakan Moehammad Jasin pemimpin Polisi Istimewa Surabaya pada 21 Agustus 1945.

“Oentoek bersatoe dengan rakjat dalam perdjoeangan mempertahankan Proklamasi 17 Agoestoes 1945, dengan ini menjatakan polisi sebagai Polisi Repoeblik Indonesia,” isi proklamasi yang dibacakan Kapolri.

Usai upacara, agenda dilanjutkan dengan drama kolosal yang menceritakan pembacaan proklamasi oleh Moehammad Jasin pemimpin Polisi Istimewa Surabaya pada 21 Agustus 1945.

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengeluarkan Keputusan Kapolri Nomor:KEP/95/I/2024 tanggal 22 Januari lalu yang menetapkan Hari Juang Polri pada tanggal 21 Agustus, dan pada 12 Agustus 2024 lalu Kapolri mengeluarkan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VII/2024 tentang Tata Cara Upacara Hari Juang Polri.

Nantinya, setiap tanggal 21 Agustus Korps Bhayangkara akan memperingati Hari Juang Polri.

0 komentar:

Posting Komentar