Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Soft Launching Kota Lama, Gelar Sejumlah Paket Wisata

Sejumlah paket wisata digelar Pemkot Surabaya usai soft launching Kota Lama zona Eropa yang berada di kawasan Jalan Rajawali, Krembangan, Surabaya.

Cegah Narkoba di Kalangan ASN dan Pelajar, Pemkot Surabaya Gandeng BNN dan Polisi

Upaya Pemkot Surabaya memberantas Narkoba tak hanya di kalangan pelajar dan masyarakat, tetapi juga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemkot.

Peluang Investasi untuk Pengembangan Eks THR-TRS

Pemkot Surabaya menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk mempromosikan proyek peluang investasi di Kota Pahlawan. Diantaranya di kompleks eks Taman Hiburan Rakyat (THR) dan Taman Remaja Surabaya (TRS).

Tekan Laju Inflasi, Pemkot Rutin Gelar Pangan Murah

Untuk menekan laju inflasi agar masyarakat bisa mendapatkan komoditas bahan pangan dengan lebih murah, Pemkot Surabaya rutin menggulirkan program Gerakan Pangan Murah setiap bulan.

Pemkot Surabaya Komitmen Amankan Aset yang Dikuasai Pihak Ketiga

Berbagai upaya strategis terus dilakukan Pemkot Surabaya untuk memastikan aset daerah dapat dimanfaatkan secara optimal demi kepentingan warga dan pemerintah.

Minggu, 15 September 2024

Kapolres Anambas Beri Bantuan Sembako Untuk Korban Rumah Roboh Akibat Diterjang Angin Kencang


Anambas - KABARPROGRESIF.COM Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Raden Ricky Pratidiningrat, S.I.K., M.H., melalui Polsek Jemaja, Polres Kepulauan Anambas memberikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada korban bencana alam (rumah roboh) akibat di terjang angin kencang di wilayah hukum Polsek Jemaja, Polres Kepulauan Anambas, Sabtu (14/09/2024).

Bantuan ini di berikan langsung oleh Ps. Kanit Intelkam Polsek Jemaja, AIPDA Amirudin mewakili Kapolsek Jemaja, IPTU Aang Setiawan, S.H., didampingi oleh Ps. Kanit Binmas Polsek Jemaja, BRIPKA Andri Novriantono, anggota personel Polsek Jemaja BRIPTU Fernando Siregar dan BRIPTU Ismet Fachrozi.

Bantuan sosial yang diserahkan berupa paket sembako yang diberikan langsung kepada bapak Purnadi dan bapak Wan Hasanudin yang mengalami musibah rumahnya roboh akibat angin yang kencang pada pagi hari tadi.

Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Raden Ricky Pratidiningrat, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Jemaja, IPTU Aang Setiawan, S.H., mengatakan tentunya dengan bantuan sosial yang diberikan tersebut diharapkan dapat mengurangi beban korban maupun keluarga akibat musibah bencana alam akibat diterjang angin yang sangat kencang dimana dua (2) rumah roboh ke laut.

“Tidak banyak yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan semoga bapak dan keluarga selalu diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini,” ucap Kapolsek Jemaja, IPTU Aang Setiawan, S.H.

kepada pihak keluarga bapak Purnadi dan bapak Wan Hasanudin untuk selalu tabah dan tegar dalam menghadapi musibah yang telah terjadi.

Ditempat terpisah Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Raden Ricky Pratidiningrat, S.I.K., M.H., juga berpesan kepada setiap masyarakat yang tinggal di daerah pesisir agar selalu hati-hati dan waspada terhadap cuaca yang sekarang lagi tidak menentu.

Cegah Aksi Balap Liar, Polres Pasaman Barat Gelar Patroli Gabungan


Pasamanbarat - KABARPROGRESIF.COM Keluhan dari masyarakat terkait maraknya aksi balap liar terutama pada malam minggu pada saat menjelang tengah malam, menjadikan atensi sasaran patroli personel Polres Pasaman Barat. 

Dengan mengerahkan personel gabungan Polres Pasaman Barat terus memaksimalkan patroli secara intensif.

Seperti yang dilaksanakan bersama personel yang tergabung dalam anggota UKL ini, petugas menggelar patroli dan melakukan penyisiran serta razia di sepanjang jalur 32, Simpang Pertanian, hingga Simpang Padang Tujuh yang kerap digunakan pemuda untuk arena balap liar, Sabtu (14/9/2024).

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Tribawanto, S.Ik, menjelaskan bahwa langkah ini merupakan respons terhadap keluhan dari masyarakat sekitar terkait aksi balap liar yang meresahkan tidak hanya masyarakat namun jjuga membahayakan pengguna jalan lainnya.

“Kami telah banyak menerima keluhan dan aduan dari masyarakat terkait aksi balap liar ini pada saat malam minggu,” ujar Kapolres.

AKBP Agung menegaskan pihaknya bersama personel Polsek jajaran akan terus memaksimalkan patroli secara rutin sebagai upaya preventif untuk mengantisipasi terjadinya aksi balap liar tersebut.

“Kami maksimalkan patroli untuk mencegah aksi balapan liar ini karena selalin membahayakan diri sendiri juga yang pasti membahayakan orang lain karena kegiatannya di jalan umum,” tegas AKBP Agung.

Penyisiran dan razia ini lanjut Kapolres tidak hanya bertujuan untuk menindak para pelaku balap liar, tetapi juga untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat.

“Terutama mereka yang tinggal disekitar lokasi yang seringkali menjadi tempat dilakukannya aksi tersebut, pastinya akan merasa sangat terganggu dengan suara knalpot brong, nah ini tidak akan kita biarkan,” tegasnya.

Kapolres menekankan pentingnya kerjasama antara pihak Kepolisian dan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan, terkhusus peran orang tua dalam menjaga anak-anaknya agar tidak terlibat dalam aksi yang berbahaya ini.

“Diharapkan dengan tindakan tegas ini, kegiatan balap liar dapat ditekan dan tidak lagi mengganggu ketentraman masyarakat,” katanya mengakhiri.

Polresta Manado dan TNI Laksanakan Operasi Gaktibplin di Tempat Hiburan Malam


Manado - KABARPROGRESIF.COM Polresta Manado bekerja sama dengan Denpom XIII/1, melaksanakan operasi gaktibplin di sejumlah tempat hiburan malam yang berada di wilayah hukum Polresta Manado, Sabtu (14/9/2024) malam.

Operasi dalam rangka menjaga disiplin dan integritas di kalangan personel Polri ini bertujuan untuk menertibkan anggota kepolisian yang kedapatan berada di lokasi-lokasi hiburan malam, yang dapat mengganggu citra dan tugas mereka sebagai pelindung masyarakat.

Operasi ini dilaksanakan dengan pendekatan yang humanis, di mana tim gabungan melakukan penyisiran di kawasan-kawasan strategis.

Sementara itu Kasi Humas Polresta Manado Ipda Agus Haryono, membenarkan adanya kegiatan tersebut.

“Dalam menjalankan tugas, anggota Polri harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Operasi ini adalah langkah nyata untuk menjaga nama baik institusi kepolisian,” katanya.

Masyarakat pun menyambut positif langkah tegas ini, berharap agar operasi serupa dapat terus dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tertib.

“Dengan adanya operasi gaktibplin, diharapkan seluruh anggota Polri dapat lebih disiplin dan profesional, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian dapat terus terjaga,” pungkas Ipda Agus.


Cegah Gesekan Antar Perguruan Silat, Polsek Kertosono Laksanakan Patroli Gabungan


Kertosono - KABARPROGRESIF.COM Polsek Kertosono bersama Polsek Rayon 3 menggelar patroli gabungan sebagai langkah preventif untuk mencegah potensi gesekan antar perguruan silat. 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai respons terhadap dinamika yang mungkin timbul di tengah komunitas perguruan silat di wilayah tersebut. Minggu , 15 September 2024.

Patroli gabungan ini melibatkan personel dari Polsek Kertosono, Polsek Rayon 3, yang secara bersama-sama menjelajahi area-area yang dianggap Rawan.

Tujuan utamanya adalah menciptakan situasi kondusif dan mencegah konflik yang dapat mengganggu ketertiban di masyarakat saat dini hari.

Kapolsek Kertosono, Kompol Rahayu Rini S.Pd , menjelaskan bahwa kegiatan patroli ini merupakan upaya proaktif kepolisian dalam menjaga keamanan dan mencegah potensi gesekan antar perguruan silat. 

“Kami bekerja sama dengan gabungan Polsek Rayon 3 Polres Nganjuk untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah ini. Kolaborasi ini penting untuk mencegah terjadinya konflik yang dapat merugikan semua pihak,” ujar Kompol Rahayu .

Selama patroli, petugas memberikan pesan-pesan damai kepada anggota perguruan silat dan masyarakat umum. 

Himbauan untuk menjaga sikap sportif dan menyelesaikan perbedaan dengan cara dialog disampaikan dengan harapan agar kondisi tetap aman dan kondusif.

Dengan langkah preventif ini, Polsek Kertosono bersama rekan-rekannya dari Polsek Rayon 3 berupaya menciptakan lingkungan yang damai serta mencegah potensi konflik di antara perguruan silat di wilayah mereka.

Polsek Biru Biru Patroli ke Lokasi Rawan terjadinya Tindak Pidana dan Swepping Kost-kostan


Deli Serdang - KABARPROGRESIF.COM Polsek Biru Biru Polresta Deli Serdang lakukan Patroli dan pengecekan ke tempat tempat rawan terjadinya tindak pidana serta sweeping tempat kost kostan Minggu (15/09/24).

Personil Unit Reskrim mulai pukul 22.00 wib yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Irfan Alma melakukan pengecekan ke lokasi Jalan Rahayu B Desa Ajibaho Kecamatan Biru-biru, Pasar 1 Desa Sidomulyo Kecamatan Biru Biru, jalan gang wakaf, perlintasan jalan namosuro dan tempat lainnya yang dianggap rawan terjadinya gangguan Kamtibmas, baik pencurian, tawuran, Genk motor, peredaran narkoba dan tindak pidana lainnya.

Tak hanya itu, Petugas juga melakukan sweeping di tempat kost kostan kafe dan tempat tempat berkumpulnya anak anak muda.

Hingga subuh Personil tidak menemukan adanya aktivitas tindak pidana, namun Saat dilakukan Patroli Kanit Reskrim menyempatkan waktu untuk melakukan kordinasi dengan perangkat Desa agar meningkat kan ronda malam dan menghimbau agar segera melaporkan setiap kejadian tindak pidana atau hal hal yang meresahkan warga ke polsek Biru Biru.

Saat dikonfirmasi Kapolresta Deli Serdang, melalui Kapolsek Biru Biru AKP Nathanail Sitepu menyatakan bahwa personil Polsek Biru biru tetap rutin melaksanakan Patroli disetiap siang dan malam.

”Kita tetap melaksanakan Patroli siang dan malam dan akan meningkatkan Patroli terutama ditempat tempat yang dianggap rawan Kamtibmas, penindakan akan terus kita lakukan terhadap para pelaku-pelaku tindak pidana, kami juga telah melakukan kordinasi dengan perangkat Desa agar apabila ada kejadian, tindak pidana dan hal.hal lainnya serta kejadian yang meresahkan warga agar segera melapor ke Polsek untuk segera kami tindak lanjuti," ungkapnya.

Ditresnarkoba Polda Lampung Bersama Kasat Narkoba Polres Lamut Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba di SMKN 1 Kotabumi


Lampung - KABARPROGRESIF.COM Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung dan Satuan Reserse Narkoba Polres Lampung Utara menggelar sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba kepada pelajar di SMKN 1 Kotabumi Kabupaten setempat, Jum’at, (13/9/24).

Sosialisasi tersebut turut dihadiri oleh Anggota Ditresnarkoba Polda Lampung dan Kasat Narkoba Polres Lampung Utara AKP Eko Heri Susanto, S.H., M.H.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Lampung Utara AKBP Teddy Rachesna melalui Kasat Narkoba AKP Eko Heri menyampaikan berbagai informasi terkait jenis-jenis narkoba, efek buruknya bagi kesehatan, serta dampak sosial dan hukum yang dapat timbul akibat penyalahgunaan narkoba.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada generasi muda mengenai dampak negatif narkoba serta pentingnya menjauhi segala bentuk penyalahgunaannya,” ujarnya.

Para pelajar juga diberikan pengetahuan tentang cara mengenali dan menghindari ajakan atau tekanan dari pihak yang ingin mempengaruhi mereka untuk menggunakan narkoba.

Selanjutnya, AKP Eko Heri menekankan pentingnya peran aktif semua pihak, termasuk keluarga dan sekolah, dalam melindungi generasi muda dari ancaman narkoba.

“Kami berharap melalui sosialisasi ini, adik-adik pelajar dapat lebih waspada dan memahami betapa berbahayanya narkoba bagi masa depan mereka,” tuturnya.

Polsek Genuk Berhasil Gagalkan Aksi Tawuran Dan Pesta Miras Dikawasan Bangetayu


Semarang - KABARPROGRESIF.COM Polrestabes Semarang sigap menanggapi laporan masyarakat melalui aplikasi Libas mengenai sekelompok pemuda yang berencana tawuran dan mengonsumsi minuman beralkohol. 

Peristiwa tersebut terjadi di kawasan Sedayu Indah wilayah hukum Polsek Genuk tepatnya di Kel. Bangetayu di Minggu dini hari. (15/9/2024)

Kapolsek Genuk Kompol Rismanto membenarkan penggerebekan tersebut, dengan menyatakan bahwa mereka mendapat laporan dari masyarakat yang menyaksikan live sosial media mengenai akun Gangster tersebut, yang kemungkinan melibatkan aktivitas gengster. 

Penggerebekan yang dipimpin AKP Bambang Kanit Lantas Genuk berhasil menangkap dua remaja dan menyita sejumlah barang bukti.

“Sesampainya di TKP kami melakukan penggerebekan, namun karena kondisi lapangan terbuka menyebabkan banyak remaja yang berhasil melarikan diri,” jelas AKP Bambang.

Barang bukti yang disita antara lain 10 (sepuluh) sajam jenis culit tawuran, 8 (delapan) SPM roda dua, dan 3 (tiga) botol minuman keras “Ciu”. 

Kedua remaja yang ditangkap, berinisial Y (17) dan F (17), masih berstatus pelajar. Keduanya kini diaman dan diperiksa di unit reskrim Polsek Genuk dengan didampingi orangtuanya.

“Saat ini kami sedang melakukan penyelidikan mendalam terhadap aktivitas kelompok remaja tersebut,” kata Kompol Rismanto menyoroti seriusnya kejadian tersebut. Polisi sedang berupaya mengidentifikasi dan menangkap remaja-remaja lain yang terlibat dalam pertemuan dan kemungkinan aksi tawuran tersebut.

Kejadian ini menyoroti semakin besarnya kekhawatiran terhadap aktivitas gengster remaja di kota Semarang dan pentingnya kewaspadaan masyarakat dalam melaporkan aktivitas mencurigakan. 

Polrestabes Semarang mengimbau masyarakat memanfaatkan aplikasi Libas dan saluran pelaporan lainnya untuk memastikan tindakan cepat terhadap potensi tindak pidana.

Korps Brimob Polri Gelar Pelatihan Kehumasan Tahap II dengan Ikatan Wartawan Online


Depok - KABARPROGRESIF.COM Korps Brimob Polri berkolaborasi dengan Ikatan Wartawan Online (IWO) dalam menggelar Pelatihan Humas Tahap II TA 2024, di Gedung Gineung Pratidina, Mako Brimob Kelapa Dua, Depok selama dua hari, pada tanggal 12 sampai 13 September 2024.

Kegiatan ini tak lain untuk menyokong tugas fungsi Brimob Indonesia, sehingga berimplikasi positif dalam setiap pemberitaan institusi yang disiarkan kepada publik.

Hal ini dikatakan, Dankor Brimob Polri Komjen Imam Widodo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Karorenminops Brigjen Rudi Harianto, pada Kamis (12/9/2024).

Bahkan, hal senada juga disampaikan oleh Wadankor Brimob Polri, Irjen Pol Ramdani Hidayat, bahwa motivasi dari kegiatan pelatihan jurnalistik humas Korbrimob Polri tahap II ini, tak lain meningkatkan kemampuan.

“Pertama, meningkatkan kemampuan kehumasan di lingkungan anggota korps Brimob,” ujar Irjen Pol Ramdani Hidayat kepada awak media, pada hari penutupan pelatihan jurnalistik humas korbrimob kedua, Jumat (13/9/2024).

Kemudian yang kedua, kata dia, semoga dengan adanya, anggota Brimob bisa menganalisa soal isu-isu yang mengancam negara Republik Indonesia ini.

Bahkan, kegiatan ini juga bisa menjadi jembatan Brimob untuk berkolaborasi dengan jurnalis-jurnalis dan media-media di Indonesia.

“Harapan kedepannya, dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalistik humas ini, ilmunya bisa diaplikasikan oleh anggota humas Brimob seluruh Indonesia dan bisa menjalin hubungan baik antara jajaran Korps Birmob Indonesia dengan media,” ujar Irjen Pol Ramdani Hidayat.

Sementara, Ketua Umum IWO Teuku Yudhistira mengaku sangat mengapresiasi Korps Brimob Polri yang mempercayai pihaknya dalam pelatihan kehumasan.

“Satu hal yang perlu ditekankan, di era ini humas sebagai corong sebuah institusi, memang dituntut mampu menjalankan tugas-tugas jurnalistik untuk kepentingan pembangunan citra positif organisasi. Karena itu, kami sangat berterima kasih kepada Bapak Dankor Brimob dan jajaran yang memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada IWO untuk memberikan materi dalam pelatihan kali ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan yang dibuka oleh Karorenminops Brigjen Rudi Harianto, turut hadir sejumlah pejabat utama.

Kemudian, kegiatan tersebut digelar secara hybrid dengan peserta kehumasan di Korps Brimob Polri Kelapa Dua dan seluruh perwakilan humas Satuan Brimob dari 34 Polda Seluruh Indonesia, dengan julmah perserta 150 orang.

Tak hanya itu saja, dalam pelatihan ini, Korps Brimob Indonesia yang menggandeng IWO, menghadirkan pemateri-pemateri handal, seperti jurnalis senior dan akademisi.

Yakni, Dwi Anggia (Presenter tvOne), Ketum PP IWO dari Reuters, Teuku Yudhistira, Dosen FIKTI UMSU, Rizaldy Khair, dan Wartawan Senior SCTV, Charlos Pardede.

Polres Subang Berhasil Amankan Miras dalam Kegiatan KRYD


Subang - KABARPROGRESIF.COM paya untuk menjaga ketertiban masyarakat dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas, Polres Subang berhasil amankan minuman keras dalam kegiatan KRYD pada Sabtu, 14 September 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai arahan dari Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu, S.H., S.I.K., M.H., Yang Bertujuan Untuk Mengendalikan Peredaran Minuman Keras Di Wilayah Hukum Kabupaten Subang.

Tak hanya Jajaran Polres Subang saja, Polsek Jajaran pun Melaksanakan Kegiatan Razia Miras ini di Wilayahnya masing masing yang dipimpin oleh Para Kapolsek Jajaran Polres Subang.

Keberhasilan dalam kegiatan ini ditunjukkan dengan diamankannya minuman keras (Miras) berjumlah 114 buah.

Diharapkan kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman untuk seluruh masyarakat Kabupaten Subang.

Hadir di CFD, Rumkit Bhayangkara Polda Kalteng Berikan Pengobatan Gratis


Palangkaraya - KABARPROGRESIF.COM Peduli terhadap kesehatan masyarakat Palangka Raya, Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya melaksanakan kegiatan pemberian pengobatan gratis kepada masyarakat yang sedang berolahraga ataupun berjalan - jalan di area Car Free Day (CFD) Palangka Raya, Minggu (15/9/24) pagi.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto melalui Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tingkat I|I.

Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto mengatakan, tujuan kegitan pelayanan kesehatan tersebut adalah salah satu bentuk kepedulian nyata Rumah Sakit Bhayangkara dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dikatakannya, dengan kegiatan ini masyarakat yang sedang berada di Car Free Day, merasa sangat terbantu dan berterima kasih dengan adanya pemeriksaan kesehatan yang diberikan secara gratis oleh Rumkit Bhayangkara Palangka Raya.

“Kami akan terus peduli dan memperhatikan kesehatan masyarakat Palangka Raya agar terciptanya masyarakat yang sehat dan bahagia”, tuturnya.

Lebih lanjut, Anton menyampaikan jenis pelayanan kesehatan gratis yang diberikan oleh Rumkit Bhayangkara Palangka Raya terhadap masyarakat yang mendatangi stand Pelayanan Kesehatan di Car Free Day Kota Palangka Raya, berupa pemeriksaan umum seperti tekanan darah, suhu dan konsultasi medis serta pemeriksaan laboratorium sederhana seperti gula darah, asam urat hingga kolestrol.

“Saat ini kehadiran minggu sehat yang dilaksanakan di CFD benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan selalu dinantikan kehadirannya” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu masyarakat yang memberikan apresiasi kepada Rumkit Bhayangkara Palangka Raya yang telah memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat.

“Semoga Rumkit Bhayangkara Palangka Raya semakin mantap dalam memberikan pelayanan, dan sering mengadakan kegiatan seperti ini,” kata salah satu pengunjung CFD.

Pangkoarmada II Hadiri Pengarahan Presiden RI


Kaltim - KABARPROGRESIF.COM Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo, menghadiri pengarahan yang disampaikan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo kepada jajaran TNI-Polri yang berlangsung di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Kamis (12/9).

Turut hadir dalam pengarahan Presiden RI yakni Menteri Pertahanan yang sekaligus Presiden terpilih Republik Indonesia 2024-2029 Prabowo Subianto, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasau Mohamad Tonny Harjono, serta para Pejabat TNI-Polri dari seluruh Indonesia.

Satgassus Pencegahan Korupsi Polri lakukan Monev Di Nusa Tenggara Timur


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Yudi Purnomo Harahap Anggota Satgassus Pencegahan Korupsi Polri menyampaikan kepada media bahwa Satgas terus melakukan

Monitoring dan Evaluasi (Monev) pada proyek-proyek Pemerintah.

Adapun kali ini dilakukan bersama Kementerian Pertanian.

Satgassus melakukan monev di 12 Titik Program Irigasi Perpompaan (Irpom) dan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) yang dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022-2024.

Rangkaian kegiatan ini dilakukan di Kabupaten Maggarai Timur, Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT. Pada 9 – 13 September 2024.

Adapun perincian kegiatannnya antara lain: 

12 Proyek Irpom dan DAK Irigasi Tersebut antara lain:

RJIT Persawahan Wae Reca Desa Nanga Labang Kec. Borong Kab. Manggarai Timur dengan nilai Rp.200.000.000,- .

Pembangunan/ Rehabilitasi Bangunan Pelengkap Irigasi Desa Nanga Labang Kec. Borong Kab. Manggarai Timur dengan nilai Rp.100.000.000,-.

Irpom Desa Compang Ndejing Kec. Borong Kab. Manggarai Timur dengan nilai Rp.112.800.000,-.

Irpom Desa Watu Mori Kec. Rana Mese Kab. Manggarai Timur dengan nilai Rp.112.800.000,-.

Irpom Poktan Agro Mandiri Desa Compang Dalo Kec. Ruteng Kab. Manggarai dengan nilai Rp.112.800.000,-.

Irpom Poktan Like Leok Desa Compang Dalo Kec. Ruteng Kab. Manggarai dengan nilai Rp.112.800.000,-.

Pembangunan Damparit dan Jaringan irigasi Desa Bulan, Kec. Ruteng Kab. Manggarai dengan nilai Rp.120.000.000,-.

RJIT Desa Bulan Kec. Ruteng Kab. Manggarai dengan nilai Rp.200.000.000,-.

Irpom Desa Golo Pongkor Kec. Komodo Kab. Manggarai Barat dengan nilai Rp.112.800.000,.

Damparit Desa Golo pongkor Kec. Komodo Kab. Manggarai Barat dengan nilai Rp.114.000.000,-.

DAK Irigasi Box bagi pintu air dan jaringan irigasi tersier Desa Compang Longgo, Kec. Komodo Kab. Manggarai Barat dengan nilai Rp.95.000.000,-.

DAK Irigasi Air tanah dalam Desa Wae Kelambu Kec. Komodo Kab. Manggarai Barat dengan nilai Rp.285.000.000,-

Kegiatan pemantauan lapangan ini merupakan salah satu wujud tindak lanjut MOU antara Kapolri dengan Menteri Pertanian. 

Sekaligus juga Penugasan khusus dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Satgassus untuk terus melakukan pemantauan dan monev atas proyek-proyek yang dibiayai dari DAK Serta Program Irigasi Perpompaan agar upaya pencegahan korupsi dapat dilakukan lebih intensif dan massif. 

Sehingga ketahanan pangan bisa dipertahankan bahkan di tingkatkan.

Jika penyaluran air ke Sawah petani tepat guna, maka petani akan lebih bisa meningkatkan volume jumlah panennya. 

Namun demikian proyek-proyek ini harus tetap dilaksanakan secara proper dan tidak mengesampingkan mutu apalagi dilakukan dengan cara-cara yang korup.

Harun Al Rasyid selaku ketua Tim menyatakan bahwa, Dari Pemantauan 12 titik dilapangan, mayoritas sudah termanfaatkan. 

Namun masih terdapat beberapa kendala seperti yang disampaikan kelompok Tani (poktan), dalam dialog bersama Pemkab Manggarai Barat diantaranya:

1. Konstantinus, Poktan dari kecamatan Kuwus menyampaikan bahwa terkait harga barang di toko, seperti semen, Terkadang poktan menggunakan harga Kabupaten (lebih rendah). Sedangkan dilapangan, harga angkutnya melebihi anggaran patokan kabupaten.

Satgassus menyarankan kepada Pemda, untuk membuat patokan harganya tidak hanya 1, tapi 3 misal, agar setiap kecamatan bisa memilih yang harganya mendekati, sebab ini kecamatannya banyak. 

Sedangkan kepada poktan disarankan agar jika ada harga yang berbeda dari patokan, ditulis riilnya dan disimpan kwitansinya. Supaya ketika ada pemeriksaan bisa disampaikan dengan jujur.

”Nggak usah kawatir. Kalau jujur, pasti selamat. Ukuran mencuri itu, kalau dia melakukan sesuatu dan jika diketahui orang lain, malu—maka itu tanda-tandanya—nggak mau disaksikan orang lain. Tanya pada diri sendiri: kalau saya melakukan itu, Tuhan marah apa tidak. tidak perlu tanya orang lain.” Kata Harun Al Rasyid, Ketua Tim Satgassus.

2. Simplisius Jahali, Poktan dari Kec. Boleng, mengharapkan pengawasan terkait pencairan, jangan sampai ada penyelewengan. 

Hal ini ditanggapi Kabid PSP, bahwa jika administrasi pencairan tahap sebelumnya sudah beres, tahap berikutnya pasti cair.

Kepada Pemda, Satgassus mengingatkan bahwa ”DAK ini uang pusat yang dititipkan ke daerah. Yang kita harapkan peran APIP Daerah, peran inspektorat untuk melakukan pengawasan.”

3. Serta ada masukan terkait rekayasa irigasi, seperti yang terjadi di Kec. Boleng Kab. Manggarai Barat yang merupakan penghasil padi terbanyak Kedua di Manggarai Barat.

”Jika ketahanan pangan diutamakan, perlu ada rekayasa irigasi. Sebab sumber airnya ada, tapi belum merata penyalurannya, mungkin luasan lahan bisa direkayasa untuk membuat saluran air atau penampung”. Kata Diklosari Salah satu ketua poktan.

Dari Kementan memberi solusi, 

”Kalau sumber airnya diatas, itu bisa pompanisasi. Damparit, ini ada sungai, bisa dialirkan ke sawah-sawah. Kementerian Pertanian bisa fasilitasi itu, tapi jangan tahun yang sama. Misal tahun ini damparit, tahun depan RJIT, tahun depannya lagi pompanisasi. Bisa lewat pengajuan bisa juga diskresi pimpinan atau aspirasi. Fokusnya untuk peningkatan produksi pangan.” Ujar Rahmanto, Kementerian Pertanian.

Dalam kegiatan monev ini, Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes POLRI dipimpin oleh Harun Al Rasyid bersama Andre Dedy Nainggolan, Andi Abdul Rachman Rachim, Panji Prianggoro, Adi Prasetyo, Qurotul Aini Mahmudah dan Heryanto melakukan pemantauan bersama dengan Direktorat Irigasi Kementerian Pertanian yang dipimpin oleh Rahmanto, Inda F dan Arpin.

Didampingi Sekda Manggarai Timur Remigius Gonsa Tombor, Kadis Pertanian Manggarai Timur John Sentis, Kabid PSP Manggarai Timur Lili Yana Alni. 

Sekda Kabupaten Manggarai Fansy Jahang, Kadis Pertanian Manggarai Ferdinandus Ampur. Asiten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Manggarai Barat Hilarius Madin, Kadis Pertanian Manggarai Barat Laurensius Halu, Kabid PSP Manggarai Barat Inosensius E. Barjo, beserta seluruh jajaran Pemda terkait, para kelompok tani, fasilitator, dan pengawas pertanian.

Empat Personel Polri Atlet X-Rugby Kontingen Aceh Raih Medali Emas PON XXI Aceh-Sumut 2024


Banda Aceh - KABARPROGRESIF.COM Tim cabang olahraga (cabor) x-rugby Aceh berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Empat atlet dari tim x-rugby tersebut merupakan personel Polri. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto membenarkan, bahwa empat atlet polri tergabung dalam tim x-rugby Kontingen Aceh. 

Mereka telah menorehkan prestasi luar biasa, karena berhasil mendulang medali emas untuk Aceh.

Ke empat personel itu adalah Briptu Putra Rian Adha dari Polres Simeulue, Bripda Muhibbuth Thabari yang merupakan personel Polres Langsa, Bripda Leo Firman dari Polres Aceh Barat, dan Bripda Muhammad Jilal Syahputra dari Polres Aceh Singkil.

Joko mengatakan, selain menambah torehan medali emas untuk Provinsi Aceh, keempat atlet di jajaran Polda Aceh itu juga telah mengharumkan nama Polri lewat prestasinya dalam olahraga. 

“Alhamdulillah personel di jajaran Polda Aceh kembali berprestasi dengan meraih medali emas pada PON Aceh-Sumut,” kata Joko, dalam keterangan tertulisnya, yang dikuti Minggu (15/9/2024).

Abituren Akabri 1994 itu berharap, prestasi yang telah ditoreh oleh keempat personel jajaran Polda Aceh tersebut dapat memotivasi atlet-atlet Polri lainnya yang bertanding pada PON Aceh-Sumut. 

“Kami ikut berbangga atas capaian emas yang diraih empat atlet polri bersama tim. Semoga menjadi motivasi bagi atlet polri lainnya,” demikian, harap Joko.

Peringatan HUT Ke-65 Hiu Kencana, Pangkoarmada II Hadiri Upacara Militer dan Temu Kangen


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-65 Hiu Kencana, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo, menghadiri Upacara Militer yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bertempat di depan Monumen Candrasa Koarmada II, Ujung Surabaya. Jumat (13/9).

Kasal dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan ini merupakan tonggak penting dalam sejarah TNI AL, yaitu tepat 65 tahun pengabdian “Hiu Kencana” adalah bukti dedikasi dan semangat juang yang tinggi dari setiap prajurit Jalasena pengawak kapal selam.

“TNI AL akan terus berupaya membangun kekuatan kapal selam kita menjadi kekuatan yang disegani di Kawasan dan memiliki target 12 armada kapal selam untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045 adalah suatu keniscayaan,” ungkap Kasal.

Pada akhir pelaksanaan upacara militer, Kasal memimpin peletakan karangan bunga di Monumen Candrasa sebagai bentuk apresiasi atas setiap tetes keringat dan air mata yang telah dicurahkan oleh para pendahulu dalam perjalanan Panjang pengabdian Hiu Kencana.

Setelah pelaksanaan upacara militer, peringatan HUT ke-65 Hiu Kencana diakhiri dengan acara “Temu Kangen” yang turut dihadiri oleh Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali, Laksamana TNI (Purn) Soeparno, Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah, Pangkoarmada II Laksda TNI Ariantyo didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dian Ariantyo Condrowibowo, para Pejabat Utama Mabesal, serta para sesepuh Paguyuban Korps Hiu Kencana.

Polri Bentuk Satgas untuk Usut Dugaan Penyelewengan PON XXI


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Polri membentuk satgas khsusus untuk pengusutan kasus dugaan penyelewengan dana Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut). 

Anggota satgas itu pun terdiri dari personel Bareskrim Polri, Polda Aceh, dan Polda Sumatera Utara (Sumut).

“Dalam rangka menindaklanjuti permintaan Kemenpora tersebut, Polri dalam hal ini Direktorat Tindak Pidana korupsi melakukan koordinasi, Kolaborasi, dan membentuk satgas pendampingan,” ujar Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Erdi Chaniago, Jumat (13/9/24).

Menurut Kabagpenum, Satgas itu nantinya melakukan pemantauan dan klarifikasi terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan PON XXI.

“Artinya apa? Dari tim tersebut menyelenggarakan pendampingan atas dugaan pengelolaan yang akan nantinya terindikasi dengan kegiatan korupsi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, ia menyatakan bahwa koordinasi dengan lembaga terkait, seperti Kejaksaan Agung (Kejagung) serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga dilakukan. Namun, ia mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan apabila mendapatkan informasi soal penyimpangan dalam pengelolaan anggaran PON XXI.

“Kami dari Polri juga mengimbau kepada masyarakat apabila mengetahui terkait dengan dugaan penyimpangan pengelolaan anggaran kegiatan XXI,” ungkapnya.

Kapolres Tulunggaung Hadiri Kegiatan Eksotika Batik Tulungagung 2024


Tulungagung - KABARPROGRESIF.COM Kapolres Tulungagung AKBP Muhammad Taat Resdi, SH, SIK, MTCP bersama Ketua Bhayangkari Cabang Tulungagung menghadiri Fashion Festival Ekstotika Batik Tulungagung Tahun 2024.

Para peserta Fashion menampilkan karya pakaian batik di atas panggung.

Acara yang di gelar di Gor Lembupeteng Tulungagung dihadiri Forkopimda Tulungagung juga undangan lainnya, Sabtu (14/09/2024).

PJ Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno, MT mengatakan, kegiatan Eksotika Batik Tulungagung tahun 2024, yang pada dasarnya bertujuan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat serta mengangkat citra daerah dengan gemar menggunakan produk lokal yaitu batik, sibori dan Ecoprint produk IKM Tulungagung.

“Kegiatan ini jelas akan memberikan dampak yang sangat bagus terhadap perkembangan pembangunan daerah Kabupaten Tulungagung. Sirkulasi perekonomian berjalan, pemberdayaan IKM meningkat, sinergitas pemerintah dan IKM serta komunitas pelaku ekonomi kreatif khususnya bagi pengrajin batik, peraga busana, desainer dan sub sektor lainnya seperti kuliner, fotografi semakin kuat”, ujar Heru Suseno dalam sambutannya.

Eksotika Batik Tulungagung tahun 2024 ini merupakan ajang bergengsi yang bisa membawa citra daerah di kancah regional, nasional bahkan internasional.

“Harapan kami tidak berhenti cukup disini, semoga kedepan dengan kegiatan semacam ini dapat menumbuhkan rasa gemar dan cinta produk lokal baik dikalangan instansi atau kedinasan maupun masyarakat umum”, harapan Pj Bupati Tulungagung.

Sementara itu, Polres Tulungagung juga mengikuti Fashion Festival dengan menampilkan rancangan pakaian batiknya.

Untuk memberikan rasa aman selama terselenggaranya kegitan, Polres Tulungagung melakukan pengamanan dan juga pengaturan arus lalu lintas.

Waasintel Panglima TNI Pimpin Diskusi Intelijen Bersama BSPP ATM


Bogor - KABARPROGRESIF.COM Asisten Intelijen (Asintel) Panglima TNI yang diwakili Waasintel  Laksma TNI Ari Hendrawan, S.T., membuka diskusi intelijen dalam Forum Intelligence Discussion Ke-12 antara Sintel TNI dengan BSPP ATM (Bahagian Staf Perisikan Pertahanan Angkatan Tentera Malaysia), bertempat di Hotel Alana Sentul Bogor Jawa Barat, Kamis (12/9/2024).

Dalam sambutan Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha yang dibacakan Laksma TNI Ari Hendrawan menyampaikan bahwa Forum Intelligence Discussion ke-12 antara Sintel TNI dengan BSPP ATM sebagai bagian dari kerjasama militer antara Angkatan Bersenjata Indonesia dan Malaysia, yang bertujuan untuk saling bertukar informasi tentang masalah-masalah strategis yang sedang berkembang di kawasan Asia Tenggara, khususnya di wilayah Indonesia dan Malaysia.

Lebih lanjut Waasintel mengungkapkan isu-isu ini menjadi perhatian karena menyangkut kepentingan bersama, diharapkan nantinya akan mencapai suatu kesamaan persepsi dalam memahami isu-isu tersebut, 

"Oleh karena itu sebagai insan intelijen kita wajib memahami setiap isu-isu yang berkembang di kawasan Asia Tenggara untuk menjaga agar kerja sama keamanan regional tetap terpelihara dan dapat berkembang lebih baik lagi," harapnya.

Diakhir sambutannya, Waasintel Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada  Letnan Jenderal Dato' Mohd RazaliBin alias Ketua Pengarah Perisikan Pertahanan, Angkatan Tentera Malaysia dan seluruh Delegasi Malaysia atas partisipasi aktif dalam memberikan pandangan dan berbagi pengalaman. 

"Saya berharap forum ini dapat dipelihara dan ditingkatkan di masa-masa yang akan datang, karena saya percaya forum ini dapat meningkatkan hubungan dan kerjasama yang lebih baik," pungkasnya.

Tampak hadir pada diskusi tersebut Atase Pertahanan Negara Malaysia Untuk Indonesia Brigadir Jenderal Azrin Iskandar dan para delegasi dari kedua negara.

Polres Tanah Karo Cegah Balap Liar di Kabanjahe, Amankan 5 Unit Sepeda Motor


Karo - KABARPROGRESIF.COM Polres Tanah Karo kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga ketertiban dan keselamatan di jalan raya dengan melakukan penindakan tegas terhadap aksi balap liar yang kerap meresahkan masyarakat.

Pada Minggu (15/09/2024), sekitar pukul 01.00 WIB, Tim Opsnal Polres Tanah Karo dipimpin Kanit 1 Reskrim, Ipda Henry I Damanik, S.H, berhasil mengamankan lima unit kendaraan roda dua yang diduga hendak digunakan untuk balap liar di seputaran Jalan Jamin Ginting, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Kasat Reskrim Polres Tanah Karo, AKP Rasmaju Tarigan, S.H, menjelaskan bahwa tindakan ini dilakukan sebagai respon cepat atas laporan masyarakat yang merasa terganggu dengan aksi balap liar di wilayah tersebut.

“Kami akan terus melakukan patroli rutin dan tindakan tegas terhadap pelaku balap liar, karena aksi tersebut sangat membahayakan keselamatan baik bagi pelaku sendiri maupun pengguna jalan lainnya,” tegas AKP Ras Maju Tarigan.

Selain mengamankan lima unit kendaraan, petugas juga membawa barang bukti ke Polres Tanah Karo untuk proses lebih lanjut. Pelaku balap liar yang terlibat akan dikenakan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. 

“Kami tidak akan memberi ruang bagi pelanggaran hukum seperti ini. Masyarakat diimbau untuk tidak terlibat dalam balap liar, dan segera melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan kegiatan serupa di wilayahnya,” lanjut Kasat Reskrim.

Polres Tanah Karo berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, agar situasi tetap kondusif.

Dengan tindakan tegas ini, diharapkan aksi balap liar yang kerap meresahkan masyarakat dapat diminimalisir dan memberikan rasa aman kepada pengguna jalan serta warga Kabanjahe.

Wujudkan Solo Bebas Pekat, Kapolresta Surakarta Tegaskan Rutin Operasi Miras, Sajam, Narkoba, Judi dan PSK Jalanan


Surakarta - KABARPROGRESIF.COM Tim Sparta Satuan Samapta Polresta Surakarta mengamankan empat pemuda yang sedang pesta minuman keras ( Miras) serta membuat resah warga yang melintas di sekitar lokasi di Pajang Kecamatan Laweyan kota Surakarta, pada hari Minggu (15/09/2024) pukul 03.30 Wib.

Adapun Identitas keempat pemuda yang diamankan oleh Tim Sparta adalah YSA (27), DCP (28), THW (16) ketiganya Warga Laweyan Solo dan 1 orang lagi warga Sukoharjo inisial BWP ( 28).

“Penangkapan keempat pemuda tersebut oleh tim Sparta Sat Samapta Polresta Surakarta pada saat melaksanakan kegiatan patroli wilayah mendapat informasi dari Call Center Tim Sparta bahwa di Wilayah Pajang Laweyan kota Surakarta ada sekumpulan anak muda yang sedang pesta miras, dengan teriak teriak dengan suara yang keras sehingga warga yang melintas merasa resah dengan keberadaan mereka,” kata Kasat Samapta Polresta Surakarta Kompol Arfian Riski Dwi Wibowo, SIK.

“Kemudian Tim Sparta menuju lokasi sesuai informasi dari pelapor, sesampai di lokasi tempat tersebut merupakan sebuah warung yang telah tutup dan dijadikan tempat untuk pesta miras, sekumpulan anak muda tersebut hendak meninggalkan lokasi namun dapat di hentikan tim sparta,” ujarnya.

“Setelah dilakukan penyisiran ditemukan Barang bukti Miras berupa 1 botol minuman keras jenis Iceland, 1 botol bekas air mineral 650 ml berisi bekas Ciu dan 1 botol bekas UC Orange 650 ml berisi bekas Ciu oplosan,” ungkap Kasat Samapta.

“Selanjutnya keempat pemuda beserta barang bukti kita bawa ke mako Polresta Surakarta untuk di tindak lanjuti sesuai prosedur Tipiring,” pungkasnya.

Dihubungi secara terpisah Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Iwan Saktiadi, SIK.MH.MSi menyampaikan bahwa pihak Polresta Surakarta akan terus melakukan operasi miras secara rutin demi menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Demi mewujudkan Kota Solo yang terbebas dari penyakit masyarakat ( Pekat), kami akan terus melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran Miras, Sajam, Narkoba, PSK Jalanan serta judi,” tegas Kapolresta.

Gubernur Akmil Terima Audiensi BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kota Magelang


Magelang - KABARPROGRESIF.COM Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., bersama para pejabat utama Akmil, menerima audiensi dari Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang, drg. Irfan Qadarusman, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Bela Pinarsi, S.H., M.M., beserta rombongan. Pertemuan tersebut berlangsung di Lounge A. Yani, Main Hall Akademi Militer.

Dalam audiensi ini, dibahas berbagai atensi terkait kerja sama antara Akmil dan BPJS Kesehatan, serta upaya peningkatan layanan kesehatan bagi prajurit dan keluarga besar Akademi Militer. 

Dinas Kesehatan Kota Magelang juga turut berpartisipasi dengan membahas rencana program kesehatan preventif yang dapat diterapkan di lingkungan Akmil.

Gubernur Akmil menyampaikan apresiasinya atas perhatian dan dukungan BPJS Kesehatan serta Dinas Kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan yang lebih baik. 

"Sinergi yang terjalin ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata bagi seluruh personel dan keluarga besar Akademi Militer," tegas Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E.

Hadir dalam audiensi tersebut Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Sapto Widhi Nugroho, Dirdik Akmil Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar, S.I.P., M.Han., Dirjianbang Akmil Brigjen TNI Hari Mulyanto, M.Sc., Dirum Akmil Brigjen TNI Dedy Zulkifli, S.H., serta Kakes Akmil Letkol Ckm dr. Andre Novan.

Pesta Miras Bikin Resah Warga Yang Melintas, Empat Pemuda Diamankan Tim Sparta Polresta Surakarta


Surakarta - KABARPROGRESIF.COM Tim Sparta Satuan Samapta Polresta Surakarta mengamankan empat pemuda yang sedang pesta minuman keras (Miras) serta membuat resah warga yang melintas di sekitar lokasi di Pajang Kecamatan Laweyan kota Surakarta, pada hari Minggu (15/09/2024) pukul 03.30 Wib.

Adapun Identitas keempat pemuda yang diamankan oleh Tim Sparta adalah YSA (27), DCP (28), THW (16) ketiganya Warga Laweyan Solo dan 1 orang lagi warga Sukoharjo inisial BWP ( 28).

“Penangkapan keempat pemuda tersebut oleh tim Sparta Sat Samapta Polresta Surakarta pada saat melaksanakan kegiatan patroli wilayah mendapat informasi dari Call Center Tim Sparta bahwa di Wilayah Pajang Laweyan kota Surakarta ada sekumpulan anak muda yang sedang pesta miras, dengan teriak teriak dengan suara yang keras sehingga warga yang melintas merasa resah dengan keberadaan mereka,” kata Kasat Samapta Polresta Surakarta Kompol Arfian Riski Dwi Wibowo, SIK.

“Kemudian Tim Sparta menuju lokasi sesuai informasi dari pelapor, sesampai di lokasi tempat tersebut merupakan sebuah warung yang telah tutup dan dijadikan tempat untuk pesta miras, sekumpulan anak muda tersebut hendak meninggalkan lokasi namun dapat di hentikan tim sparta,” ujarnya.

“Setelah dilakukan penyisiran ditemukan Barang bukti Miras berupa 1 botol minuman keras jenis Iceland, 1 botol bekas air mineral 650 ml berisi bekas Ciu dan 1 botol bekas UC Orange 650 ml berisi bekas Ciu oplosan,” ungkap Kasat Samapta.

“Selanjutnya keempat pemuda beserta barang bukti kita bawa ke mako Polresta Surakarta untuk di tindak lanjuti sesuai prosedur Tipiring,” pungkasnya.

Dihubungi secara terpisah Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Iwan Saktiadi, SIK.MH.MSi menyampaikan bahwa pihak Polresta Surakarta akan terus melakukan operasi miras secara rutin demi menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Demi mewujudkan Kota Solo yang terbebas dari penyakit masyarakat ( Pekat), kami akan terus melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran Miras, Sajam, Narkoba, PSK Jalanan serta judi,” tegas Kapolresta.

Sabtu, 14 September 2024

Anindya Bakrie Buka Suara Usai Jadi Ketum Kadin Baru Hasil Munaslub


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Anindya Bakrie telah resmi menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar di Jakarta, Hotel St Regist Jakarta, Sabtu (14/9/2024). 

Munaslub itu dihadiri 28 Kadin Provinsi dari total 34, dan 25 Asosiasi.

Proses pemilihan Munaslub itu dipimpin oleh Nurdin Halid, dan juga dihadiri Kepala Badan Penegakan Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Bambang Soesatyo, Wakil Ketua Kadin Erwin Aksa, hingga Menteri Investasi atau Kepala BKPM Rosan Perkasa Roeslani.

Seusai terpilih, Anin mengatakan, ini merupakan hari yang spesial untuk dirinya.

"Pertama ya saya ingin sampaikan bahwa ini hari yang spesial bukan hanya buat saya, tapi juga spesial mudah-mudahan untuk perekonomian Indonesia," ujar Anin.

Ia juga mengatakan, akan terus menjalin hubungan yang kuat dengan pemerintah baik pemerintahan yang saat ini masih dipimpin Presiden Joko Widodo maupun pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang akan dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober mendatang.

"Kadin itu adalah mitra strategis pemerintah, jadi mudah-mudahan apa yang diputuskan tadi bisa membuat hubungan dengan pemerintah bisa makin baik," ujar Anindya.

Anindya juga berjanji akan terus menaungi dunia usaha di berbagai sektor untuk menjaga kondusifitas iklim berbisnis di Indonesia. Selain itu, mengakomodir kepentingan pengusaha untuk lima tahun ke depan.

Ia juga memastikan akan menaungi para pengurus Kadin yang sebelumnya.

"Dinamika organisasi tu pasti ada, nah kita berharap ini semua justru bisa membuat Kadin lebih tegup, dan kepada yang sudah bersama-sama marilah kita lanjutkan, yang belum marilah bergabung," ujarnya.

Anindya akan segera dilantik sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia esok hari, Minggu (15/9/2024). 

Hal ini diungkapkan oleh Bambang Soesatyo, yang juga merupakan Ketua MPR seusai acara Munaslub.

"Besok kita pelantikan, tadi baru pengesahan, sudah sah, besok dilantik," ujar Bamsoet.

Ia memastikan, penetapan Anindya sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia pengganti Arsjad Rasjid sudah sesuai ketentuan AD/ART organisasi, lantaran berdasarkan permintaan langsung mayoritas Kadin daerah, tanpa harus menunggu ada pelanggaran kebijakan dari ketum yang menjabat.

"Ini kan kita ha,ya melaksanakan, melaksanakan keinginan asosiasi, daerah. Jadi enggak ada agenda lain, kecuali memediasi apa yang diusulkan daerah," ujar Bamsoet.

Kapolres Metro Depok Gelar Ngopi Kamtibmas Bersama Warga Pancoranmas


Depok - KABARPROGRESIF.COM Kapolres Metro Depok, Kombespol Arya Perdana, menggelar kegiatan Ngopi Kamtibmas di dermaga Setu Rawa Besar, RT 01/06, Pancoranmas, Depok, pada Sabtu Malam (14/9/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh warga sekitar yang antusias menyimak arahan dari pihak kepolisian terkait situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pilkada serentak.

Dalam kesempatan tersebut, Kombespol Arya Perdana mengimbau warga untuk tetap menjaga kerukunan dan persatuan antar tetangga meskipun terdapat perbedaan pilihan politik.

“Perbedaan pilihan itu hal yang wajar, tetapi kita harus tetap mengedepankan perdamaian dan kebersamaan antar warga. Jangan sampai Pilkada memecah belah kerukunan yang sudah terjaga dengan baik selama ini,” ujar Arya Perdana.

Selain itu, Kapolres juga memberikan arahan terkait Kamtibmas di wilayah sekitar.

Ia menyoroti meningkatnya kasus tawuran yang melibatkan remaja dan meminta para orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anak mereka.

“Belakangan ini, kasus tawuran semakin marak terjadi di kalangan remaja. Saya harap orang tua dapat lebih mengawasi aktivitas anak-anak mereka, terutama saat mereka berkumpul dengan teman-temannya,” tegasnya.

Lebih lanjut, Arya juga mengimbau warga untuk mengaktifkan kembali pos ronda guna mencegah tindak kejahatan, seperti pencurian motor yang kerap terjadi di malam hari.

“Mari kita perkuat pengamanan lingkungan dengan mengadakan ronda malam. Dengan kebersamaan, kita bisa menekan angka kejahatan di wilayah ini,” tambahnya.

Kegiatan Ngopi Kamtibmas ini menjadi sarana efektif bagi warga dan kepolisian untuk berdiskusi mengenai keamanan lingkungan serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk menciptakan suasana yang kondusif, terutama menjelang Pilkada serentak.

Danlanud Sam Ratulangi Hadiri Pengarahan Presiden RI Di Ibu Kota Nusantara


Kaltim - KABARPROGRESIF.COM Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Ramot C.P. Sinaga, S.E., M.Han., menghadiri pengarahan Presiden RI Ir. Joko Widodo di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Kamis (12/9/2024).

Dalam pengarahan yang diikuti seluruh Panglima, Komandan, Kepala di jajaran TNI Polri, hingga tingkat Kodim dan Polres se-Indonesia dengan total yang hadir sebanyak 1.094 orang, Presiden RI meminta TNI Polri untuk menerapkan semangat transformasi yang sedang berlangsung di IKN.

Semangat transformasi, menurutnya, mencakup pembangunan gedung menerapkan standar green building, transportasi berbahan bakat ramah lingkungan, dan pemanfaatan energi hijau sebagai sumber pembangkit tenaga listrik. 

Presiden RI menekankan pentingnya memahami progress pembangunan IKN sebagai simbol kota masa depan. 

"Itulah masa depan dunia dan kita juga menuju ke sana tetapi mendahului yang lain. Pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita dan visi besar dalam pembangunan Indonesia sentris dalam rangka pemerataan dan keadilan," jelasnya.

Lanjut dikatakan bahwa pemindahan ibu kota bukan hanya soal perpindahan fisik, melainkan mengubah pola pikir dan budaya kerja di pemerintahan karena efisiensi serta kecepatan dalam bekerja adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi persaingan global.

Turut hadir dalam pengarahan ini Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subiyanto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Menteri Sekretaris Negara Bapak Pratikno, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan para pejabat TNI Polri lainnya.

Satreskoba Polrestabes Surabaya Gerebek Delapan Orang saat Asik Pesta Sabu di Jalan Kunti Surabaya


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Tim Satresnarkoba Polrestabes Surabaya menggrebek delapan orang saat melakukan pesta sabu di dua lokasi Jalan Kunti, Kecamatan Semampir, Surabaya, Kamis (12/9/2024) kemarin, sekitar pukul 12.30 WIB.

Dari penggerebekan itu, polisi mengamankan satu orang bandar sabu dan tujuh pengguna.

Kompol Suriah Miftah Kasat Resnarkoba Polrestabes Surabaya, melalui AKP Haryoko Widhi Kasi Humas mengatakan, pengedar narkoba itu berinisial F. Ia disebut sudah menjalankan aksinya sejak awal Agustus 2024.

Tersangka F disebut menyediakan tempat khusus untuk mengkonsumsi sabu dengan biaya sewa Rp10.000 per sesi, lengkap dengan alat hisap.

“Sementara, para pengguna membeli sabu dalam paket seharga Rp100.000 hingga Rp 130.000 per paket,” kata Haryoko, Jumat (13/9/2024).

Sementara itu tujug orang lainnya adalah A P (39), A D F (21), M J R (17), A H (52), dan A G (31). Mereka semua positif menggunakan narkotika jenis sabu berdasarkan hasil tes urine. Salah satu pengguna, MJR, bahkan masih berstatus pelajar.

Dari hasil penggerebekan, polisi juga menyita empat paket sabu seberat total 1,66 gram, alat hisap, korek api, pipet kaca, plastik klip, uang tunai hasil penjualan sabu senilai Rp890 ribu.

“Serta enam buah handphone dan sebuah HT yang digunakan untuk memantau kehadiran petugas,” tutur Haryoko.

Dalam kasus ini, tersangka F dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) dan Pasal 112 ayat (1) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Tersangka F terancam hukuman berat. Sementara, para pengguna yang terbukti positif akan diproses lebih lanjut sesuai hukum yang berlaku,” tandasnya.

Hasil Munaslub Putuskan Anindya Bakrie Jadi Ketum Kadin


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Musyawarah Nasional Luar Biasa atau Munaslub Kadin Indonesia resmi menetapkan Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin menggantikan Arsjad RasjKadi.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia Bambang Soesatyo yang hadir dalam acara itu mengatakan, 28 Kadin Provinsi yang ikut dalam Munaslub itu telah menyepakati Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin

"Udah selesai tadi, secara aklamasi dari 28 ketua-ketua umum Kadin daerah hadir, 25 asosiasi, pimpinan juga hadir, secara aklamasi sudah terpilih Pak Anin (Anindya)," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR itu di lokasi Munaslub, St Regist Jakarta, Sabtu (14/9/2024).

Karena peserta Munaslub ialah pimpinan Kadin daerah mayoritas dan sudah aklamasi, yakni 28 dari 34 Kadin Provinsi, maka kepemiminan Anin menurut Bamsoet telah sah dan tak menyalahi AD/ART organisasi.

Ia juga menekankan, dalam AD/ART organisasi disebutkan, pemilihan Ketua Umum dalam Munaslub sudah bisa ditetapkan bila daerah memang membutuhkan ketua baru, tanpa harus ada pelanggaran yang dilakukan ketua umum yang tengah menjabat.

"Ini kan kita hanya melaksanakan, melaksanakan keinginan asosiasi, daerah, jadi enggak ada agenda lain, kecuali memediasi apa yang diusulkan daerah," ujar Bamsoet.

"Baca saja di dalam AD/ART kalau daerah minta perGantian bisa aja, daerah yang minta, yang punya kuasa kan daerah," tegasnya.

Kapolres Tangsel, Jenguk Anak Korban Laka Lantas, Perkara Naik Ke Tahap Penyidikan


Tangerang - KABARPROGRESIF.COM Kapolres Tangerang Selatan AKBP Victor D. H. Inkiriwang, S.H., S.I.K., M.Si. berkunjung ke RS. Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Didampingi Kasat Lantas AKP Rokhmatullah, kunjungan tersebut dalam rangka menjenguk anak I.K.A (3 tahun) yang mengalami luka berat akibat kecelakaan lalulintas di daerah Cipayung, Ciputat.

Selain menyapa ke dua orang tua dan keluarga korban, juga menyampaikan rasa empati dan kepeduliannya, serta mendo’akan untuk kesembuhan korban. Kapolres juga berdiskusi dengan dokter dan pihak manajemen rumah sakit untuk memastikan bahwa korban mendapatkan perawatan medis yang terbaik.

Sementara itu Kasat Lantas Tangerang Selatan AKP Rokhmatullah menerangkan bahwa perkara laka lantas tersebut statusnya sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan.

“dapat kami sampaikan terkait perkara kecelakaan lalulintas di Cipayung, statusnya sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan, dimana dalam proses penyidikannya, Penyidik Penegakan hukum kecelakaan lalulintas Polres Tangerang Selatan melakukannya secara komprehensif dengan menggunakan metode Scientific Crime Invesigation” terang Rokhmatullah, Sabtu (14/9/2024)

“Penyidik juga berkoordinasi dan bekerjasama menangani perkara ini dengan melibatkan beberapa ahli baik pihak internal Polri yaitu TAA (Traffic Accident Analysis) dan juga ahli pihak eksternal yaitu ahli pidana serta ahli dari Lalu Lintas dan Angkutan Jalan” pungkasnya.

Danlanud El Tari Hadiri Pengarahan Presiden RI Kepada TNI-Polri Di IKN


Kaltim - KABARPROGRESIF.COM Komandan Lanud El Tari Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, S.E.,M.M menghadiri pengarahan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo kepada pejabat TNI dan Polri di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (12/09/2024).

Pada kesempatan tersebut Presiden meminta TNI dan Polri untuk menerapkan semangat transformasi yang sedang berlangsung di IKN, dalam pelaksanaan tugas di wilayah masing-masing.

Presiden RI juga menekankan pentingnya memahami progres pembangunan IKN sebagai simbol kota masa depan. 

Serta menyoroti konsep pembangunan hijau dan pemanfaatan energi terbaru sebagai bagian dari transformasi tersebut. 

Dikatakan, bahwa semangat transformasi IKN juga harus mencakup pembangunan yang berkelanjutan, dengan menekankan penggunaan standar bangunan hijau, transportasi ramah lingkungan, dan energi hijau. 

Hal ini merupakan bagian dari visi besar Indonesia-sentris, yang bertujuan untuk pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia, bukan hanya di Pulau Jawa.

Lebih lanjut, Presiden menekankan bahwa pemindahan ibu kota bukan hanya soal perpindahan fisik, melainkan tentang mengubah pola pikir dan budaya kerja di pemerintahan. Menurut Presiden, efisiensi dan kecepatan dalam bekerja adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi persaingan global.

Turut hadir dalam pengarahan Presiden sejumlah pejabat tinggi negara, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Sekretaris Kabinet, Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut, Kepala Staf Angkatan Udara dan Kapolri serta pejabat tinggi TNI-Polri lainnya.

KPK Dalami Dugaan Korupsi Pengurusan Izin Tambang di Maluku Utara


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa dua saksi dugaan tindak pidana korupsi atau TPK dan tindak pidana pencucian uang atau TPPU yang menyeret bekas Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba alias AGK.

Kedua saksi tersebut, yakni Darmawan Abdul Syukur (DAS) selaku PNS Kementerian ESDM Direktorat Teknik dan Lingkungan Minerba, Jakarta, serta Agung Suryamal (AGS) selaku Direktur Utama PT. Pelita Jaya Sejahtera Sakti.

"Pemeriksaan di Gedung KPK Merah Putih, atas nama DAS dan AGS," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto dalam keterangan resmi, Rabu, 11 September 2024.

Menurut Tessa, pemeriksaan terhadap DAS dan AGS untuk mendalami perihal pengurusan izin tambang di Maluku Utara.

Sebelumnya, dinukil dari Antara, jaksa penuntut umum menuntut terdakwa Abdul Gani Kasuba dengan hukuman selama sembilan tahun penjara. Abdul Gani Kasuba juga dituntut pidana denda Rp 300 juta subsider enam bulan kurungan.

JPU juga menuntut uang pengganti sejumlah Rp 109,056 miliar dan 90 ribu dolar Amerika Serikat. 

Apabila Abdul Gani Kasuba tidak membayar uang pengganti paling lama satu bulan sesudah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

Namun, jika Abdul Gani Kasuba tidak mempunyai harta benda yang cukup untuk membayar uang pengganti, ia akan dipenjara selama lima tahun.

Mantan Gubernur Maluku Utara dua periode itu diancam pidana dalam Pasal 12 huruf a juncto Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Perbuatan terdakwa juga diancam pidana dalam Pasal 12 huruf b juncto Pasal 18 Undang-Undangan Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP, dan ketiga, melanggar Pasal 12 huruf B.

Dalam persidangan, muncul pula nama anak dan menantu Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, dalam pusaran perkara ini.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Maluku Utara Suryanto Andili mengatakan, Abdul Gani Kasuba menggunakan kode ‘Blok Medan’ dalam memuluskan pengurusan izin tambang ini. Hal ini ia sampaikan saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan perkara dugaan suap Abdul Gani Kasuba di PN Ternate, Rabu, 31 Juli 2024. Ia juga mengaku pernah diajak ke sebuah pertemuan dengan salah satu pengusaha di Medan soal ini.

Sementara itu, Abdul Gani Kasuba mengaku istilah Blok Medan dipakai untuk pengurusan izin tambang di Halmahera untuk usaha milik istri Wali Kota Medan, Kahiyang Ayu, istri Bobby dan putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Kode Itu milik istri Wali Kota Medan, istrinya Bobby,” ujar Gani sembari tidak membantah adanya pertemuan bersama salah satu pengusaha di Medan, Sumatera Utara.

21 Ketua Kadin Daerah Tolak Munaslub, Ini Alasannya

Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Sebanyak 21 dewan pengurus Kadin Provinsi menolak Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). 

Mereka menyebut acara tersebut tidak sah dan tidak sesuai AD/ART.

Munaslub sendiri harusnya digelar saat ada pelanggaran pada prinsip yang ada dalam AD/ART Kadin Indonesia. 

Harusnya baru dilakukan setelah ada dua kali peringatam tertulis yang tidak diindahkan.

Permintaan melakukan munaslub seharusnya diajukan minimal setengah jumlah Kadin provinsi dan setengah dari anggota luar biasa.

"Dewan Pengurus Kadin Sulawesi Tenggara menolak segala bentuk gerakan yang tidak sah. Kami menilai segala tindakan yang tidak sejalan dengan aturan organisasi, merusak marwah Kadin sebagai organisasi wadah dunia usaha," kata Ketua Umum Kadin Sulawesi Tenggara, Anton Timbang dalam keterangannya, Sabtu (14/9/2024).

Munaslub itu dilaporkan memiliki agenda utama menggantikan Arsjad Rasjid selaku Ketua Umum Arsjad Rasjid. 

Mereka yang menolak munaslub juga menyatakan dukungan bagi kepemimpinan Arsjad.

"Dewan Pengurus Kadin Gorontalo menyepakati tetap mendukung kepemimpinan Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia sampai dengan masa bakti tahun 2026," timpal Ketua Umum Kadin Gorontalo Muhalim Djafar Litty.

"Selain itu, berdasarkan AD/ART Kadin Indonesia, Kadin tidak mengenal Munaslub atau pergantian antar waktu selama Ketua Umum Terpilih tidak melanggar atau menyatakan mengundurkan diri," imbuhnya.

Ketua Umum Kadin Sulawesi Tenggara, Anton Timbang juga menyatakan hal yang sama. Termasuk mendukung kepemimpinan Arsjad.

"Dewan Pengurus Kadin Sulawesi Tenggara menolak segala bentuk gerakan yang tidak sah. Kami menilai segala tindakan yang tidak sejalan dengan aturan organisasi, merusak marwah Kadin sebagai organisasi wadah dunia usaha," tegas Anton.

Penolakan munaslub Kadin dilakukan oleh 21 Dewan Pengurus Kadin Provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia, antara lain Provinsi Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara, NTT, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Papua Barat Daya.

Hingga siang ini, Munaslub Kadin Indonesia masih digelar di St Regist, Jakarta. Hadir Ketua Pelaksana Munaslub Bayu Priawan Djokosoetono, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya N. Bakrie hingga Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo.

Perwakilan Satlantas Metro Jakarta Barat Raih Prestasi pada Lomba POCIL dan PKS dalam rangka HUT Lalu Lintas Polri Ke – 69 tahun 2024


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Perwakilan dari Satlantas Polres Metro Jakarta Barat berhasil menorehkan prestasi dalam ajang perlombaan Polisi Cilik (POCIL) dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang digelar dalam rangka memperingati HUT Lalu Lintas Polri ke-69 tahun 2024.

Perlombaan ini dilaksanakan di area depan Ditreskrimsus dan Lapangan Mini Soccer Presisi Polda Metro Jaya pada Sabtu, 14/9/2024.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh berbagai tim dari wilayah Polda Metro Jaya, perwakilan Satlantas Polres Metro Jakarta Barat berhasil meraih dua penghargaan bergengsi.

Untuk lomba Polisi Cilik (POCIL) mereka berhasil meraih juara 2 sementara untuk lomba PKS (Patroli Keamanan Sekolah), mereka berhasil mendapatkan juara Harapan 3.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Ridha Aditya, menyampaikan kebanggaannya terhadap prestasi yang telah diraih oleh anak-anak didik POCIL dan PKS dari wilayahnya.

“Kami sangat bangga atas pencapaian ini. Meskipun lomba ini adalah bagian dari peringatan HUT Lalu Lintas Polri, namun ini juga menjadi momentum penting untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kedisiplinan dan ketertiban lalu lintas sejak usia dini,” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu, 14/9/2024.

Lebih lanjut, Ridha Aditya menegaskan bahwa program PKS dan POCIL merupakan sarana penting untuk melibatkan generasi muda dalam menciptakan budaya tertib lalu lintas.

“Dengan adanya PKS dan POCIL, kami berharap para pelajar dan anak-anak ini menjadi agen perubahan di sekolah dan lingkungan sekitarnya, terutama dalam hal disiplin lalu lintas. Apa yang mereka pelajari di sini bisa menjadi bekal berharga untuk masa depan mereka dan juga untuk keselamatan bersama di jalan raya,” tambahnya.

Perlombaan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sarana edukasi yang kreatif dalam mengenalkan aspek penting dari keselamatan berlalu lintas kepada generasi muda.

Di bawah bimbingan Satlantas Polres Metro Jakarta Barat, anak-anak dari PKS dan POCIL ini tidak hanya dilatih kedisiplinan, tetapi juga diberi wawasan tentang peraturan lalu lintas yang harus dipatuhi.

Keberhasilan dalam lomba ini diharapkan dapat memotivasi para pelajar lainnya untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan serupa dan turut serta menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tertib.

“Kami akan terus mendukung dan membina anak-anak PKS dan POCIL ini agar lebih banyak lagi generasi muda yang sadar pentingnya keselamatan berlalu lintas,” pungkas Kompol Ridha Aditya.

Tim Karate Yonif 328 Kostrad Raih Juara Umum Dalam Kejuaraan Piala Direktur XII Polije Di Jember


Jember - KABARPROGRESIF.COM Tim Karate Yonif 328/Dirgahayu kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih juara umum pada Tournament Kejuaraan Piala Direktur XII Politeknik Negeri Jember (Polije) yang berlangsung di GOR Joeang 45, Jember, Jawa Timur, pada Sabtu-Minggu (7-8 September 2024).

Kejuaraan Piala Direktur XII Polije merupakan ajang bergengsi di wilayah Jawa Timur, di mana para atlet terbaik dari seluruh provinsi diseleksi ketat untuk bertanding dalam kompetisi ini. 

Persaingan yang ketat dan penuh semangat dari para peserta semakin menambah gengsi turnamen tersebut.

Dalam kejuaraan tersebut, tim karate Yonif 328/Dirgahayu tampil maksimal dan berhasil mengumpulkan total 7 medali emas, 9 medali perak, dan 12 medali perunggu. 

Berkat torehan prestasi ini, kontingen Yonif 328/Dirgahayu dinobatkan sebagai Juara 1 Umum di kategori TNI/Polri, menunjukkan kekuatan dan dedikasi yang luar biasa dari para atlet karate mereka.

Dengan prestasi ini, Yonif 328/Dirgahayu semakin memperkokoh reputasinya sebagai salah satu unit militer yang unggul tidak hanya dalam tugas pertahanan negara, tetapi juga dalam bidang olahraga, khususnya karate.

Polresta Bengkulu Usut Korupsi Dana BOS Rp1,2 M Dipakai Judi Online


Bengkulu - KABARPROGRESIF.COM Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bengkulu mengusut kasus korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hingga sebesar Rp1,2 miliar yang diduga dilakukan dua orang pelaku. 

Polisi menyebut hasil korupsi itu digunakan pelaku untuk judi daring.

Kasubnit Tipikor Polresta Ipda Hendra Syahputra mengatakan berdasarkan hasil audit dari Inspektorat Kota Bengkulu, kerugian negara yang ditimbulkan oleh tindakan dari kedua tersangka tersebut sebesar Rp1,2 miliar.

Adapun para tersangka dalam kasus korupsi dana BOS 2020-2021 itu adalah IM selaku mantan kepala sekolah dan YN bendahara SMPN 17 Kota Bengkulu. 

Hasil korupsi itu digunakan untuk membeli aset berupa mobil yang kemudian dijual lagi untuk modal judi daring.

"Sementara ini yang berhasil kita dalami tersangka menggunakan uang Dana BOS untuk kepentingan pribadi sendiri," kata Hendra di  Bengkulu, Jumat (13/9).

Dari total kerugian negara sebesar Rp1,2 miliar, Hendra menyebut pelaku sudah mengembalikan sebagian yakni sekitar Rp130 juta.

"Untuk total kerugian negara sebesar Rp1,2 miliar dan sebagian sudah dikembalikan lebih kurang Rp130 juta dan kedua tersangka diterapkan pasal 2 dan pasal 3 Junto 55 Undang Undang Tipikor," ujar dia.

Sebelumnya, IM dan YN ditetapkan  sebagai tersangka terkait kasus korupsi dana BOS di SMPN 17 Kota Bengkulu dengan modus yang digunakan oleh keduanya yaitu membuat surat pertanggungjawaban (SPJ) fiktif.

"Untuk modus sementara ini adalah melakukan perubahan atau surat pertanggungjawaban (SPJ)," sebut dia.

Di sisi lain, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu memperketat pengawasan penyaluran anggaran dari pemerintah khususnya dana BOS guna mengantisipasi terjadinya kembali kasus korupsi di lingkungan sekolah.

"Sebenarnya bicara pengawasan di Kota Bengkulu, tapi terkait dengan kasus tertentu, melalui Inspektorat akan melakukan lebih maksimal lagi," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Bengkulu Gita Gama Raniputera.

Ia menyebutkan, Inspektorat Kota Bengkulu akan lebih menjaga dan memperketat pengawasan secara komprehensif terkait penggunaan anggaran yang digunakan oleh semua organisasi perangkat daerah (OPD) termasuk sekolah di wilayah tersebut.

Dengan adanya kasus korupsi di wilayah sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Bengkulu terkait penggunaan dana BOS, Gita berharap agar tidak ada lagi sekolah di wilayah tersebut yang melakukan penyalahgunaan anggaran dari pemerintah.

"Ini menjadi pembelajaran bagi kepala sekolah dan bendahara yang mengelola dana BOS sehingga hal-hal yang terjadi (penangkapan kasus korupsi) tidak terulang," ujarnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Pesisir Tengah Berikan Tali Asih kepada Warga Pengidap Kanker Kulit di Sukarame


Pesisir Barat - KABARPROGRESIF.COM Bhabinkamtibmas Polsek Pesisir Tengah melaksanakan kegiatan sambang sosial kepada warga yang sedang berjuang melawan penyakit kanker kulit di Pemangku Sukarame, Pekon Way Suluh, Kec. Krui Selatan Kab. Pesisir Barat. Jumat (13/09/24)

Kapolres Pesisir Barat, AKBP Alsyahendra, S.I.K., M.H., melalui Kasihumas Polres Pesisir Barat Ipda Kasiyono, S.E.,M.H. mengatakan bahwa Kegiatan sambang dan pemberian tali asih ini merupakan salah satu upaya kepolisian dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat serta menunjukkan komitmen mereka dalam mewujudkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan sekitar.

Dalam kunjungan tersebut, Bhabinkamtibmas memberikan tali asih berupa paket sembako sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap kondisi warga yang membutuhkan uluran tangan. 

Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi keluarga sekaligus memberikan semangat kepada pasien untuk tetap kuat menghadapi penyakitnya.

“Kami ingin memastikan bahwa warga yang mengalami kesulitan, baik dari segi kesehatan maupun ekonomi, merasa bahwa mereka tidak sendirian. Kepolisian hadir untuk membantu dan memberikan dukungan moral,” ujar kasihumas

Kepolisian berharap kegiatan seperti ini akan terus berlanjut, sebagai bentuk nyata kepedulian sosial kepada masyarakat yang kurang beruntung, khususnya di wilayah Kabupaten Pesisir Barat.

Yonarmed 10 Kostrad Terima Kunjungan Danpussenarmed


Bogor - KABARPROGRESIF.COM Danyonarmed 10  Kostrad Letkol Arm Ady Kurniawan, M.Han dan Ketua Persit KCK Ranting 3 Yonarmed 10 Ny. Ady Kurniawan beserta seluruh warga Yonarmed 10/Bradjamusti/1/1 Kostrad menyambut hangat kedatangan Danpussenarmed TNI AD Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos., M.M, dalam rangka kunjungan kerja di satuan Yonarmed 10  Kostrad, Ciluar, Sukaraja, Bogor Jawa Barat, Rabu (11/9/2024).

Setibanya di Yonarmed 10  Kostrad, Danpussenarmed TNI AD Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos., M.M beserta Ketua Persit KCK Cabang XXVII Pussenarmed PG Mabesad Ny. Putranto Gatot disambut dengan tari-tarian oleh anggota persit Yonarmed 10 dan menerima jajar penghormatan dari regu jaga Yonarmed 10/Bradjamusti/1/1 Kostrad, dilanjutkan menerima paparan dari Danyonarmed 10/Bradjamusti/1/1 Kostrad.

Danpussenarmed menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan kerja ini dititik beratkan pada pengecekan Pembinaan Personel, Sarana dan Prasarana Satuan, Pengecekan Alutsista Astros serta untuk mengetahui berbagai kendala yang dihadapi baik dari segi fasilitas, pangkalan, alutsista serta personel dan materiel di satuan Yonarmed 10/Bradjamusti/1/1 Kostrad.

Kejati Sumut Tuntut Mati 50 Terdakwa Perkara Narkotika Sepanjang 2024


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut) menuntut pidana mati 50 terdakwa perkara narkotika dan zat adiktif lainnya hingga September 2024. 

Tuntutan pidana mati tersebut berasal dari beberapa Kejari yang ada di wilayah hukum Kejati Sumut.

"Jumlah perkara dengan tuntutan pidana mati tersebut dihitung sejak Januari sampai September 2024. Perkara tersebut berasal dari Kejari Medan, Kejari Tanjung Balai, Kejari Asahan, Kejari Deli Serdang, Kejari Belawan serta Kejari dan Cabjari yang ada di wilayah hukum Kejati Sumut," kata Koordinator Bidang Intelijen Kejati Sumut Yos A Tarigan, Jumat (13/9).

Yos menyebutkan tuntutan pidana mati tersebut berasal dari Kejari Medan (20 terdakwa), Kejari Asahan (17 terdakwa), Kejari Tanjung Balai (5 terdakwa), Kejari Belawan (3 perkara), Kejari Deli Serdang (3 perkara), Kejari Langkat dan Binjai masing-masing 1 terdakwa.

"Tuntutan pidana mati tersebut sudah sesuai diamanatkan dalam undang-undang, bahwa kejahatan narkotika termasuk jenis kejahatan yang luar biasa. Kalimat yang pas untuk memutus mata rantai peredaran narkoba ini adalah kita harus masif dan agresif," ujarnya.

Tuntutan pidana mati kepada terdakwa narkotika dan zat adiktif lainnya, kata Yos menjadi salah satu upaya untuk memberikan efek jera terhadap bandar, pengedar dan pengguna narkoba. 

Karena, saat ini ada banyak upaya yang dilakukan pengedar dan bandar dalam mendapatkan pengguna baru.

"Bahkan, sampai ada paket murah dan terkadang diberikan gratis dulu untuk mendapatkan pecandu baru. Ketika sudah candu dan ketergantungan, baru lah bandar atau pengedar mematok harga," tegasnya.

Mantan Kasi Pidsus Kejari Deli Serdang ini mengajak masyarakat melakukan pengawasan terhadap anak mereka agar tidak salah dalam memilih teman dan tempat bermain.

"Peran Kejaksaan dalam hal ini adalah lewat penuntutan yang maksimal, sementara upaya pencegahan kita lakukan lewat penyuluhan hukum dan penerangan hukum antara lain ke sekolah lewat Jaksa Masuk Sekolah," paparnya.

Yos menambahkan Kejati Sumut menjadi daerah yang paling tegas menindak terdakwa peredaran gelap narkoba dengan tuntutan pidana maksimal (mati) di seluruh Indonesia. 

Pada 2023, Kejati Sumut dan jajarannya menuntut pidana mati terhadap 93 terdakwa.

"Atas komitmen Kejati Sumut dalam memerangi peredaran obat-obatan terlarang, Badan Narkotikan Nasional (BNN) memberikan penghargaan kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yang diberikan dalam rangka peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024 yang diselenggarakan di Pekanbaru, Riau," urainya.