Pages - Menu

Pages - Menu

Jumat, 20 September 2024

Tunadaksa Fatia Nur Azzahra: Dibully saat Kecil Kini Jadi Calon Polwan


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Siswa Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) RI, Nur Fatia Azzahra (22), merupakan seorang tunadaksa. 

Dia dan satu siswa Sepolwan bernama Novita Fajrin dinyatakan lolos dan memenuhi syarat mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri jalur disabilitas Tahun Anggaran 2024.

Fatia menceritakan dirinya difabel sejak lahir. Perundungan dan nasihat orang tua, lanjut Fatia, adalah dua hal yang membentuk mentalnya sehingga kuat.

“Waktu SD saya pernah mengalami bullying dikarenakan saya tidak bisa olahraga voli, bully-an verbal. Saya Cuma bisa nangis dan kasih tahu orang tua kalau saya itu kenapa di-bully sama teman,” cerita Fatia kepada wartawan di Sepolwan RI, Ciputat, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (19/2024).

“Ayah dan ibu bilang kalau saya itu istimewa, tidak boleh minder dan malu, dan harus membuktikan kalau bisa,” sambung dia.

Fatia menyampaikan sang ayah kerap mengajaknya ke luar rumah untuk sekadar bermain, hingga mengajarkan soal kemandirian. 

Ayah Fatia kerap mendorong Fatia untuk berani merantau.

“Dan alhamdulillah selalu dilatih ayah di depan rumah seperti diajak bermain bulu tangkis, diajak main voli. Meskipun tidak hebat, tapi akhirnya saya bisa mainnya. Ayah selalu memberikan gambaran terkait perantauan. Ayah bilang, ‘Merantau akan membuat kamu lebih berkembang’,” jelas Fatia sambil

Fatia mengungkapkan sang ayah pernah mengajaknya dari Bangka merantau ke Jambi. 

Fatia menyebut ajaran ayah membuat dirinya menemukan banyak hal untuk mandiri dan hidup setara meski kondisi fisiknya disabilitas.

“Sejak SMA saya pernah ikut ayah kuliah S2 di Jambi, Unja. Ayah memberikan gambaran soal kehidupan di perantauan. Alhamdulillahnya sampai saat ini saya merasa banyak hal yang membuat saya mandiri selama merantau,” terang Fatia.

Perempuan asli Bangka Belitung (Babel) ini menjelaskan didikan orang tua menjadikan membentuk dirinya menjadi perempuan yang bertekad kuat. Contoh, meski Fatia disabilitas namun dia bersekolah di umum.

“Saya difabel dari lahir. Saya disekolahkan di sekolah reguler. Saya di SD Islam terpadu, dan SMP-SMA di negeri. Saya kuliah merantau ke Jogja, di UII Fakultas Psikologi,” ucap Fatia.

Fatia lulus dengan nilai sangat memuaskan yakni cumlaude. “(IPK-nya) 3,56, kuliah 3 tahun 8 bulan,” lanjut Fatia.

Ia mengaku sangat gembira saat tahu Polri membuka penerimaan anggota dari jalur disabilitas. 

Sulung dari dua bersaudara ini lalu menyampaikan ke orang tuanya soal keinginan menjadi polwan.

“Dari kecil saya ingin jadi polisi, tapi saya sadar diri karena kondisi saya tidak mungkin diterima. Saya cari tahu sendiri (soal penerimaan jalur disabilitas) di IG (Instagram). Awalnya orang-orang yang kenal saya tidak sangka saya mau jadi polisi, karena yang orang-orang tahu saya mau ambil S2,” cerita Fatia.

Untuk diketahui, Polri melalui Biro Pengendalian Personel SSDM Polri, merekrut 16 penyandang disabilitas pada penerimaan Bintara Tahun Anggaran 2024 ini. Mereka terdiri dari 3 siswa Bintara perempuan dan 13 laki-laki.

Rekrutmen kelompok disabilitas menjadi anggota organik merupakan kebijakan inklusif Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi menuturkan Jenderal Sigit yakin penyandang disabilitas mampu melakukan pekerjaan kepolisian.

“Polri pada tahun 2023 sebenarnya sudah melakukan rekrutmen terhadap kelompok disabilitas tapi untuk golongan ASN atau pegawai negeri pada Polri (PNPP). Dari kelompok itu kita pekerjakan di dua polda yaitu Polda Jogja kemudian di Polda Sumatera Selatan. Dari situ berproses, Pak Kapolri tambah yakin, ‘Saya minta (difabel menjadi-red) anggota Polri’,” tutur Dedi sambil menirukan perintah Jenderal Sigit padanya kala itu.

Flyover Teluk Lamong Resmi Beroperasi, Atasi Kemacetan dan Tingkatkan Arus Logistik Surabaya


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Jalan Flyover (FO) Teluk Lamong Surabaya resmi dioperasikan pada Jumat (20/9). 

Flyover sepanjang 2,4 kilometer ini, diharapkan menjadi solusi untuk mempercepat arus kendaraan masyarakat dari dan ke Pelabuhan Teluk Lamong Surabaya.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, bersama jajaran manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo). 

Acara peresmian berlangsung exit tol akses Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Jumat, (20/9).

Dalam sambutannya, Wali Kota Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada PT Pelindo yang telah menyelesaikan pembangunan flyover tersebut.

"Alhamdulillah, matur nuwun (terima kasih) kepada Pelindo yang sudah membangun Flyover ini. Sudah beberapa tahun kita bahas bagaimana mengatasi kemacetan, dan salah satu solusinya adalah Flyover yang hari ini kita resmikan," ujar Wali Kota Eri.

Ia juga optimistis pembangunan flyover ini akan memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat Surabaya, terutama di sekitar wilayah pelabuhan Teluk Lamong. 

"Flyover ini akan menggerakkan ekonomi di sekitarnya. Ini adalah bukti bahwa pergerakan ekonomi Surabaya tidak bisa hanya dilakukan sendiri oleh pemerintah kota, tetapi juga memerlukan sinergi dengan berbagai pihak," jelasnya.

Terkait permasalahan parkir truk yang sering menyebabkan kemacetan di sekitar pelabuhan, Wali Kota Eri menjelaskan, bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyediakan lahan parkir yang lebih memadai. 

"Kami akan membahas dengan kepolisian dan pihak Pelindo mengenai tempat parkir truk agar tidak ada lagi yang parkir di pinggir jalan. Insyaallah kita akan siapkan tempat parkir khusus," ungkapnya.

Direktur Investasi Pelindo, Boy Robyanto menjelaskan bahwa Flyover Teluk Lamong telah selesai dibangun sejak tahun 2021. 

Flyover ini sebelumnya juga digunakan untuk mendukung kelancaran kegiatan Piala Dunia U-17 Tahun 2023. 

"Alhamdulillah, hari ini kita resmikan bersama Flyover Teluk Lamong dengan Sertifikat Laik Fungsi dan Laik Operasi," kata Boy.

Boy menyebut bahwa Flyover ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). FO ini bertujuan untuk mendukung kelancaran logistik di wilayah Surabaya Barat menuju Terminal Teluk Lamong. 

"Kami berharap Flyover Teluk Lamong dapat memberikan kelancaran logistik dan bermanfaat bagi pengusaha serta masyarakat Surabaya," harapnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto menegaskan pentingnya flyover ini dalam mengatasi kemacetan di Jalan Romokalisari yang sering padat. 

"Flyover ini akan mempermudah akses kendaraan masuk dan keluar tol, serta mendukung arus kendaraan yang semakin meningkat di Terminal Teluk Lamong," jelas Putut.

Ia memaparkan bahwa arus kendaraan menuju Terminal Teluk Lamong terus meningkat setiap tahunnya. 

Bahkan arus kendaraan curah kering dan peti kemas di Terminal Teluk Lamong setiap hari mencapai lebih dari 3000.

"Kita satu tahun lebih dari 3 juta ton curah kering. Untuk peti kemas sekitar 850 (ton), tahun depan bisa 1 juta ton. Tentu dengan adanya flyover ini harapnya akan memberikan manfaat bagi seluruh pengguna jasa," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Surabaya, Irvan Wahyudradjat menjelaskan, bahwa flyover ini dibangun untuk mengurangi beban lalu lintas di Jalan Kalianak dan Jalan Tambak Oso Wilangun. Terutama bagi kendaraan angkutan barang. 

"Selain itu, flyover ini memberikan alternatif rute perjalanan dari dan menuju Terminal Teluk Lamong melalui Jalan Tol Surabaya-Gresik," kata Irvan.

Sebagai tindak lanjut, Irvan menyatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga berencana melanjutkan pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) yang akan terkoneksi dengan Flyover Teluk Lamong. 

"Sehingga memberikan alternatif rute tambahan bagi kendaraan logistik," tandasnya.

Sebagai informasi, Geometrik Flyover Teluk Lamong memiliki panjang total 2.400 meter dengan lebar total 34,80 meter. 

Jalan ini memiliki 2x3 lajur dengan lebar masing-masing lajur 3,50 meter dan lebar median 9 meter. 

Flyover ini dirancang untuk mendukung kecepatan kendaraan hingga 60 km/jam.

Divisi Propam Polri Salurkan 150 Paket Sembako untuk Nelayan Pematang Palas


Sumsel - KABARPROGRESIF.COM Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri melakukan kunjungan kerja ke Markas Komando (Mako) Polair Sumatera Selatan. 

Kunjungan ini dipimpin oleh Kepala Biro Provost Divisi Propam Polri, Brigjen Pol Drs. Sumarto, M.Si., yang didampingi oleh Kombes Pol Joas F. Pandjaitan, S.I.K., serta pejabat dari Polda Sumatera Selatan, termasuk Kabid Humas, Dirpolair, Kapolres Mariana, Danramil, dan para perangkat desa setempat.

Kegiatan ini diawali dengan operasi penegakan ketertiban dan disiplin (Opsgaktibplin) di lingkungan Mako Polair. Tujuan dari operasi ini adalah untuk memastikan bahwa seluruh personel Polair tetap menjalankan tugas dengan disiplin, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Polri.

Setelah kegiatan Opsgaktibplin selesai, Brigjen Pol Drs. Sumarto M.Si. bersama rombongan melanjutkan agenda dengan melakukan bakti sosial bagi para nelayan di perairan Sungai Musi, khususnya di wilayah Pematang Palas. Sebanyak 150 paket sembako dibagikan kepada nelayan yang membutuhkan di wilayah tersebut. 

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Polri terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan yang menjadi salah satu sektor vital di wilayah perairan.

Dalam sambutannya, Brigjen Pol Sumarto menyampaikan harapan agar kegiatan bakti sosial semacam ini dapat terus berlanjut di berbagai wilayah Indonesia. 

"Besar harapan kami kegiatan ini dapat berlanjut di setiap kunjungan kerja Divisi Propam Polri ke berbagai Polda maupun Polres di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dengan semangat Presisi, Polri berkomitmen untuk terus hadir dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, tidak hanya dalam penegakan hukum tetapi juga dalam membantu kesejahteraan sosial masyarakat.

Kejurnas Pencak Silat Kapolri Cup 2024 Kembali Digelar, Asisten Kapolri Bidang SDM: Gali Potensi Atlet Sekaligus Upaya Lestarikan Budaya Indonesia


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Polri menggelar kejuaraan nasional Pencak Silat Kapolri Cup yang berlangsung mulai tanggal 19 hingga 22 September 2024. Kejurnas ini diikuti peserta dari TNI- Polri, instansi dan juga pelajar.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan tujuan penyelenggaraan event ini adalah untuk membangun dan mewujudkan sumber daya Polri yang bertakwa, tangguh dan berprestasi.

“Kejuaraan ini juga merupakan upaya menggali dan membentuk atlet Pencak Silat sekaligus mempererat silahturahmi antar perguruan dan mengembangkan dan melestarikan budaya Indonesia dalam sinergitas TNI-Polri se-Indonesia,” ujar Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Kejurnas Pencak Silat Kapolri Cup 2 juga merupakan salah satu agenda Komite Olahraga Polri (KOP) agar para atlet Pencak Silat Polri mendapat kesempatan untuk mengukur kemampuannya.

“Atlet silat Polri cukup memiliki prestasi yang membanggakan. Seperti di PON Aceh Sumut yang sedang berlangsung, salah satu atlet Polri Bripda Made Aldi Sancitayasa menyumbang medali perak untuk provinsi Bali, ” Tambah Irjen Pol Dedi Prasetyo yang juga merupakan ketua harian KOP.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan memimpin langsung upacara pembukaan kejurnas yang digelar di Gelanggang Olahraga dan Rekreasi, Ciracas, Jakarta Timur.

Sejumlah tamu penting juga akan menghadiri upacara pembukaan kejurnas Pencak Silat Kapolri Cup 2. 

Salah satunya adalah Presiden RI terpilih yang juga merupakan ketua Ikatan Pencak Silat (IPSI) Prabowo Subianto.

Antusias atlet Pencak Silat cukup tinggi mengikuti kejuaraan ini. Tahun pertama penyelenggaraan kejurnas Pencak Silat Kapolri Cup diikuti oleh 3.800 peserta yang berasal dari 34 provinsi.

Kejurnas ini dibagi dalam beberapa kategori, yakni kategori TNI, Polri, serta pelajar yang dikelompokkan berdasarkan tingkatan sekolah SD, SMP, dan SMA.

Beberapa perguruan Pencak silat di indonesia seperti PSHT, Merpati Putih, Kera Sakti dan Cimande juga memastikan mengikuti kejuaraan nasional Pencak Silat Kapolri Cup 2.


Forum di Kampus UI, Wali Kota Eri Paparkan Strategi Pengentasan Kemiskinan


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi diundang dalam forum strategis di kampus Universitas Indonesia (UI), Salemba, Jakarta, untuk memaparkan strategi pengentasan kemiskinan di Kota Pahlawan. 

Wali Kota Eri diundang dalam forum bertajuk “Membedah Program Strategis Pemerintahan Baru dan Solusi Mengatasi Tantangan Menuju Indonesia Emas 2045” yang digelar oleh Sekolah Kajian Stratejik Dan Global (SKSG) UI.

Wali Kota Eri tampil di hadapan sejumlah guru besar dan akademisi UI, serta para pemangku kepentingan terkait dari berbagai kementerian/lembaga. 

Turut hadir sebagai pemateri dalam forum yang digelar Rabu (18/9) itu antara lain Guru Besar UGM Prof. Dr. Gunawan Sumodiningrat, M.Ec, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Prof Dr Amany Lubis, dan Prof Agus Pakpahan. 

Forum tersebut dimaksudkan untuk memberi masukan strategis dari berbagai perspektif kepada pemerintahan baru.

Menurut Wali Kota Eri, kebijakan pengentasan kemiskinan perlu fokus dengan ditopang oleh tiga hal terpenting, yaitu keterpaduan data, keterpaduan kebijakan, dan kolaborasi lintas sektor. 

“Soal data, misalnya, harus benar-benar terpadu, ada interoperabilitas data yang lebih baik. Sehingga daerah bisa bergerak cepat dalam menjalankan program yang tepat sasaran ke warga miskin,” ujar Wali Kota Eri, Jum'at (20/9).

Selain bersandar pada data BPS dan P3KE, Pemkot Surabaya juga berinisiatif melakukan pendataan terpady pada keseluruhan populasi yang memunculkan data kemiskinan sebesar 219.427 jiwa, lebih besar dibanding sumber data lainnya. 

Data 219.427 jiwa tersebut yang menjadi dasar intervensi program.

“Kami melakukan pendataan menyeluruh by name by address. Kita kerahkan ASN untuk mendata di awal didampingi RT/RW. Semua terdata. si A, si B, si C, dan seterusnya, yang ber-KTP Surabaya. Jadi bukan sampling. Kita tidak mempermasalahkan hasilnya kemudian lebih besar, karena dengan demikian kita tahu lebih presisi apa yang harus dilakukan untuk membantu warga miskin,” terang Wali Kota Eri.

“Data kemiskinan Surabaya ini kita bisa akses datanya 24 jam tanpa prosedur birokrasi, seperti harus izin antar instansi daerah dan pusat. Sehingga intervensi bisa lebih cepat dan tepat. Updatenya pun cepat, tidak menunggu hitungan bulan atau bahkan tahun,” jelas Wali Kota Eri.

Dari data tersebut,Wali Kota Eri Cahyadi kemudian memilah tiga strategi utama sesuai karakteristik warga miskin sasaran. 

Tiga strategi itu adalah meningkatkan pendapatan warga miskin, mengurangi beban pengeluaran warga miskin, dan mengurangi kantong-kantong kemiskinan yang banyak berkaitan dengan aspek spasial.

Ketiga program itu memiliki penggerak, yaitu keterpaduan data dan transformasi digital. 

“Jadi program-program pengentasan kemiskinan itu enabler-nya, penggeraknya adalah orientasi berbasis data, jadi tidak ngawur menebar program. Lalu transformasi digital untuk melakukan keterpaduan data, sekaligus mempercepat intervensi program,” beber Wali Kota Eri.

Eri lantas membeber sejumlah program konkrit pengentasan kemiskinan, yaitu rumah padat karya yang menyulap aset atau lahan-lahan menganggur milik Pemkot Surabaya untuk dijadikan lokasi usaha rakyat miskin.

“Aset pemerintah biasanya terletak di lokasi strategis. Jangan hanya pengusaha besar yang bisa mengakses lokasi strategis kota. Aset-aset idle Pemkot Surabaya kini digunakan untuk lahan usaha warga miskin, seperti kafe, laundry, cuci motor, usaha perikanan, produksi paving, dan sebagainya,” jelasnya.

Produksi warga miskin juga diborong pemerintah. Warga miskin dilatih berproduksi, mulai paving, pengelolaan laundry, usaha kafe, hingga produksi maoanan-minuman. 

Produksinya diborong ASN dan perangkat daerah Pemkot Surabaya melalui platform digital e-Peken, sembari secara bertahap diberdayakan untuk menggarap pasar umum.

“Program padat karya ini memberdayakan 35.638 KK miskin. Terdapat 133 aset Pemkot Surabaya yang disulap menjadi Rumah Padat Karya. Dan ada transaksi UMKM oleh ASN Pemkot Surabaya mencapai Rp142 miliar,” ujar Wali Kota Eri yang juga ketua umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), organisasi para wali kota di Tanah Air.

Untuk menekan beban pengeluaran warga, Eri meluncurkan berbagai program, di antaranya pemberian perlengkapan sekolah gratis (tas, sepatu, seragam) kepada ratusan ribu pelajar dari keluarga kurang mampu, ratusan ribu pelajar SMA/SMK dan ribuan mahasiswa menerima beasiswa, berobat gratis memakai KTP untuk semua warga, pendidikan SD-SMPN gratis, fasilitasi BPJS Ketenagakerjaan untuk puluhan ribu pelayan masyarakat, dan sebagainya.

Dengan strategi yang fokus dan tepat sasaran itulah, lanjut Wali Kota Eri, angka kemiskinan di Surabaya bisa terus ditekan. 

Kemiskinan ekstrem yang sebesar 1,2 persen (setara 35.020 jiwa) pada 2024 berhasil turun drastis hingga 7.572 jiwa pada 2023 dan tahun ini ditargetkan zero alias nol kemiskinan ekstrem.

Adapun angka kemiskinan berdasarkan data BPS berhasil diturunkan dari 5,23 persen pada 2021 menjadi 3,96 persen pada 2024, termasuk yang terendah di Indonesia. 

Berdasarkan pendataan menyeluruh Pemkot Surabaya pada keseluruhan populasi, jumlah kemiskinan yang 75.069 KK pada 2022 sukses diturunkan menjadi 28.429 KK per Agustus 2024; dan ditargetkan kembali menurun menjadi 15.000 KK pada Desember 2024.

Polda Sultra Gelar Sidang Kelulusan Tingkat Pusat Seleksi Pendidikan Sespimti dan Sespimmen Polri


Sultra - KABARPROGRESIF.COM Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyelenggarakan Sidang Kelulusan Tingkat Pusat Seleksi Pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-33, PPRA LXVIII Lemhannas RI, PKN Tingkat I LAN RI, dan Sespimmen Polri Dikreg ke-65 untuk Tahun Anggaran 2025. 

Acara ini dilaksanakan melalui sarana Zoom Meeting di Aula Dhacara Polda Sultra, dan dihadiri oleh pejabat tinggi Polda Sultra serta pengawas internal. 

Sidang kelulusan dipimpin langsung oleh Karo Dalpers SSDM Polri Brigjen Pol Nurworo Danang, S.I.K yang berlangsung pada hari Rabu, 18 Agustus 2024, mulai pukul 18.00 WITA hingga selesai.

Sidang kelulusan tingkat Polda Sultra dipimpin oleh Kapolda Sultra Irjen Pol Dwi Irianto, S.I.K., M.Si, didampingi Wakapolda Sultra Brigjen Pol Amur Chandra Juli Buana, S.H., M.H, Karo SDM Polda Sultra Kombes Pol Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., M.M, dan sejumlah pejabat utama serta perwira lainnya dari Polda Sultra.

Adapun peserta sidang kelulusan ini terdiri dari 9 orang pria yang mengikuti Dikbangpimti, yang terbagi dalam tiga program, yaitu Sespimti, Lemhannas, dan PKN Tingkat I. 

Selain itu, terdapat 6 peserta Sespimmen yang terdiri dari 5 pria dan 1 wanita.

Hasil Sidang Kelulusan Sespimti Polri Dikreg Ke-33 memutuskan Lulus Terpilih: 2 orang peserta yakni Kombes Pol Stefanus Michael Tamuntuan, S.I.K., M.Si. (Ka SPN Polda Sultra - Kuota Mabes Polri) dan Kombes Pol Faisal Florentinus Napitupulu, S.I.K., M.H. (Dirpolairud Polda Sultra – Reguler) sedangkan Lulus Tidak Terpilih: 1 orang peserta.

Untuk PPRA LXVIII Lemhannas RI Lulus Terpilih: 1 orang peserta yakni Kombes Pol Leo Joko Triwibowo, S.I.K. (Karolog Polda Sultra - Reguler) dan Lulus Tidak Terpilih: 1 orang peserta.

Untuk PKN Tingkat I LAN RI Lulus Terpilih: 1 orang peserta yakni Kombes Pol Dodi Ruyatman, S.I.K., S.H. (Dirreskrimum Polda Sultra - Kuota Mabes Polri) dan Lulus Tidak Terpilih: 2 orang peserta.

Sespimmen Polri Dikreg Ke-65 Lulus Terpilih: 4 orang peserta yakni Kompol I Gede Pranata Wiguna, S.H., S.I.K. (Wakapolres Wakatobi - Reguler), Kompol Muhammad Sofwan Rosyidi, S.I.K., M.H. (Kaurgakkum Subbidprovos Polda Sultra - Reguler), Kompol Ronald Arron Maramis, S.I.K., M.H. (PS Kasubdit 4 Ditreskrimsus Polda Sultra - Reguler) dan Kompol Lesmana Pramuditya Primajati, S.I.K., M.M. (Kasi BPKB Subditregident Ditlantas Polda Sultra - Reguler) dan Lulus Tidak Terpilih: 2 orang peserta (1 pria, 1 wanita).

Pendidikan sespimti, lemhanan, sespimmen dan lainnya merupakan bagian dari upaya Polda Sultra dalam mendukung program peningkatan kualitas SDM Polri yang Presisi, serta sebagai langkah strategis dalam mencetak pemimpin Polri yang kompeten dan profesional.

Kasus Narkoba Rp 2,1 Triliun, Ini Deretan Tersangka yang Terlibat


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Bareskrim Polri membongkar kasus pencucian uang Rp 2,1 triliun hasil peredaran gelap narkoba yang dikendalikan narapidana di Lapas Tarakan. 

Bareskrim Polri saat ini tengah mendalami dugaan keterlibatan oknum dalam kasus tersebut.

Wadirtipidnarkoba Bareskrim Polri Kombes Arie Ardian mengungkapkan ada dua orang oknum yang diduga terlibat dalam jaringan ini. 

Hal ini disampaikan Arie Ardian saat ditanya wartawan apakah ada dana yang mengalir kepada oknum penegak hukum.

“Iya tadi kan sudah disampaikan ada 2 (orang oknum),” kata Arie Ardian kepada wartawan seusai konferensi pers di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2024).

Namun, saat ditanya siapa inisial kedua oknum tersebut, Arie Ardian menyampaikan hal ini masih dalam pendalaman. 

Termasuk, pihaknya juga akan mendalami soal aliran dana hasil pencucian uang tersebut.

“(Inisial oknum) dalam pendalaman, masih dalam pendalaman dulu ya, jadi belum kita pastikan,” imbuhnya.

Bareskrim Polri membongkar kasus pencucian uang Rp 2,1 triliun hasil peredaran gelap narkoba jenis sabu yang dikendalikan oleh Hendra alias HS, napi di Lapas Tarakan. 

Total ada 9 tersangka yang ditangkap dalam kasus ini, termasuk HS.

Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada menyebut, HS tidak bekerja sendiri melainkan bekerja sama dengan beberapa orang.

Mereka yang membantu HS berjumlah delapan orang, di antaranya T sebagai pengelola uang hasil kejahatan, MA sebagai pengelola aset hasil kejahatan, S sebagai pengelola aset hasil kejahatan.

Berikut rincian 9 tersangka tersebut:

1. HS, terpidana kasus pencucian uang;

2. T, pengelola uang hasil kejahatan;

3. MA, pengelola aset hasil kejahatan;

4. S, pengelola aset hasil kejahatan;

5. CA, membantu pencucian uang;

6. AA, membantu pencucian uang;

7. NMY (adik tersangka AA), membantu pencucian uang;

8. RO, membantu pencucian uang dan upaya hukum;

9. AY, kakak RO.

Wali Kota Eri Dampingi Presiden Joko Widodo Cek Stabilitas Harga di Pasar Dukuh Kupang Surabaya


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan pengecekan harga dan stok kebutuhan pangan di Pasar Dukuh Kupang, Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya, Jumat (20/9). 

Pengecekan dilakukan untuk memastikan stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat.

Dalam kunjungannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa harga bahan pangan di Kota Pahlawan cenderung stabil. 

Bahkan, ia menemukan harga telur yang dibandrol lebih murah dari harga standar Nasional yakni Rp 24 ribu per kilogramnya.

"Ya, mampir untuk melihat harga-harga. Saya lihat baik semuanya, tadi saya lihat telur harganya terlalu rendah untuk saya. Rp 24 ribu per kilogramnya," kata Presiden Joko Widodo usai melakukan pengecekan.

Menurutnya tren penurunan harga pangan dipengaruhi dengan adanya stok yang melimpah. 

Sebab tak hanya telur, cabai rawit juga mengalami penurunan hargn

"Kemudian cabe rawit harganya Rp 35 ribu per kilogramnya. Saya kira harganya terlalu rendah. Mungkin karena pasokannya terlalu banyak," ungkap Presiden Jokowi.

Selain melakukan pengecekan harga bahan pokok, Presiden Joko Widodo juga menyerahkan Bantuan Langsung Tunai dan Bantuan Modal Kerja kepada para pedagang. 

Presiden yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Oktober 2024 itu, juga terlihat berbincang dengan pedagang sambil membagikan kaos hitam dan sembako.

Selama kunjungan Pasar Dukuh Kupang, Wali Kota Eri senantiasa mendampingi Presiden Joko Widodo dari awal hingga akhir. 

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, perhatian Presiden Joko Widodo kepada kestabilan harga bahan pangan di Kota Surabaya disambut antusias yang tinggi oleh para pedagang.

Untuk diketahui, sebelumnya Presiden Joko Widodo telah melakukan kunjungan ke Pasar Soponyono, Kecamatan Rungkut pada Jumat (6/9). 

Lalu, dua minggu setelahnya kembali melakukan pengecekan harga di Pasar Dukuh Kupang.

Sosialisasi Hukum “Netralitas Anggota Polri Dalam Masa Pemilukada 2024” Digelar Mapolres Bangkalan


Bangkalan - KABARPROGRESIF.COM Seksi Hukum (Sikum) Polres Bangkalan menggelar sosialisasi dan penyuluhan hukum pada personel polres Bangkalan di Aula Wicaksana Laghawa Mapolres, Kamis (19/09).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakapolres Kompol Andi Febrianto Ali, S.E.  Dalam sambutannya, Wakapolres Kompol Andi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada personel yang hadir dalam sosialisasi hukum kali ini yang mengangkat tema menjaga “Netralitas Anggota Polri Dalam Masa Pemilukada 2024”.

Materi yang disampaikan sangat relevan dengan tugas Polri dalam masa Pemilu 2023-2024, mencakup gambaran/garis besar Pemilu, tanggung jawab Polri dalam masa Pemilu, hak pilih dan dipilih bagi anggota Polri, serta sanksi yang dikenakan pada pelanggaran netralitas. 

Selain itu, pembahasan juga mencakup pemahaman tentang politik praktis dan bentuk-bentuk pelanggaran yang perlu dihindari.

“Hasil dari kegiatan ini nanti, harapannya dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas kepolisian. Terutama apa yang harus dilakukan sebagai anggota polri untuk tetap menjaga netralitas selama pilkada berlangsung hingga 25 November mendatang,” terang Kompol Andi.

Kompol Andi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi terhadap para personel Polri dalam pengaplikasian hukum terhadap pelaksanaan tugas.

“Untuk hasil sosialisasi hukum kali ini, kami minta agar disampaikan kepada rekan lainnya yang belum hadir karena sedang melaksanakan tugas kedinasan yang lain,” tutup Kompol Andi. 

Kejagung Tetapkan 3 Tersangka Korupsi Infofarma, BUMN Buka Suara


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) buka suara dalam perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi dalam Pengelolaan Keuangan PT. Indofarma Tbk (INAF) dan anak usahanya. 

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkn tiga orang tersangka dalam kasus tersebut.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan, hal itu menjadi bagian dari program bersih-bersih BUMN yang dilakukan selama masa kepemimpinan Erick Thohir. 

Penangkapan tersangka manajemen BUMN yang melakukan korupsi akan terus dilakukan.

"Ini bukan yang pertama kali terhadap BUMN atau manjemen atau pengurus yang melakukan korupsi di BUMN. Jadi bersih-bersig ini terus akan dilakukan oleh pak Erick Thohir," ujarnya kepada wartawan, Jumat (20/9).

Arya melanjutkan, sebelumnya pihaknya juga sempat mengungkapkan penemuan kejahatan fraud di tubuh Indofarma setelah dilakukan pergantian manajemen dan audit keuangan di internal perusahaan.

"Seperti kami sampaikan kemarin itu kenapa sampai ada fraud di Indofarma itu kan setelah ada pergantian manajemen kita lakukan audit ditemukan yang seperti itu," sebutnya.

Audit internal perusahaan, kata Arya, dilanjutkan pada audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang kemudian dilanjutkan ke Kejagung. 

"Itu audit internal kemudian kita sampaikan ke BPK, BPK juga lakukan audit abis itu setelah itu baru hasilnya disampaikan ke kejaksaan," pungkasnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi Daerah Khusus Jakarta menetapkan 3 tersangka dalam perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi dalam Pengelolaan Keuangan PT. Indofarma Tbk dan Anak Perusahaan Tahun 2020-2023. Tersangka tersebut berinisial AP.

Tersangka AP selaku Direktur Utama PT. Indofarma Tbk tahun 2019-2023 memanipulasi Laporan Keuangan PT. Indofarma Tbk tahun 2020 dengan membuat piutang/hutang dan uang muka pembelian produk alkes fiktif sehingga seolah-olah target perusahaan terpenuhi.

Kemudian ada tersangka GSR selaku Direktur PT. Indofarma Global Medika (PT. IGM) tahun 2020-2023 guna mencapai target perusahaan di tahun 2020 melakukan penjualan Panbio ke PT. Promedik (anak perusahaan PT. IGM) padahal diketahui PT. Promedik tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pembelian sehingga merugikan PT. IGM, selain itu GSR memerintahkan CSY selaku Head of Finance PT. IGM untuk membuat klaim diskon fiktif dari beberapa vendor dan mencari pendanaan non perbankan untuk memenuhi operasional PT. Indofarma Tbk dan PT. IGM serta membentuk unit baru FMCG untuk melakukan transaksi fiktif.

Tersangka CSY selaku Head of Finance PT. IGM tahun 2019-2021 membuat laporan keuangan PT. IGM seolah-olah sehat dengan cara membuat klaim diskon fiktif, bersama dengan Sdr, BBE selaku Manager Finance PT. Indofarma Tbk tahun 2020-2021 mencari pendanaan non perbankan dan menitipkan dana ke vendor-vendor yang seolah-olah kesalahan transfer, dana yang terkumpul selain digunakan untuk menutupi defisit anggaran juga digunakan untuk kepentingan pribadi CSY.

Kasi Penerangan Hukum, Syahron Hasibuan menyebutkan, "Para tersangka telah merugikan negara sejumlah Rp. 371.000.000.000,- (tiga ratus tujuh puluh satu miliar rupiah) yang saat ini masih dalam penghitungan kerugian keuangan negara oleh BPK RI", seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis (19/9/2024).

Ketiga tersangka diancam pidana Pasal 2 ayat (1), Pasal 3, Jo. Pasal 18 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Untuk keperluan penyidikan, AP ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Jakarta Pusat, GSR di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung dan Tersangka CSY di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan selama 20 (dua puluh) hari ke depan.

Wisuda 1.150 Selantang, Wali Kota Eri: Surabaya Hebat Tak Lepas dari Peran Lansia


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mewisuda 1.150 wisudawan/wisudawati Sekolah Lanjut Usia Tangguh (Selantang) Tahun 2024. 

Prosesi wisuda tersebut digelar di Convention Hall Jalan Arief Rahman Hakim Surabaya, Kamis (19/9).

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menuturkan bahwa program ini memiliki peran penting dalam meningkatkan harapan hidup dan kesejahteraan lansia. 

Yakni, dengan mempertemukan mereka satu sama lain melalui program Sekolah Lansia Tangguh.

“Lansia harus memiliki harapan hidup yang panjang, dan salah satu caranya adalah dengan bertemu sesama lansia. Hari ini, kita wisuda Selantang untuk mereka,” kata Wali Kota Eri usai acara wisuda Selantang.

Wali Kota Eri menyampaikan bahwa melalui program Selantang, para lansia tidak hanya diharapkan merasa bermanfaat. Tetapi mereka juga tetap merasa berdaya guna di tengah masyarakat. 

“Jadi, Sekolah Lansia Tangguh itu agar bagaimana mereka tidak merasa sendiri dan merasa tetap bisa bermanfaat untuk orang lain," tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa program Selantang saat ini sudah berjalan di 31 kecamatan Surabaya. 

Namun di tahun depan, Pemkot Surabaya berencana memperluas cakupan program ini hingga ke tingkat RW.

“Insyaallah di tahun depan Selantang akan kita adakan di setiap RW. Karena Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), sudah ada di setiap Balai RW," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Eri  juga menyampaikan apresiasi mendalam kepada para lansia yang telah berkontribusi besar dalam pembangunan Surabaya.

“Karena Surabaya tidak bisa dilepaskan dari peran para lansia. Surabaya menjadi hebat karena mereka yang merintisnya,” ungkapnya.

Wali Kota Eri juga mengungkapkan perasaan bahagianya saat menghadiri wisuda Selantang. 

Ia menganggap para lansia yang hadir sebagai figur orang tua bagi dirinya, mengingat ayahanda dan mertuanya telah meninggal dunia.

“Beliau-beliau ini seperti orang tua saya sendiri. Abah dan mertua saya sudah meninggal, jadi beliau-beliau ini adalah pengganti orang tua saya,” katanya dengan haru.

Sebagai bentuk penghormatan, Wali Kota Eri berpesan kepada para generasi muda di Surabaya untuk lebih menghargai dan menghormati para lansia. 

Ia berharap anak-anak muda membiasakan diri untuk tidak hanya menyapa orang tua, tetapi juga berhenti sejenak dan mencium tangan mereka sebagai bentuk penghormatan.

“Anak-anak sekarang harus membiasakan diri untuk tidak sekadar menyapa saat bertemu orang tua, tetapi berhenti dan mencium tangan mereka. Itu akhlak yang bagus, dan saya akan memulainya melalui Kampung Pancasila,” tambahnya.

Sementara dalam laporannya, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para lansia yang telah menunjukkan semangat luar biasa dalam mengikuti program Selantang.

“Awalnya program ini bergerak di 31 kecamatan, tetapi tahun depan kami berharap bisa menjangkau 153 kelurahan, bahkan hingga 1.400 RW. Semangat lansia di Surabaya luar biasa, usia tidak menjadi halangan untuk terus bergerak,” ujar Bunda Rini.

Bunda Rini juga mengungkapkan rasa kagumnya terhadap semangat para lansia yang justru menjadi inspirasi bagi para generasi muda.

“Saya yang masih 45 tahun itu kadang merasa lelah ketika banyak kegiatan. Tetapi ketika melihat njenengan (anda), yang usia sudah tidak muda tetapi semangatnya luar biasa, itu menjadi inspirasi bagi saya dan generasi muda lainnya,” katanya.

Bunda Rini berharap agar para lansia selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus bersemangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

“Semoga njenengan semua selalu diberi kesehatan, kekuatan, dan tetap bersemangat,” pungkasnya.

Wakapolda Banten Pimpin Serah Terima Jabatan Ka SPKT Polda Banten


Serang - KABARPROGRESIF.COM Wakapolda Banten Brigjen Pol Hengki memimpin prosesi serah terima jabatan (Sertijab) Ka SPKT Polda Banten bertempat di Ruang Kerja Kapolda Banten pada Rabu (18/09).

Sesuai dalam Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/997//IX/KEP./2024. Ka SPKT Polda Banten AKBP Drs Sopian Girsang mendapat jabatan baru sebagai Gadik Madya I SPN Polda Banten digantikan AKBP Saidin yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubditpatroliairud Ditpolairud Polda Banten mendapat jabatan baru sebagai Ka SPKT Polda Banten.

Wakapolda Banten Brigjen Pol Hengki menyampaikan ucapan terima kasih kepada PJU Polda Banten yang mendapat promosi jabatan atas pelaksanaan tugas, dedikasi dan loyalitas selama pengabdian di Polda Banten, sehingga beberapa agenda besar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan relatif aman.

“Selamat melaksanakan tugas di tempat yang baru, kami mendoakan semoga sukses yang telah diraih dapat terus menghiasi lembaran karir pengabdian saudara,” kata Hengki.

lanjut Hengki mengucapkan selamat kepada Pejabat baru atas kepercayaan yang diberikan pimpinan Polri untuk mengemban tugas di Polda Banten, segera menyesuaikan diri dan harus segera merumuskan ide dalam menghadapi tantangan tugas saat ini. 

“Saat ini tantangan tugas yang di hadapi adalah Pilkada 2024 kembangkan inovasi dalam pelaksanaan berbagai program serta lakukan analisa dan evaluasi secara periodik untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan serta hambatan yang ada untuk dicari solusi penyelesaiannya,” ujar Wakapolda Banten.

Terakhir Hengki menyampaikan bahwa seperti kita pahami bersama, serah terima jabatan di lingkungan polri, mengandung makna yang sangat strategis, ditinjau dari upaya polri untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi, agar tetap mampu menampilkan performance yang optimal dalam menghadapi setiap tantangan tugas dan memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin kompleks.

Sementara itu Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto menambahkan bahwa mutasi di lingkungan Polri adalah hal yang rutin dan biasa terjadi. 

“Hal ini merupakan bentuk tour of duty dan tour of area, serta sebagai upaya polri untuk memberikan peningkatan karier dan motivasi bagi personelnya,” tutup Didik. 

Bareskrim Rampas Aset Milik Terpidana Narkoba Hendra Sabarudin Total Rp221 Miliar


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri berhasil menyita sejumlah aset milik terpidana narkoba Hendra Sabarudin (HS) sebesar Rp221 miliar dari kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tindak pidana asal peredaran gelap narkotika.

Pengungkapan kasus TPPU berkat kerjasama dengan Ditjen Pas Kemenkumham, PPATK dan BNN. 

Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada mengatakan, penyelidikan awal berdasarkan informasi dari Ditjen Pas adanya narapidana di Lapas Tarakan Kelas II A yang kerap berbuat onar.

Dari informasi tersebut kata Wahyu, kemudian Bareskrim melakukan penyelidikan dengan bekerjasama dengan DitjenPas, PPATK dan BNN. 

“Dari hasil penyelidikan, HS masih mengendalikan peredaran narkoba di Indonesia Bagian Tengah khususnya wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi, Bali dan Jawa Timur, artinya meskipun berada di dalam lapas dia masih memiliki kemampuan untuk peredaran narkoba,” kata Wahyu dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Rabu (18/9/2024).

Dari kegiatan pengendalian yang dilakukan terpidana HS, kata Wahyu barang haram jenis sabu yang telah masuk ke Indonesia dari Malaysia sebanyak 7 ton lebih dari tahun 2017 sampai 2024. 

Uang dari hasil peredaran narkoba jenis sabu tersebut kemudian disamarkan oleh HS dibantu oleh delapan orang yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

Adapun peran delapan tersangka berinisial TR, MA, SY, CA, AZ, NY, RO dan AY yakni mengelola aset dan melakukan pencucian uang. Wahyu mengungkapkan berdasarkan analisis dari PPATK, perputaran uang bisnis narkoba sindikat jaringan Malaysia-Indonesia Bagian Tengah ini selama enam tahun mencapai Rp2,1 miliar.

“Sebagian uang yang didapatkan dari hasil penjualan narkoba digunakan untuk membeli aset-aset yang sudah bisa kita nilainya Rp221 miliar,” kata Wahyu.

Wahyu merinci aset-aset yang telah disita sebagai barang bukti tindak pidana pencucian uang yaitu, 21 kendaraan roda empat, 28 kendaraan roda dua, lima kendaraan laut (1 Speed Boat, 4 Kapal), 2 kendaraan jenis ATV, 44 bidang tanah dan bangunan, 2 jam tangan Mewah, uang tunai Rp 1.200.000.000 dan deposito sebesar Rp. 500.000.000.

Wahyu membeberkan modus HS melakukan pencucian uang dengan cara menyamarkan melalui tiga tahap, pertama penempatan uang HS ditransfer atau setor tunai ke rekening atas nama para tersangka dan orang lain, kedua uang tersebut dikirim ke rekening penampung dan kemudian dikirim ke rekening-rekening lain untuk digunakan. Dan ketiga uang milik HS kemudian oleh para tersangka dibelikan atau membelanjakan aset bergerak dan tidak bergerak.

Kabareskrim Wahyu mengatakan para tersangka dijerat dengan Pasal 3,4,5, 6 dan 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan Atau Pasal 137 huruf a, b Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika & Pasal 55 (1) ke 1 KUHP..

“Ancaman hukumannya 20 tahun penjara,” ucapnya.

Jenderal bintang tiga ini menegaskan, pihaknya akan terus melakukan perang terhadap kejahatan narkoba. 

Tidak hanya dengan menangkap para bandar dan pelaku, tetapi juga akan memiskinkan untuk melindungi generasi muda dari bahaya narkoba.

“Ini pesan kepada mereka, bahwa kami akan kejar sampai aset-asetnya, kami akan lakukan TPPU. Jajaran Bareskrim hingga tingkat daerah kami telah perintahkan setiap pengungkapan kejar TPPU. Hanya dengan memiskinkan akan memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya generasi muda. Tahun 2030 kita menghadapi bonus demografi dan itu harus kita jaga untuk menuju Indonesia Emas 2045,” pungkas Wahyu.

Ia pun berterima kasih kepada PPATK, DitjenPas, BNN dan Kejaksaan atas kolaborasi dalam memberantas narkoba sampai ke akar-akarnya.

Rayakan HUT Golkar ke 60, Golkar Surabaya Berangkatkan 60 Bus Ziarah Wali 5


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Golkar ke 60 pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Surabaya akan memberangkatkan 60 bus untuk ziarah ke wali 5.

Ketua DPD Golkar Surabaya Arif Fathoni mengatakan pihaknya akan memberangkatkan sebanyak 60 Bus ziarah wali lima sebagai bentuk rasa syukur atas penghormatan yang diberikan oleh masyarakat Surabaya, kepada partai Golkar di Pemilu legislatif lalu sehingga, Golkar mampu meraih prestasi yang luar biasa dan mendapatkan kursi pimpinan di DPRD Kota Surabaya.

"Kegiatan ini bentuk rasa syukur kita kepada tuhan yang maha Esa atas kiprah partai Golkar yang hingga usia ke 60 dan juga sebagai rasa terimakasih kita kepada masyarakat Surabaya, yang telah memberikan kehormatan kepada partai Golkar sehingga, mampu menorehkan capaian yang luar biasa," kata Arif Fathoni, Jum'at (20/9).

Pria yang akrab disapa Mas Toni ini menambahkan, dalam ziarah wali lima nanti dirinya mengajak masyarakat yang ikut ziarah untuk mendoakan Kepada partai Golkar dan juga pasangan calon Gubernur Khofifah dan wakil Gubernur Emil Dardak serta pasangan calon Wali Kota Eri Cahyadi dan wakil Wali Kota Armuji, agar dimudahkan dalam memenangkan hati rakyat di Pilkada serentak 2024 nanti.

Selain menggelar ziarah wali lima dengan menyediakan 60 armada bus, lanjut Mas Toni, ada beberapa agenda lainnya yang menjadi rangkaian kegiatan DPD Golkar Surabaya dalam menyambut HUT ke 60 partai berlambang pohon beringin tersebut.

"Selain memberangkatkan ziarah wali lima dengan 60 armada bus nanti, DPD Golkar juga menggelar tasyakuran dan tumpengan serta ziarah ke makam pahlawan dan para pejuang partai Golkar," ujarnya.

Kemudian, kata Mas Toni yang kini mendapat mandat menjadi wakil ketua DPRD kota Surabaya ini, Golkar Surabaya nantinya juga akan ada program give away dengan tema "Apa harapan untuk partai Golkar di usia 60 tahun" yang diberikan kepada 60 pemenang.

"Semua kegiatan tersebut sebagai rasa syukur Golkar yang telah memilih ketua umum Bahlil Lahadalia yang merupaka tokoh yang lahir dari anak orang biasa untuk memimpin partai yang luar biasa. Dan juga rasa syukur kami atas prestasi dari putra Surabaya  yakni Sekjend Sarmudji dan Wakil Ketua Umum Adies wakil ketua umum," pungkasnya.

Bripka Riki Terima Penghargaan dari Dirbinmas Polda Sumbar, Ini Prestasinya


Padang - KABARPROGRESIF.COM Bripka Riki Novialdi, menerima penghargaan dari Dirbinmas Polda Sumbar, Kombespol Teddy Rayendra, Rabu, (18/9/2024) siang.

Penyerahan penghargaan di laksanakan di rumah rehab Yayasan Karunia Insani, di Gang Sehati, Lubukbegalung, Padang.

Bhabinkamtibmas Bungus Barat ini memenuhi syarat menerima penghargaan, karena membantu lima pecandu narkob dengan memfasilitasi rumah rehab di yayasan.

“Bripka Riki Novialdi memenuhi syarat menerima penghargaan. Dia ikut memfasilitasi rumah rehabilitasi bagi para pecandu narkoba di Kelurahan Bungus Barat,” kata Teddy.

Kabid Rehabilitasi BNN Provinsi Sumbar, Josra Maidi, mengatakan,

fungsi sosial Bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan untuk mengawasi pecandu yang sudah rehabilitasi.

“Rehabilitasi penting bagi pecandu yang terlanjur menggunakan, tetapi tidak untuk pengedar,” ucap Josra.

Ketua Yayasan Karunia Insani Cabang Sumbar, Rillah Fitrah, mengatakan, Bripka Riki mempunyai program Sentuh Hati Pemakai Narkoba, untuk embantu korban penyalahgunaan narkoba.

“Pendekatan terhadap pecandu narkoba tidak mudah. Tapi, Pak Riki beda, sentuhannya membuat pecandu datang ke sini,” tutur Rillah.

Bripka Riki, Bhabinkamtibmas Polsek Bungus, Polresta Padang, Polda Sumbar ini, memfasilitasi rehabilitasi pecandu narkoba melalui program Sentuh Hati Pemakai Narkoba, sejak setahun lalu.

Ia bekerja sama dengan Yayasan Karunia Insani, dan merehab lima pecandu di tempat itu. Tiga orang dinyatakan sembuh.

“Terima kasih banyak kepada Bapak Dirbinmas. Kami menjadikan penghargaan sebagai motivasi,” tutu Riki. 

KPK Panggil Eks Stafsus SYL di Kasus X-Ray Badan Karantina Pertanian


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan staf khusus Menteri Pertanian era Syahrul Yasin Limpo (SYL), Joice Triatman, untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan X-Ray di Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (20/9).

"Pemeriksaan di Gedung KPK Merah Putih atas nama Joice Triatman, Wiraswasta/Staf Khusus Menteri Pertanian RI," ujar Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto melalui keterangan tertulis, Jumat (20/9).

Sebelumnya, Joice juga berstatus sebagai saksi dalam kasus korupsi pemerasan SYL.

Lembaga antirasuah sudah menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan X-Ray di Barantan tetapi belum mengumumkannya ke publik. 

Identitas tersangka berikut konstruksi lengkap perkara akan disampaikan KPK bersamaan dengan upaya paksa penangkapan maupun penahanan.

Hanya saja, beberapa waktu lalu, mantan Sekretaris Barantan Wisnu Haryana mengaku telah ditetapkan KPK sebagai tersangka. 

Hal itu disampaikan Wahyu setelah menjalani pemeriksaan pada Senin (9/9).

Pada Kamis (15/8) lalu, KPK telah menyurati Direktorat Jenderal Imigrasi untuk melakukan pencegahan bepergian ke luar negeri terhadap enam orang. Larangan tersebut berlaku untuk enam bulan ke depan.

Mereka yang dicegah yaitu WH, IP, MB, SUD, CS dan RF.

KPK mengungkapkan potensi kerugian negara di kasus dugaan korupsi pengadaan X-Ray statis, mobile X-Ray dan X-Ray trailer atau kontainer Tahun Anggaran 2021 mencapai Rp82 miliar.

Target Menang Pilkada di Surabaya 2024, Kader PDIP Wajib Paparkan Program Risma-Gus Hans dan Eri-Armuji ke Warga


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Kemenangan tebal untuk pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Risma-Gus Hans di Kota Surabaya menjadi target khusus bagi PDI Perjuangan Kota Surabaya.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Jatim, Sri Untari Bisowarno mengatakan bahwa, target menang di kota Surabaya adalah sebanyak-banyaknya dan harus linier dengan kemenangan wali kota.

“Karena Bu Risma ini mempunyai legacy di kota Surabaya yang sudah dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat kota Surabaya,” kata Sri Untari Bisowarno saat memberikan sambutan di acara Rakercabsus DPC PDIP di Kota Surabaya, Kamis (19/9).

Selain itu, lanjut Sri Untari, kader-kader PDI Perjuangan kota Surabaya juga akan menjadi pasukan ketok pintu untuk mensosialisasikan program-program Bu Risma-Gus Hans dan Eri Cahyadi-Armuji ke masyarakat Surabaya.

“Tiada hari yang berjalan tanpa pemenangan. Dari rumah-kerumah ketuk pintu untuk menyampaikan program Bu Risma,” tegasnya.

Sementara itu, bakal calon Gubernur Jatim Tri Rismaharini atau yang akrab di sapa Bu Risma mengatakan, dirinya berharap di seluruh kader untuk tetap tidak terpecah belah karena perbedaan kebijakan partai antara pencalonan Gubernur dan Wali kota.

“Memang Mas Eri didukung oleh banyak partai artinya ini memang berbeda dengan saya. Jadi jika partai ada kebijakan lain itu biasa. Kita harus mulai menganggap ini hal biasa. La, yang dibawah ini juga harus sama. Bahwa itu bukan pecah belah. Nah. Kita harus tetap sesuai dengan perintah ibu ketua umum tentang penugasan kita,” terangnya.

Sebagai informasi, PDI Perjuangan kota Surabaya menggelar rapat kerja cabang khusus (Rakercabsus) yang diselenggarakan digedung grand empire palace Surabaya, Kamis (19/9) malam.

Rakercabsus ini merupakan perintah dari DPP PDI Perjuangan untuk melakukan sosialisasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur serta calon wali kota dan wakil wali kota kepada seluruh internal partai setelah mendapatkan rekomendasi partai dan melakukan pendaftaran pencalonan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono dalam sambutannya mengatakan, untuk memenangkan Calon Gubernur Bu Risma dan Wakil Gubernur Gus Hans serta calon Wali Kota Eri Cahyadi dan calon wakil Wali Kota Armuji, harus mengkristalisasi sikap untuk memenangkan kedua pasangan calon tersebut di Pilkada serentak 2024.

“Kita harus mengabarkan kepada masyarakat program-program dari Bu Risma yang salah satunya akan menggratiskan biaya sekolah SMA dan SMK kemudian program program dari pak Eri Cahyadi dan Pak Armuji di kota Surabaya seperti seragam gratis yang sudah dirasakan manfaatnya oleh warga Surabaya,” pungkasnya.

Bripda Kamil Anggota Satbrimobda Banten, Sumbang Mendali Perak Cabang Selam 200 M PON Aceh - Sumut Ke XXI


Serang - KABARPROGRESIF.COM Atlet Selam Satbrimob Polda Banten, Bripda Insanul Kamil Andika Putra sumbang mendali Perak untuk kontingen Provinsi Banten cabang olahraga Selam Kolam atau finswimming Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh - Sumatera Utara 2024 dari nomor lomba 200 meter bifins kategori putra.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 12 hari, dimulai dari tanggal 8 September 2024 - 20 September 2024 di Kolam Renang Tirta Raya Banda Aceh dan Dermaga Angkatan Laut Pulau Sabang.

Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Imam Suhadi, S.I.K., mengatakan atlet Selam Satbrimob Polda Banten berhasil meraih satu medali Perak untuk Banten di kejuaraan PON Aceh - Sumut XXI 2024. 

“Alhamdulillah, Personel Satbrimob Polda Banten yang mewakili Provinsi Banten dapat menyumabang satu medali Perak dari cabor Selam yang kemaren bertanding Satu perak itu dari Bripda Insanul Kamil Andika Putra,” ujarnya.

Selanjutnya Dansat Brimob Polda Banten menyampaikan apresiasi atas pencapaian yang luar biasa dari personelnya. 

“Selamat kepada Bripda Insanul Kamil Andika Putra yang berhasil meraih mendali Perak, terimakasih telah mengharumkan nama Provinsi Banten di ajang PON,” tuturnya.

Diakhir Dansat Brimob Polda Banten berharap agar kiranya prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi personel lainnya untuk terus mengukir prestasi. 

“Saya berharap agar prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi personel untuk terus mengukir prestasi baik di bidang tugas maupun olahraga,” ujarnya.

Kapolda Banten melalui Kabid Humas menyampaikan ucapan selamat untuk Bripda Ihsanul Kamil, 

“Selamat kepada Bripda Ihsanul Kamil tetap semangat untuk menorehkan prestasi berikutnya jadilah Polisi HEBAT,” ucap Kabid Humas Kombes Pol. Didik Hariyanto.

Prestasi yang diraih sebelumnya meraih mendali Emas cabang Olahraga Renang 50 meter dan 100 meter gaya bebas dan estafet mendali Perunggu pada Porprov 2018. 

Pada tahun 2023 kejuaraan finswimming shark open Bandung 2023 meraih 2 Emas dan 1 Perak untuk bifins 50, 100, dan 200 meter.

Ditreskrimum Polda Banten Ungkap Kasus Penipuan Pengadaan Jas Almamater Fiktif


Serang - KABARPROGRESIF.COM Ditreskrimum Polda Banten amankan TS (44) seorang karyawan swasta pelaku Tindak Pidana Penipuan dan Penggelapan pengadaan jas almamater “fiktif”

Dirreskeimum Polda Banten AKBP Dian menjelaskan kronologi kejadian tersebut. 

“Awal mula pada sekira Juli 2023 TS mendatangi beberapa kampus dan mengatakan kepada pihak kampus bahwa dirinya adalah pengusaha konveksi dan mendapatkan dana hibah dari luar negeri, selanjutnya TS mengatakan kepada pihak kampus bahwa dirinya akan memberikan hibah jas almamater dan memberikan hibah berupa uang sekira Rp40 Juta kepada pihak kampus, kemudian TS meminta kepada pihak kampus untuk menandatangani kontrak kerjasama pengadaan jas almamater yang sudah dibuat olehnya dengan mengatakan bahwa kontrak tersebut hanya untuk formalitas agar pihak pemberi hibah percaya bahwa CV. GALERY TIKA JAYA sering mengadakan kerjasama serta tidak akan berakibat hukum, atas perkataan TS tersebut maka pihak kampus menandatangani kontrak kerjasama pemesanan jas almamater,” katanya.

Dian menjelaskan nahwa pelaku mengaku dirinya adalah Direktur dan memiliki kontrak Kerjasama dengan pihak kampus. 

“Selanjutnya setelah mendapatkan kontrak kerjasama dari pihak kampus maka TS menunjukkan kontrak kerjasama tersebut kepada Sdr. SUPRIYADI dan mengatakan bahwa TS selaku Direktur CV. GALERY TIKA JAYA memiliki kontrak kerjasama dengan pihak kampus serta membutuhkan uang untuk pembiayaan pekerjaan pengadaan tersebut, atas dasar tersebut Sdr. SUPRIYADI mau memberikan uang untuk modal pekerjaan pengadaan jas almamater secara bertahap,” jelasnya.

Tersangka TS membuat berita acara untuk perubahan pesanan dimana berdalih ada perubahan pesana dari pihak kampus. 

“Selanjutnya TS bertemu dengan Sdr. KUNAL GOBINDRAM yang merupakan pihak Toko Maniez Textil dan membuat kerjasama dengan Toko Maniez Textil untuk pembuatan jas almamater sesuai kontrak, dengan rekening pembayaran ke rekening atas nama Sdr. ASTRI DAMAYANTI yang diakui TS adalah karyawan dari Toko Maniez Textile. lalu TS selalu membuat berita acara perubahan pesanan kepada Sdr. KUNAL GOBINDRAM, seolah-olah ada perubahan pesana dari pihak kampus tanpa sepengetahuan dari Sdr. SUPRIYADI dan atas dasar surat Berita Acara Kontrak kerjasama antara TS dengan Toko Maniez Textil maka Sdr. SUPRIYADI melakukan transfer ke rekening atas nama ASTRI DAMAYANTI, Kemudian secara bertahap TS seolah-olah memberikan pembayaran atas pekerjaan jas almamater tersebut,” tuturnya.

Setelah TS seolah-olah memberikan pembayaran atas pekerjaan jas almamater tersebut TS tidak lagi melakukan pembayaran kepada Sdr. SUPRIYADI. 

“Selanjutnya TS tidak lagi melakukan pembayaran kepada SUPRIYADI sehingga korban mengalami kerugian yaitu uang modal yang tidak kembali sebesar Rp 40.281.749.000 dan uang fee yang sudah diberikan kepada TS adalah sebesar Rp5.440.050.000 Jadi Total kerugian korban sekira sebesar Rp 45.721.799.000,” terangnya.

Dengan rincian sebagai berikut : Rp 29.109.124.000 di luar Wilayah Hukum Polda Banten. 

Untuk kerugian di Wilayah Hukum Polda Banten sebesar Rp 11.172.625.000 ditambah fee yang sudah diberikan kepada Sdri. SULAWATI FAUZI sebesar RP 5.440.050.000 jadi kerugian yang dialami korban untuk di wilayah hukum Polda Banten adalah sebesar Rp 16.612.675.000,-

Dian menjelaskan kronologis penangkapan tersangka TS. 

“Pada Minggu tanggal 15 September 2024 Jam 01.00 WIB Penyidik melakukan upaya paksa berupa membawa saksi dan penggeledahan serta dibawa ke Polda Banten untuk dilakukan pemeriksaan sebagai saksi, kemudian pada tanggal 15 September 2024 korban ditetapkan sebagai Tersangka serta dilakukan penangkapan dan penahanan, kemudian terhadap Barang bukti yang didapat dari hasil penggeledahan dilakukan penyitaan,” jelasnya.

Barang bukti yang berhasil diamankan :

– 27 Surat Kontrak Kerjasama Universitas dengan TS;

– 15 bundel Surat Perjanjian Pengadaan Barang SUPRIYADI dengan TS;

– 20 bundel Berita Acara Kontrak dan Kerjasama Kunal Gobindram dengan TS;

– 10 bundel Berita Acara Perubahan Kontrak dan Kerja Kunal Gobindram dengan TS;

– 12 belas bundel Perubahan Jumlah Pesanan Jas Almamater;

– 1 bundel print out mutasi rekening BANK BCA atas nama PT. GOLDEN PIPING INDONESIA;

– 1 bundel print out mutasi rekening BANK BCA atas nama ASTRI DAMAYANTI;

– 1 bundel print out mutasi rekening BANK BCA atas nama INDAH PERMATASARI;

– 1 Bundel Print Out Rekening Koran Bank An. GALLERY TIKA JAYA CV BCA Periode September 2023 sampai dengan Desember 2023;

– 1 bundel Slip setor pemindahbukuan yang didapat dari ASTRI DAMAYANTI;

– 1 bundel Slip setor pemindahbukuan yang didapat dari INDAH PERMATASARI;

– 5 buah Kartu ATM milik TS;

– 1 buah kartu ATM milik ASTRI DAMAYANTI.

Dian menerangkan modus pelaku adalah untuk menguntungkan diri sendiri dengan cara pengadaan almamater fiktif. 

“Motif Menguntungkan diri sendiri dengan Modus meminta sejumlah modal untuk pekerjaan pengadaan jas almamater “fiktif” dengan memperlihatkan Kontrak kerjasama pengadaan jas almamater “tidak benar” dari beberapa kampus, atas dasar tersebut korban menyerahkan sejumlah uang kepada Tersangka secara bertahap, kemudian pelaku menyerahkan sebagian modal kepada korban seolah-olah uang tersebut adalah keuntungan padahal menurut pengakuan tersangka uang tersebut adalah uang yang dipergunakan untuk dibayarkan kepada korban adalah milik korban,” terangnya.

Pelaku diancam Pasal 378 KUHPidana dan atau Pasal 372 KUHPidana Ancaman hukuman pidana paling lama 4 tahun penjara.

Pemuda Muhammadiyah Surabaya Serukan Dukungan Program Eri-Armuji di Pilkada 2024


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Program-program inovatif Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji terus mendapat dukungan dari berbagai kalangan. 

Kali ini, dukungan datang dari para pemuda Muhammadiyah, dalam acara Gala Dinner di Aula Balai Pemuda Surabaya, Kamis (19/9).

Ketua Pemuda Muhammadiyah Surabaya, Alfianur Rizal mengungkapkan komitmen organisasi tersebut dalam mendukung program pemerintah kota yang dinilai sejalan dengan nilai-nilai yang diajarkan oleh Kyai Haji Ahmad Dahlan. 

“Malam ini kita berkumpul bersama keluarga besar Muhammadiyah untuk menyamakan persepsi, menyamakan semangat, bahwa bagaimana kemudian keluarga besar Muhammadiyah ini bisa bersama-sama mengawal program-program pemerintah, yang menyentuh dan sesuai dengan semangat almarhum yang diajarkan oleh Kyai Haji Ahmad Dahlan,” kata Alfianur Rizal, Kamis (19/9).

Saat ditanya mengenai dukungan terhadap pasangan calon tunggal Eri Cahyadi dan Armuji untuk Pilkada mendatang, Alfianur menegaskan bahwa Pemuda Muhammadiyah Surabaya secara prinsip mendukung program-program yang baik dari pasangan tersebut. 

Ia menggarisbawahi pentingnya melanjutkan berbagai program yang sudah berjalan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Surabaya.

“Ya, kita prinsipnya mendukung program-program yang baik dari Pak Wali Kota Mas Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Armuji untuk kemudian bisa dilanjutkan di periode berikutnya," ujarnya.

Menurutnya, banyak sekali program yang sudah dirasakan bersama oleh masyarakat Surabaya. Beberapa diantaranya adalah tebus ijazah, program pemuda tangguh, bedah rumah dan lain sebagainya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh berbagai organisasi di bawah naungan Muhammadiyah seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyah, dan Hizbul Wathan.

Kamis, 19 September 2024

Kapolda Banten Kunkerja ke Polres Cilegon, Ini Pesannya


Tangerang - KABARPROGRESIF.COM Kapolda Banten Irjen Pol. Suyudi Ario Seto beserta Ketua Bhayangkari Daerah Banten gelar Kunjungan kerja ke Polres Cilegon pada Selasa (17/09).

Kapolda Banten didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol. Hengki beserta PJU Polda Banten serta ketua Bhayangkari, Kunjungan dilaksanakan dalam rangka asistensi Kapolda Banten dan para Pejabat Utama Polda Banten ke Polres Cilegon serta monitoring situasi Kamtibmas terkini di kewilayahan.

Kapolda Banten memberikan apresiasi kepada kepada seluruh jajaran atas pelaksanaan program Commander wish Kapolda Banten yang diimplementasikan pada tugas sehari-hari. 

"Saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Polda Banten atas pelaksanaan program Commander wish Kapolda Banten yang diimplementasikan pada tugas sehari-hari dalam rangka menjaga situasi kamtibmas diwilayah hukum Polda Banten sehingga tercipta Kamtibmas yang kondusif,” katanya.

“Sebagai anggota Polri khususnya diwilayah hukum Polda Banten, saya berharap kita semua bisa menjadi Bhayangkara yang mampu menakar tingkat ancaman serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mengedepankan hasil analisis berbasis pada pengetahuan data dan metode yang tepat, kemudian dalam memberikan respon terhadap pengaduan dan layanan kepada masyarakat diharapkan bisa dilaksanakan dengan cepat dan tepat,” tambahnya.

Polda Banten mengambil Tagline Polisi Hebat, Hebat sendiri merupakan Akronim dari :

H : Humanis

E : Eksis

B : Bermanfaat

A : Antisipatif

T : Tegas

Humanis : Menjungjung tinggi nilai kemanusiaan, sifat sopan santun dan sikap berwibawa dalam menjaga marwah institusi.

Eksis : Senantiasa hadir ditengah masyarakat untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan.

Bermanfaat : keberadaan anggota Polri memberikan manfaat dan bantuan kepada masyarakat dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Antisipatif : Sikap Prediktif dan Responsif dalam menghadapi permasalahan dan mampu beradaptasi dalam berbagai perubahan.

Tegas : Tindakan yang jelas dan benar dalam mengambil keputusan yang cepat dan terukur.

Kapolda Banten menjelaskan salah satu inovasi adalah Warung Bhabinkamtibmas yang bertujuan membentuk sarana berkumpulnya warga untuk menyampaikan keluhan, sarana atau masukan. 

“Salah satu inovasi Polda Banten yaitu Warung Bhabinkamtibmas, kegiatan ini bertujuan membentuk sarana berkumpulnya warga untuk menyampaikan keluhan, sarana atau masukan kepada Bhabinkamtibmas di Desanya dengan suasana santai seperti keseharian masyarakat berkumpul di warung, adapun fungsi warung Bhabinkamtibmas adalah untuk menjaring informasi hang berkembang ditengah masyarakat dan menjadi Garda terdepan dalam penyelesaian masalah-masalah yang ada di lingkungan warga terkecil agar tidak berkembang menjadi masalah yang lebih besar dan dapat mengganggu keharmonisan keamanan dan ketertiban masyarakat,” jelasnya.

Kapolda Banten menjelaskan tentang program Pecak Polda Banten. “Untuk memudahkan mengingat komitmen Polda Banten terhadap pelayanan masyarakat, saya ingin memperkenalkan program Pecak Polda Banten yang ingin memberikan citra pada enaknya pelayanan Polda Banten kepada masyarakat, dalam hal ini Pecak memiliki akronim Pergelaran Cepat Anggota Kepolisian Polda Banten yang dituangkan dalam program 3 Mantra Aktivitas kita yaitu Quick Response atau datang ke TKP, Pengaturan lalin pagi sore guna cegah kemacetan, penanganan cepat musibah atau bencana alam, dimana memiliki inti melalui Pecak Banten dapat mempresentasikan kehadiran Negata secara cepat kepada masyarakat,” jelasnya.

Kapolda Banten juga menjelaskan program Polisi Peduli Pengangguran. 

“Selanjutnya untuk menyikapi masalah pengangguran di Banten yang bisa berdampak pada angka kriminalitas, Polda Banten berperan aktif dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan gerakan Poliran yang mengacu pada 3M yaitu merekrut, melatih dan menyalurkan,” ujarnya.

“Terkait kegiatan Harkamtibmas yang sudah dilaksanakan melalui program Shalat subuh keliling (Suling), Sholat Jumat Keliling (Jumling), Jumat curhat dan Minggu kasih oleh Polres jajaran dan diharapkan kegiatan tersebut dilakukan secara rutin untuk mendukung tugas Polri dan berpartisipasi aktif dalam menjaga Kamtibmas,” tambahnya.

Terakhir Kapolda Banten berharap agar program Commander Wish dapat berjalan lebih optimal. 

“Saya berharap kepada PJU Polda Banten penanggung jawab Program Commander Wish Kapolda Banten dapat lebih optimal dalam mengimplementasikan program unggulan Polda Banten, dan dalam kegiatan ini dapat dirumuskan tindak lanjut dari analisa dan evaluasi kegiatan setiap program dalam rangka mewujudkan visi strategis Polda Banten,” tutupnya.

Pada akhir kegiatan Kapolda Banten meresmikan Ruang Regional Traffic Management Center (RTMC) serta mengukuhkan Satgas Jawara Street Crime Polres Cilegon. 

Korupsi Penjualan Aset, Kejati Periksa Kabid Tata Bangunan dan Penataan Ruang PUPR Palembang


Palembang - KABARPROGRESIF.COM Tim penyidik pidsus Kejati Sumsel, beberapa waktu lalu telah melakukan penggeledahan, dibeberapa tempat di kota Palembang, kali ini penyidik memeriksa lima orang saksi terkait penyidikan kasus dugaan korupsi penjualan aset Yayasan Batang Hari Sembilan Berupa Sebidang Tanah di Jalan Mayor Ruslan Palembang.

Adapun saksi yang diperiksa berinisial AN selaku Kabid Penataan Ruang PUPR Kota Palembang, AM Kabid Tata Bangunan PUPR Kota Palembang, MD selaku Bagian Survey Pengukuran dan Pemetaan BPN Kota Palembang, EG selaku Bagian Survey Pengukuran dan Pemetaan BPN Kota Palembang, serta ES selaku Bagian Survey Pengukuran dan Pemetaan BPN Kota Palembang.

Kasi Penkum Kejati Sumsel, Vanny Yulia Eka Sari SH MH, membenarkan bahwa pada 18 September 2024, tim penyidik pidsus Kejati Sumsel, memeriksa lima orang saksi atas dugaan korupsi tersebut.

“Adapun nama saksi tersebut, AN selaku Kabid Penataan Ruang PUPR Kota Palembang, AM Kabid Tata Bangunan PUPR Kota Palembang, MD selaku Bagian Survey Pengukuran dan Pemetaan BPN Kota Palembang, EG selaku Bagian Survey Pengukuran dan Pemetaan BPN Kota Palembang, serta ES selaku Bagian Survey Pengukuran dan Pemetaan BPN Kota Palembang,” kata Vanny, Rabu (18/9/2024).

Vanny juga menjelaskan, ketiga saksi diperiksa dari jam 11.30 hingga selesai dan dengan agenda sebanyak 25an pertanyaan.

Sebelumnya tim pidsus Kejati Sumsel, melakukan pengeledahan di tiga kantor sekaligus diantaranya kantor ATR/BPN Kota Palembang dan kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Palembang, pada Selasa (13/8/2024).

Dan pada 14 Agustus 2024 tim penyidik pidsus Kejati Sumsel, juga menggeledah kantor kelurahan Duku kota Palembang.

Pengeledahan tersebut terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi penjualan aset Yayasan Batang Hari Sembilan Berupa Sebidang Tanah di Jalan Mayor Ruslan Palembang.

Dalam penggeledahan tersebut dilakukan penyitaan terhadap beberapa data, dokumen, dan surat yang dianggap perlu dan berkaitan perkara dugaan korupsi penjualan aset yayasan batang hari sembilan berupa sebidang tanah di Jalan Mayor Ruslan Palembang.


Satreskrim Polres Ende Raih 2 Kategori Penghargaan Pada Rakernis Fungsi Reskrim Di Kupang


Kupang - KABARPROGRESIF.COM Setelah sehari sebelumnya diberitakan Satlantas Polres Ende yang berhasil mendapatkan 2 kategori penghargaan, hari ini kembali Polres Ende melalui Satuan Reskrim meraih 2 kategori penghargaan pada Rakernis Fungsi Reskrim tingkat Polda NTT yang diselenggarakan di Hotel Harper Kupang, Rabu (18/9/2024).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H, M.A kepada Kasat Reskrim Polres Ende Iptu I Gusti Made Andre Putra Sidarta, S.Tr.K, S.I.K dengan kategori Peringkat III atas capaian pemberantasan TPPO tingkat Polda NTT dan Kanit Tipidkor Satreskrim Polres Ende Aipda Marsailens D. Benu, S.H dengan kategori Peringkat I atas capaian pemberantasan tindak pidana korupsi tingkat Polda NTT.

Kasat Reskrim Iptu Andre menjelaskan bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras semua pihak, baik internal Polri maupun eksternal Polri, dalam hal ini termasuk kolaborasi dengan Aparat Penegak Hukum lainnya serta Instansi terkait.

Sementara di waktu yang hampir  bersamaan, Kanit Tipidkor Satreskrim Polres Ende yang biasa disapa dengan Aipda Lens Benu menjelaskan akan terus  berkomitmen menjalankan tugas pokok sebagai anggota Polri yang di amanahkan dalam UU no.2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yaitu terkait dengan penegakan hukum khususnya tindak pidana korupsi.

Korupsi Kredit Macet, Kejari Tanjung Perak Jebloskan Direktur PT. Wahyu Tirta Manik ke Penjara


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak menahan Direktur PT. Wahyu Tirta Manik berinisial H.T. 

Pria berusia 67 Tahun itu ditahan dalam statusnya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pemberian kredit dari PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Kantor Pusat kepada PT. Wahyu Tirta Mani senilai Rp 34 miliar. 

Sebelum ditahan, H.T menjalani serangkaian pemeriksaan di gedung Kejari Tanjung Perak, jalan Kemayoran Baru No.1 Surabaya.

Dengan mengenakan baju batik berwana biru. Terlihat raut wajah H.T begitu lemas dan pucat saat melangkahkan kakinya berjalan menuju ruang penyidik Pidsus. 

Sepertinya dia sudah mengetahi bakal ditahan saat berkas kasusnya dilimpahkan penyidik ke bagian penuntutan. 

Usai menjalani pemeriksaan, H.T langsung digelandang oleh penyidik ke mobil tahanan dan selanjutnya dibawa ke Rutan kelas I Surabaya pada Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. 

Menurut Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Tanjung Perak I Made Agus Mahendra Iswara mengatakan, penahanan tersebut dilakukan agar tersangka tidak menghilangkan barang bukti, kabur dan mengulangi perbuatannya. 

"Penahanan ini terhitung 20 hari lamanya, sejak tanggal 18 September 2024 sampai dengan tanggal 07 Oktober 2024," kata I Made Agus Mahendra Iswara, Kamis (19/9).

Iswara menerangkan bahwa penetapan tersangka terhadap H.T berdasarkan Surat Penetapan Tersangka Nomor : Print-4177/M.5.43/Fd.1/09/2024 tanggal 18 September 2024.

“Sebelumnya dia sudah beberapa kali panggil untuk dimintai keterangannya,” terangya.

Ditanya apakah ada tersangka lain selain HT. Iswara meminta menunggu.

“Tunggu masih terus dilakukan pendalaman,” jawabnya.

Atas perbuatannya, penyidik telah mencantumkan beberapa pasal yang rencana akan didakwakan ke tersangka. 

Yakni melanggar Primair Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 2019 yang telah dirubah dan ditambah dengan UU No. 20 Tahun 2001 Jo. Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Subsidiar Pasal 3 jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 2019 yang telah dirubah dan ditambah dengan UU No. 20 Tahun 2001 Jo. Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Untuk diketahui, Kredit yang diberikan oleh Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Kantor Pusat kepada PT. Wahyu Tirta Manik adalah kredit modal kerja standby loan. 

Namun salah satu modus yang dilakukan adalah dengan memalsukan kontrak kerja yang mereka ajukan sebagai jaminan ke Bank.

Sidang Kelulusan Pendidikan Ahli Golongan (PAG) Tahun Anggaran 2024 Polda Banten


Serang - KABARPROGRESIF.COM Polda Banten melaksanakan sidang kelulusan tingkat panda seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira Polri TA 2024, bertempat di Rupatama Polda Banten, pada Jum’at (13/09).

Kegiatan ini dipimpin oleh Karo SDM Polda Banten Kombes Pol. Andi Herindra Rahmawan didampingi Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol. Murwoto serta Kabiddokes Polda Banten Kombes Pol. drg. Iwansyah.

Mengawali kegiatan ini Karo SDM Polda Banten memberikan sambutan, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada peserta PAG yg sampai saat ini masih mengikuti seleksi sampai dengan tahap akhir, 

“Selamat kepada peserta yang sampai saat ini masih mengikuti seleksi dan jika tidak terpilih jangan putus semangat dan harapan, jadikan pengalaman ini sebagai evaluasi diri untuk kedepanya,” kata Karo SDM Polda Banten.

Selanjutnya Karo SDM Polda Banten menyampaikan dari total 53 peserta yang mengikuti seleksi tahap akhir, 21 peserta dinyatakan memenuhi syarat dan 32 peserta lainnya dinyatakan lulus namun tidak terpilih, 

“Seleksi dimulai dari tanggal 2 Agustus 2024 sebanyak 21 peserta dinyatakan lulus seleksi PAG, sementara 32 peserta lainnya dinyatakan lulus namun tidak terpilih. selanjutnya akan mengikuti pendidikan pembentukan perwira pertama di Setukpa Lemdiklat Polri,” ujarnya.

Diakhir Karo SDM Polda Banten Berharap para peserta dapat mengikuti pendidikan dengan baik, 

“Saya berharap agar para peserta dapat mengikuti pendidikan PAG ini dengan baik sesuai program yang telah ditetapkan, karena ini merupakan anugerah dan kebanggaan yang harus disyukuri,” tutupnya.