Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 11 September 2024

Dilantik Gantikan Risma, Gus Ipul Jabat Mensos Selama 39 Hari


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul telah resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju menggantikan Tri Rismaharini.

Gus Ipul dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 102/P tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Mantan politikus PDIP itu menggantikan Tri Rismaharini yang sebelumnya memutuskan mundur karena maju sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jatim.

Gus Ipul akan menjadi menteri sosial keenam selama era Presiden Joko Widodo.

Selama 10 tahun pemerintahan Joko Widodo, kursi mensos pernah diduduki oleh Khofifah Indar Parawansa, Idrus Marham, Agus Gumiwang Kartasasmita hingga Juliari Batubara dan Tri Rismaharini.

Kini Gus Ipul menjabat mensos di ujung masa pemerintahan Joko Widodo yang akan berakhir pada 20 Oktober mendatang.

Jika dihitung sejak dilantik, Rabu (11/9) ini hingga Jokowi lengser 20 Oktober, maka Gus Ipul praktis hanya akan menjabat selama 39 hari.

Akan tetapi, lama masa jabatan Mensos yang diemban Gus Ipul itu juga belum pasti. Terlebih jika Jokowi kembali melakukan kocok ulang atau reshuffle.

Dalam reshuffle kabinet kali ini Jokowi juga melantik sejumlah pejabat lain selain Gus Ipul. 

Mereka adalah Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Irjen Pol Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

0 komentar:

Posting Komentar