Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 13 September 2024

Divhubinter Polri Hadiri Global Fraud Meeting : Pemberantasan Tindak Penipuan Antarnegara


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Divhubinter Polri yang diwakili oleh Kombes Pol. Hery Dian Dwihartanto, S.I.K., M.P.P. dan Iptu Bobby Patriatama Hermawan, S.Tr.K menghadiri kegiatan Global Fraud Meeting di Tokyo, Jepang.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 9-12 September 2024. 

Acara dimulai dengan Welcome Reception yang meliputi registrasi peserta, sambutan dari Director General Organized Crime Department National Police Agency, Mr. Arichika Eguchi, serta makan malam bersama.

Tujuan utama acara untuk memberantas penipuan melalui pertukaran informasi dan pengalaman antarnegara. 

Pada Global Fraud Meeting, Director General Organized Crime Department, National Police Agency Japan, Mr. Arichika Eguchi, menyampaikan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk memberantas tindak penipuan melalui pertukaran informasi antarnegara. 

Ia mengungkapkan bahwa pada 2023, Jepang mencatat 19.038 kasus penipuan, di mana para pelaku sering menggunakan modus SMS dan media sosial, serta memanfaatkan mata uang kripto untuk menjalankan aksinya.

Kepolisian Thailand menyampaikan bahwa penipuan online di Thailand umumnya terjadi melalui media sosial seperti Facebook dan Line. 

Pelaku sering kali menggunakan dokumen palsu dan iklan berbayar untuk menjangkau korban, serta mengirimkan tautan SMS yang memungkinkan mereka mengakses mobile banking korban. 

Thailand telah membentuk Anti-Scam Operation Center untuk menangani kasus penipuan ini. 

Kepolisian Vietnam menyampaikan bahwa penipuan properti di Vietnam semakin meningkat, terutama melalui dunia maya. 

Pemerintah Vietnam secara rutin memberikan penyuluhan kepada masyarakat, dan Kepolisian Vietnam bekerja sama dengan bank untuk meninjau rekening yang mencurigakan serta menggunakan teknologi biometrik untuk mencegah penipuan. 

Vietnam juga aktif berpartisipasi dalam kerja sama internasional dengan INTERPOL, ASEANAPOL, dan EUROPOL

0 komentar:

Posting Komentar