Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 11 September 2024

Duta Besar AS Kamala Shirin Lihat Program Air Minum dan Sanitasi di Pacar Keling Surabaya


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Amerika Serikat dan United States Agency for International Development (USAID), Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Kamala Shirin Lakhdhir melakukan kunjungan ke Jawa Timur untuk melihat perkembangan program air minum dan sanitasi di Kampung Jalan Ambengan Selatan, RW 05 Kelurahan Pacar Keling Kota Surabaya, Selasa (10/9).

Kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam implementasi inovasi Master Meter sebagai upaya mendukung penyediaan akses air minum aman kepada masyarakat. 

Agenda, dilanjutkan dengan diskusi bersama kelompok masyarakat dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk mengetahui tantangan dan pembelajaran dalam penyediaan akses air minum aman.

Communication and Outreach Specialist USAID, Achmad Dardin menjelaskan alam mendukung program Pemerintah Kota Surabaya di sektor air minum, USAID Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) Tangguh saat ini mendampingi PDAM Surya Sembada dalam penyusunan pedoman tentang tata cara pelaksanaan kerjasama investasi dengan badan usaha dalam pengelolaan air minum. Sementara itu, di tingkat masyarakat.

USAID IUWASH Tangguh juga terus melakukan Penguatan kelembagaan Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja PKP) dengan harapan adanya dukungan tersebut bisa mendukung pemerintah Kota Surabaya dalam melakukan berbagai upaya strategis untuk mewujudkan akses aman bagi semua.

Pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia telah menjalin hubungan bilateral yang kuat, selama lebih dari 70 tahun. 

Melalui USAID, Pemerintah Amerika Serikat mendukung program air dan sanitasi di Indonesia selama lebih dari 15 tahun dan telah mendukung peningkatan akses terhadap air minum dan sanitasi aman untuk lebih dari 7,6 juta masyarakat Indonesia.

USAID IUWASH Tangguh adalah salah satu proyek USAID/Indonesia yang bekerja pada 38 kota dan kabupaten di 10 provinsi di Indonesia. 

Proyek ini mendukung Pemerintah Indonesia untuk mencapai akses air minum dan sanitasi aman, peningkatan perilaku sanitasi higiene, dan pengelolaan sumber daya air yang berketahanan iklim bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk masyarakat rentan.

Dalam mendukung pengelolaan sumber daya air, perubahan perilaku higiene, dan peningkatan akses air minum dan sanitasi aman, adil, dan setara, USAID IUWASH Tangguh melakukan kolaborasi dengan semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, sektor swasta, media, komunitas, dan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar