Pages - Menu

Pages - Menu

Selasa, 24 September 2024

Irjen Nico Afinta Resmi Jabat Sekjen Kemenkumham, Latar Belakangnya Mengejutkan


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Mantan Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta resmi dilantik sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) oleh Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, pada Selasa (24/9/2024).

Pelantikan yang digelar di Graha Pengayoman, Kemenkumham, Jakarta Selatan ini menandai babak baru perjalanan karier Nico di dunia birokrasi.

Nico Afinta menggantikan Andap Budhi Revianto yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham. Dalam upacara pelantikan, Nico mengucapkan sumpah jabatan dengan penuh khidmat, berjanji untuk setia kepada UUD 1945 dan menjalankan tugasnya dengan integritas tinggi.

“Bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Nico.

Nico yang dikenal memiliki segudang pengalaman di bidang reserse ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala STIK Lemdiklat Polri. 

Penugasannya sebagai Sekjen Kemenkumham telah tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2098/IX/KEP./2024.

Pria kelahiran 30 April 1971 ini merupakan lulusan Akpol 1992 yang pernah menduduki berbagai jabatan strategis, mulai dari Kapolrestabes Medan, Dirresnarkoba dan Dirreskrimum Polda Metro Jaya, hingga Kapolda Kalimantan Selatan dan Kapolda Jawa Timur.

Dalam acara pelantikan tersebut, tampak hadir sejumlah pejabat TNI-Polri seperti Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran, Kabaintelkam Polri Komjen Syahardiantono, Kadivkum Polri Irjen Viktor Theodorus Sihombing, hingga Kasum TNI Letjen Richard Tampubolon.

Kehadiran para petinggi ini menunjukkan dukungan penuh terhadap Nico Afinta dalam menjalankan tugas barunya di Kemenkumham.

Dengan latar belakangnya yang kuat di kepolisian dan komitmennya terhadap integritas, Nico diharapkan mampu membawa angin segar dalam reformasi birokrasi di lingkungan Kemenkumham.

Kepemimpinannya diyakini akan memperkuat koordinasi lintas lembaga serta meningkatkan kualitas pelayanan publik, sesuai dengan visi menuju Indonesia yang lebih tertib dan berkeadilan.

Pelantikan ini juga diikuti dengan penandatanganan surat keputusan dan memori serah terima jabatan dari pejabat lama kepada pejabat baru. 

Dengan semangat baru, Nico Afinta siap menjalankan amanah besar ini dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar